21 Manfaat Futsal Bagi Kesehatan Tubuh

Permainan bola merupakan salah satu jenis olah raga yang sangat populer bahkan dalam kancah internasional. Permainan sepak bola biasanya dimainkan oleh dua tim, dengan masingmasing tim terdiri dari 11 pemain. Namun, selaian permainan sepak bola, ada permainan sejenis sepak bola yang kini tidak kalah populer dengan sepak bola. Olah raga sejenis sepak bola yakni olah raga futsal. Sebenarnya, futsal ini hampir sama dengan sepak bola, hanya saja jumlah pemain dalam olah raga futsal tidak 11 orang tetapi hanya dimainkan oleh 5 orang, dengan ukuran lapangan lebih kecil dan biasanya lapangan yang digunakan adalah indoor, bukan out door seperti sepak bola.

artikel terkait:

Meskipun hanya dilakukan di lapangan yang lebih kecil dan berada di lapangan indoor, futsal banyak digemari dan sering dimainkan, bahkan bagi beberapa orang yang sangat hobi bermain bola. Tidak hanya dengan tujuan memasukkan bola ke dalam gawang untuk mencetak gol, futsal juga dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Futsal memiliki beberapa manfaat untu tubuh, diantaranya :

  1. Mencegah Stress

Ada beberapa orang melakukan olah raga futsal untuk turnamen futsal dan pertandingan futsal untuk memperebutkan sebuah kejuaraan. Namun, kebanyakan orang melakukan olah raga futal untuk mencegah dan membuang kepenatan setelah seharian sibuk dengan aktivitas yang dijalani. Memainkan futsal lebih santai dibandingkan dengan permainan sepak bola sehingga pemainnya dapat memanfaatkannya untuk mengurangi rasa penat dan stress yang dialami.

artikel terkait: manfaat olahraa ATV

  1. Melatih Kreativitas

Futsal dilakukan pada lapangan dengan ukuran yang sempit, sehingga memerlukan beberapa teknik khusus agar bola tidak mudah out. Kreativitas memainkan bola sangatlah diperlukan ketika sedang bermain futsal. Karena, apabila tidak memiliki kreativitas dalam memainkan dan menguasai bola, bola akan mudah diambil oleh lawan.

  1. Menguatkan Jantung

Bermain futsal dapat melatih jantung agar lebih kuat. Bermain futsal dengan intensitas yang tinggi dapat memacu jantung agar lebih kuat sehingga dapat mencegah gangguan jantung dan serangan jantung.

artikel terkait: manfaat olahraga setiap hari

  1. Melancarkan Aliran Darah

Bermain futsal memaksa seluruh anggota tubuh bergerak dan juga aktif. Dengan anggota tubuh yang bergerak ini dapat memacu aliran darah agar tetap mengalir dengan lancar dan tidka berhenti pada beberapa titik saja. Aliran darah yang lancar dapat membuat seluruh kerja organ tubuh juga lancar.

  1. Mengeluarkan Racun Pada Tubuh

Apabila tubuh bergerak dengan aktif, biasanya akan menghasilkan keringat. Keringat yang keluar membuang garam yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Selain garam, keringat juga mengeluarkan ion negatif yang juga berisi racun yang dapat membahayakan tubuh. Dengan bergerak secara aktif, ion negatif akan keluar bersama dengan keringat, sehingga tubuh dapat menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat olahraga back up

  1. Melatih Otak Berfikir Cepat

Ketika bermain olah raga futsal, secara tidak sadar tubuh akan mengatur koordinasi antara fikiran dan juga gerakan tubuh. Otak akan dilatih berfikir dengan cepat untuk bagaimana mempertahankan bola, merebut bola dan juga memasukkan bola kedalam gawang. Hal ini secara tidak disadari dapat melatih otak untuk berfikir cepat.

  1. Membakar Kalori

Berolah raga memang sangat baik untuk pembakaran kalori dalam tubuh. Seperti halnya dengan olah raga pada umumnya, manfaat futsal juga dapat membantu pembakaran kalori pada tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak SD

  1. Menjaga Berat Badan

Seperti yang tekah dijelaskan sebelumnya, bahwa futsal dapat membantu pembakaran kalori pada tubuh. Selain itu, olah raga futsal juga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan keringan dengan cepat. Dengan begitu, lemak dapat berkurang dan juga dapat menjaga tubuh agar tetap terjaga berat badannya.

  1. Melancarkan Sirkulasi Oksigen

Tidak hanya sirkulasi darah saja, namun sirkulasi oksigen juga sangat penting bagi tubuh. Kekurangan oksigen dalam tubuh juga dapat menurunkan konsentrasi dan juga membuat tubuh lemas. Dengan rutin berolah raga futsal, sirkulasi oksigen dalam tubuh dapat menjadi lebih lancar dan tubuh menjadi lebih vit.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk psikis

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Melakukan olah raga futsal mengeluarkan banyak keringan dan juga dapat membantu metabolisme tubuh. Sirkulasi oksigen dan sirkulasi darah dapat lebih lancar setelah futsal. Hal ini juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh dapat lebih kuat menghadapi berbagai jenis penyakit yang menyerang.

  1. Menguatkan Sendi

Dalam permainan futsal, kekuatan kaki sangat perlukan karena dituntut untuk terus berlari mengejar bola. Dengan futsal secara rutin, kaki akan banyak digunakan untuk berlari, menahan bola, menendang dan melakukan banyak gerakan lainnya. gerakan kaki ini juga dapat membantu sendi agar sendi lebih kuat.

artikel terkait: manfaat warming up sebelum olahraga

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Apabila daya tahn tubuh meningkat, maka antibodi tubuh juga akan meningkat dan dapat mencegah masuknya berbagai bakteri, virus dan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Sehingga tubuh akan lebih kuat untuk terhindar dari pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  1. Menguatkan Otot

Berlari dan menendang bola seperti yang dilakukan pada olah raga futsal dapat membantu otot untuk bergerak. Ketika otot dipacu untuk bergerak, otot akan menjadi lebih kuat dibandingkan dengan otot yang dibiarkan untuk diam. Dengan berolah raga futsal secara rutin, otot menjadi lebih kuat.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak usia dini

  1. Membantu Meningkatkan Tinggi Badan

Ketika tulang aktif bergerak pada masa pertumbuhan, maka tulang dapat mengalami peningkatan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Oleh karena itu, beberapa orang yang terbiasa bermain sepak bola atau futsal sejak kecil, mereka cenderung memiliki tinggi badan yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa orang yang tidak berolah raga sebelumnya.

  1. Melatih Otak Untuk Fokus

Tidak hanya dapat menghilangkan stress dan juga melatih kreativitas dan kecepatan berfikir otak, olahraga futsal juga dapat membantu konsentrasi. Terbiasa bermain olah raga futsal dapat membantu otak untuk fokus terhadap permainan. Hal ini tidak hanya dapat membantu fokus pada permaianan futsal saja, tetapi juga dapat melatih fokus ketika sedang melakukan aktivitas lain.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi wanita

  1. Menstabilkan Suhu Tubuh

Meskipun berolahraga futsal mengurangi ion dalam tubuh melalui, namun hal ini bagus karena dengan berkeringat akan membantu menstabilkan suhu tubuh. Jika keringat dapat keluar, maka panas tubuh akan berkurang dan akan stabil. Berbeda jika keringat tidak dapat keluar, tubuh akan menjadi panas dan suhu tubuh meningkat.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Bermain futsal hanya dilakukan oleh 5 orang, dengan luas lapangan yang juga lebih kecil. Dengan pemain yang lebih sedikit dan lapangan yang lebih sempit, membuat para pemain futsal akan memperoleh kesempatan menggiring bola lebih banyak. Mendapatkan kesempatan untuk menggiring bola dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri para pemainnya.

artikel terkait: manfaat olahraga bersepeda bagi wanita

  1. Melatih Jiwa Berkompetisi

Permainan futsal dilakukan sebagai permainan yang dilakukan oleh dua tim. Meskipun bukan pertandingan yang resmi, tetapi dengan bermain futsal seseorang akan memiliki jiwa untuk memenangkan pertandingan dan memiliki rasa kompetisi satu sama lain.

  1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Bermain futsal dapat membantu proses metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang baik dapat menjadikan tubuh memiliki kebugaran yang baik. Tubuh yang bugar dapat membantu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk diabetes

  1. Melatih Kekompakan

Futsal adalah olah raga yang dilakukan dengan tim, bukan individu. Manfaat futsal melatih pemainnya untuk berkoordinasi antar pemain agar dapat mencetak gol. Koordinasi antar pemain yang baik dapat menjadikan para pemain menjadi kompak. Tidak hanya dalam permainan futsal saja, kekompakan dari permainan futsal juga dapat memberikan efek yang baik untuk melatih kekompakan dalam bermasyarakat maupun bekerja.

Olah raga sangatlah penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Olah raga populer seperti futsal juga dapat membantu meningkatkan kesehatan hanya dengan lapangan yang lebih kecil. Berbagai manfaat juga dapat diperoleh setelah melakukan olah raga futsal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga