4 Manfaat Pare Untuk Kolesterol Yang Sangat Penting

Bagi anda penggemar jajanan seperti siomay pasti tahu dengan jenis sayuran yang satu ini, yaitu pare atau peria. Secara ilmiah berbeda jika anda melihat manfaat timun untuk darah tinggi, pare merupakan salah satu jenis sayur yang termasuk dalam kelompok tumbuhan merambat dan berasal dari wilayah Asia Tropis terutama di daerah bagian India Barat seperti Assam dan Burma. Pare juga merupakan salah satu jenis sayur yang temasuk dalam anggota suku labu- labuan. Selain biasa disebut dengan nama peria, pare juga memiliki banyak nama lain di berbagai daerah di Indonesia seperti pepareh, kambeh, fori, dan masih banyak lagi.

Dan bagi anda yang belum mengenal jenis sayur yang satu ini berbeda dengan manfaat cloudberry, pare memiliki ciri tersendiri dilihat dari bentuk tumbuhannya hingga buahnya. Pada umumnya tumbuhan pare tumbuh merambat dengan bentuk sulur spiral dan adapun ciri dari buah pare yang berbeda dengan jenis sayuran pada umumnya. Buah pare memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ketimun namun memiliki ukuran yang agak panjang dengan ujungnya yang meruncing. Tidak hanya itu, buah pare memiliki kulit permukaan yang kasar dan agak bergerigi sedangkan rasanya pahit. Biasanya orang lebih suka menanam pare dipagar rumah, walaupun pare memiliki rasa yang amat pahit ternyata pare memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tubuh anda.

Kandungan Nutrisi Pare

  • Kalori
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin A, B6, B12, C, dan D
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium

Banyaknya kandungan nutrisi pada pare membuat banyak sekali orang menyukainya walaupun rasanya yang sangat pahit. Dalam pengolahannya sendiri juga sangatlah mudah berbeda jika anda melihat manfaat jahe untuk kesehatan, anda bisa membuatnya menjadi sayur ataupun tumis pare. Selain dijadikan sebagai bahan pangan, ternyata pare juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Dan adapun salah satu manfaat dari pare yang sangat penting bagi kesehatan anda khususnya jika anda memiliki gangguan pada kadar kolesterol. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan penjelasan mengenai manfaat pare untuk kolesterol.

Manfaat Pare Untuk Kolesterol

  1. Menjaga Kadar Kolesterol

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kolesterol berbeda dengan manfaat bawang merah goreng, anda bisa menanganinya dengan mengkonsumsi sayur pare secara berkala. Ada berbagai macam cara untuk mengkonsumsi pare agar rasanya yang pahit tidak terlalu terasa. Bagi anda yang tidak menyukai rasa pare, anda bisa mengkonsumsinya dengan cara mengolah pare menjadi aneka menu masakan yang lezat. Untuk menghilangkan rasa pahitnya anda bisa merendamnya didalam air garam terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi berbagai hidangan berbahan dasar pare, anda tidak akan mengalami gangguan terhadap kadar kolesterol anda.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain mengkonsumsi pare dapat menjaga kadar kolesterol anda tetap stabil dan pada batas sewajarnya berbeda dengan manfaat merica, anda juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Memiliki kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu permasalahan yang cukup serius. Dengan kadar kolesterol yang amat tinggi dapat memicu adanya penyakit kronis lainnya seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kurang lancarnya peredaran darah, hingga penyakit jantung yang dapata berujung pada kematian. Untuk menurunkan kadar kolesterol, anda bisa membuat minuman tradisional dari pare. Adapun berbagai cara dalam membuatnya yaitu anda bisa mengirisnya dan menjemurnya lalu menyeduh seperti the, selain itu anda juga bisa membuat jus berbahan dasar pare. Ini sangatlah efektif dan cepat menurunkan kadar kolesterol anda.


  1. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya dapat menstabilkan dan menurunkan kadar kolesterol saja, anda akan mendapatkan sebuah manfaat yang lebih dari mengkonsumsi pare. Untuk anda yang sedang menjalankan program diet atupun memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan dengan cepat, anda bisa mengkonsumsi pare secara rutin. Kandungan nutrisi yang ada pada buah pare dapat membakar lemak lebih cepat. Sehingga ini dapat membantu mempercepat proses diet yang anda jalankan.

  1. Mencegah Naiknya Kadar Kolesterol

Bagi anda yang sulit menurunkan kadar kolesterol walaupun telah mencoba berbagai macam cara seperti olah raga hingga mencoba berbagai macam program diet, anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa mencoba cara yang paling aman dan tidak memiliki efek samping apapun karena ini merupakan cara tradisional dengan tanaman herbal. Caranya yaitu anda bisa mengkonsumsi pare setiap pagi sebelum ataupun saat sarapan. Dengan begini anda telah melakukan pencegahan  naiknya kadar kolesterol serta kolesterol anda dapat turun dengan mudah.

Itulah berbagai manfaat pare yang sangat baik bagi anda yang ingin menjaga kadar kolesterol anda agar selalu berada pada batas sewajarnya. Tidak hanya itu saja, anda bisa mengkonsumsi pare untuk menurunkan kadar kolesterol anda, semoga informasi yang dapat kami sampaikan di atas bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran