16 Manfaat Menyelam Dalam Air Bagi Kesehatan

Layaknya pajant tebing maupun arung jeram, menyelam atau scuba-diving merupakan termasuk jenis olahraga ekstrim yang menantang adrenalin. Tidak hanya sebagai olahraga yang menarik, menyelam juga termasuk sebagai aktivitas yang dimanfaatkan sebagai ajang rekreasi. Dikarenakan keindahan alam bawah laut Indonesia, menyelam menjadi semakin populer untuk dilakukan dewasa ini.

artikel terkait:

Meskipun tidak membutuhkan banyak gerakan yang beragam seperti olahraga lainnya, menyelam sebenarnya menawarkan berbagai macam manfaat yang dapat berguna bagi tubuh. Menyelam tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga berpengaruh positif terhadap kesehatan mental.Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat apa saja yang diperoleh dari aktivitas menyelam. Namun sebelum itu, kita akan membahas mengenai informasi terkait dengan aktivitas menyelam terlebih dahulu.

Sekilas tentang menyelam

Bagi Anda yang ingin belajar mengenai menyelam namun tidak tahu caranya, barangkali Anda bisa mengikuti kursus menyelam pada lemabaga-lembaga pelatihan menyelam di kota-kota besar Indonesia dengan waktu hanya 3-4 hari. Adapun pelatihan yang diberikan berupa.

  1. Teori, yang memepelajari mengenai tekanan dalam laut, persiapan menyelam serta memilih dan memelihara pelaratan selam
  2. Pelatihan pada kolam renang untuk mulai belajar mengenai menggunakan peralatan air,  beradaptasi dengan peralatan serta menghadapi keadaan darurat.
  3. Praktik laut untuk mulai mencoba menyelam pada air laut.

Selain itu, apabila Anda ingin menyelam, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain sebagai berikut.

  • Sertifikat selam (diving lisence)

Sebaiknya seseorang yang ingin menyelam telah mempunyai sertifikat selam terlebih dahuliu sebagai tanda ia telah mempelajari teknik-teknik dasar dalam menyelam. Sertifikat ini didapatkan setelah lulus kursus selam dan sertfikat ini diterbitkan oleh lembaga sertifikasi standar internasional seperti Professional Association of Diving Instructors (PADI) maupun Scuba Schools Instructors (SSI).

  • Peralatan selam

Selain sertifikat selam, Anda juga harus mempersiapkan peralatan meyelam sebelum melakukan aktivitas selam. Adapun peratalan menyelam yang dimaksud antara lain water suit, mask&snorkel, buoyancy compensator, air tank, fins, dive booties, weight belt, dive computer, pressure, gauge, alternate air source dan regulator.

artikel terkait: manfaat renang gaya dada

Manfaat menyelam

Setelah mengetahui sedikit informasi mengenai aktivitas menyelam, selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari aktivitas menyelam. Adapun manfaat yang diperoleh dari menyelam yaitu antara lain sbb:

1. Membantu memperkuat otot

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari menyelam adalah membantu memperkuat otot-otot tubuh. menyelam dapat membuat otot-otot semakin kuat dikarenakan otot selalu tertarik dan mendapatkan tekanan ketika sedang menyelam. Semakin sering Anda menyelam, semakin kuatlah otot-otot Anda terutama otot-otot tubuh bagian bawah.

2. Membantu melenturkan otot

Dengan menyelam, otot-otot tubuh Anda akan semakin melentur sehingga akan memudahkan Anda untuk menyelam. Meskipun pada awalnya otot penyelam kaku, namun apabila sering melakukan aktivitas selam maka otot-ototnya akan semakin lentur. Layaknya manfaat yang pertama, dengan menyelam otot-otot akan mendapatkan banyak tarikan dan tekanan sehingga dapat semakin lentur.

artikel terkait: manfaat berenang malam hari

3. Membuat tubuh semakin lincah

Menyelam dapat membuat tubuh semakin lincah dikarenakan terdapat gerakan-gerakan atau trik-trik khusus yang digunakan selama menyelam, seperti mengayuh dengan kaki, sedikit gerakan tangan serta lekukan tubuh. untuk melakukannya, diperlukan kecepatan agar gerakan lebih stabil. Dengan kata lain, menyelam dapat melatih kelincahan tubuh secara tidak langsung.

artikel terkait: manfaat renang gaya kupu-kupu

4. Membantu melancarkan sistem aliran darah

Layaknya olahraga lainnya, menyelam memiliki manfaat untuk memperlancar aliran darah. Hal ini dikarenakan ketika menyelam, otot bergerak bersamaan secara tak konstan sehingga menuntut kadiovaskular untuk bekerja lebih keras dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Meskipun sebenarnya kadiovaskular tetap bekerja walau tidak melakukan olahraga. Namun saat melakukan olahraga air, kadiovaskular akan menyuplai oksigen lebih banyak.

5. Membantu sistem pernafasan

Menyelam dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan peralatan lengkap, sedang maupun tidak menggunakan peralatan sama sekali. Apabila Anda menyelam tanpa menggunakan peralatan, hal ini akan dapat membantu melatih sistem pernafasan ANda karena mau tidak mau harus menahan nafas di dalam air. Cara ini cukup efektif untuk melatih nafas agar lebih panjang. Selain itu, apabila menyelam menggunakan tabung pun secara tidak langsung dapat menbantu sistem pernafasan karena kita harus menghemat tabung oksigen.

artikel terkait: manfaat renang bagi kejiwaan

6. Membantu meningkatkan fokus

Dalam melakukan aktivitas selam, otak dan otot Anda dituntut untuk fokus dalam melakukan setiap gerakan agar dapat terkoordinasikan dengan baik. Selain itu, menyelam juga dipercaya dapat membuat otak lebih segar dan membantu meningkatkan konsentrasi.

7. Membantu menurunkan tekanan darah

Konon, orang yang melakukan penyelaman secara teratur dapat memiliki resiko terkena stroke atau serangan jantung lebih rendah dibandingkan orang yang tidak melakukan penyelaman secara teratur. Hal ini membuktikan bahwa menyelam berpengaruh baik terhadap tekanan darah, tidak terkecuali untuk mengatasi tekanan darah rendah.

artikel terkait: manfaat berenang setiap hari

8. Membantu mengatasi stress

Bagi Anda yang sedang mengalami stress, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba melakukan penyelaman. Keindahan biota laut di bawah air ketika Anda menyelam dapat membantu Anda untuk membuat lebih rileks dan membantu menurunkan stress Anda. Dengan menyelam, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang indah serta Anda pun dapat berlama-lama di dalamnya untuk membantu mengatasi rasa stress Anda.

9. Membantu menyehatkan rohani

Barangkali Anda bertanya apa hubungan menyelam dengan kesehatan rohani. Hm, tentu saja hal ini karena ketika menyelam Anda akan melihat keindahan bawah laut yang mempesona sehingga Anda dapat mensyukuri keagungan Tuhan. Dengan melihat keindahan ciptaanNya pada saat menyelam, ini akan membuat Anda merasa semakin ingin dekat denganNya.

artikel terkait: manfaat ikan baronang

10. Membantu melatih ketrampilan

Menyelam juga dapat membuat Anda untuk mendapatkan ketrampilan khusus dalam bidang menyelam sehingga Anda lebih leluasa untuk melakukan penyelaman. Selain itu, menyelam juga sangat cocok bagi Anda para fotografer yang khususnya ingin mengabadikan keindahan bawah laut.

artikel terkait: manfaat akar pinang

Selain manfaat di atas, terdapat pula manfaat lain seperti.

  1. Meningkatkan rasa sosialiasasi antar sesame klub penyelam
  2. Membantu mengurangi pobhia air
  3. Membantu agar tetap terlihat awet muda
  4. Membantu menyelamatkan korban tenggelam
  5. Membantu dalam pengambilan benda-benda tertentu dalam air
  6. Membantu menurunkan berat badan agar ideal

artikel terkait: manfaat bawang lanang bagi kesehatan

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga