7 Manfaat Es Tebu Murni untuk Kesehatan

Tebu selama ini dikenal sebagai bahan baku gula dan umumnya hidup di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Belakangan, ekstrak tebu yang lebih murni mulai populer dalam minuman kemasan dan biasa dijual di gerobak pinggir jalan. Minuman yang kerap disebut es tebu murni tersebut, sebenarnya merupakan satu di antara berbagai kreasi dalam mengolah tebu untuk mengambil saripatinya dalam jumlah yang lebih banyak. Tak sulit menemukan gerobak yang menjual es tebu murni di sepanjang jalan, terutama jalan utama atau jalan yang menghubungkan satu kota dan kota lain.

Selain rasanya yang manis dan alami, ada banyak manfaat es tebu murni yang dapat semakin menambah ketertarikan pada minuman murah meriah ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Memperkuat Imun Tubuh

Tebu memiliki zat sukrosa yang berfungsi memperkuat imun tubuh sehingga konsumennya tidak akan gampang sakit dan terserang virus atau bakteri yang membahayakan.

Untuk menjaga kekebalan tubuh lainnya, didapatkan dari :

2. Kaya akan Nutrisi

Nutrisi yang dikandung air tebu sangatlah berlimpah dan beragam, mulai dari manfaat kalsium, manfaat zat besi, fosfor hingga magnesium. Karena itu, sering-seringlah mengonsumsi air tebu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Nutrisi yang dimiliki air tebu bahkan diyakini mampu memenuhi kekurangan vitamin yang diderita tubuh setelah terserang penyakit, semisal demam.

3. Mencegah Dehidrasi

Ketika cuaca panas dan tubuh kekurangan cairan, air tebu tidak hanya dapat menyegarkan tenggorokan. Akan tetapi juga menghidrasi tubuh sehingga, tubuh tidak akan kekurangan cairan atau dehidrasi bahkan dalam kasus terburuk, stroke. Ini membuat es tebu murni sangat cocok dikonsumsi ketika musim kemarau panjang. Tak heran jika penjual es tebu murni menjamur pada musim hujan karena permintaan yang semakin meninggi.

4. Mengobati Kanker

Air tebu memiliki kandungan alkali yang dapat menjauhkan konsumennya dari ancaman berbagai jenis kanker mulai dari kanker payudara (tebu juga memiliki kandungan prostat), paru-paru dan usus besar. Selain untuk pencegahan, air tebu juga baik untuk pengobatan demi melumpuhkan sel kanker dan menghambat penyebarannya. Tentunya untuk kasus kedua ini, konsumsi air tebu harus dibarengi dengan pengobatan lain yang lebih intensif.

Solusi kanker lainnya, juga terdapat pada :

5. Menguatkan Gigi dan Gusi

Air tebu bisa menjadi bahan alternatif untuk perawatan gigi untuk menguatkan gigi, sekaligus gusi. Namun demikian, Anda harus mencampuR air tebu dengan perasan jeruk nipis dan garam sebelum dikonsumsi. Cara yang demikian diyakini mampu menguatkan gigi dan gusi secara alami dan tanpa efek samping.

6. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning terjadi karena adanya bilirublin belebih dalam darah yang mengakibatkan kulit menjadi kuning dan menyerang liver serta hati. Air tebu di sini berfungsi mengontrol kadar bilirubli agar tetap normal sehinga dapat mencegah pun mengobati penyakit kuning.

7. Mengobati Diabetes

Gula yang terkandung dalam tebu berbeda dengan gula pasir, meskipun tebu adalah bahan dasar gula pasir. Karena berbeda itulah, air tebu justru baik bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami yang otomatis lebih baik dibanding pemanis buatan atau gula mentah sekalipun. Air tebu dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes. Hal ini berhubungan dengan senyawa octasonal dalam tebu yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

Untuk mengatasi gula darah tinggi penyebab diabetes lainnya :

Selain beberapa manfaat di atas, air tebu masih memiliki banyak kegunaan yang lain baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit dari yang ringan, seperti radang tenggorokan, flu dan batuk hingga yang tergolong berat seperti hipertensi, sesak nafas, hepatitis, tumor dan lain sebagainya.