12 Manfaat Tubuh Berkeringat untuk Detox Alami

Ada banyak alasan orang memilih untuk tidak berkeringat seperti misalnya membuat tubuh mereka menjadi bau, terasa lengket dan tidak nyaman. Sayangnya hal tersebut juga menjadi alasan bagi mereka untuk tidak berolahraga dan lebih memilih aktifitas yang tidak banyak mengeluarkan keringat.

Manfaat Tubuh Berkeringat

Well, tahukan Anda bahwa ternyata ada banyak manfaat tubuh berkeringat bagi kesehatan dan sebaliknya tubuh yang tidak sering berkeringat justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

  1. Keringat Membantu Menjaga Suhu Tubuh

Jika cuaca sangat panas maka tubuh akan otomatis bereaksi untuk mengeluarkan keringat. Kebanyakan orang justru menjadi panik karena akan merusak penampilan atau membuat tubuh menjadi bau. Padahal hal tersebut merupakan salah satu reaksi alamiah tubuh untuk selalu menjaga suhu tubuh agar tetap dingin.

  1. Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh

Ternyata masih banyak orang yang belum tahu bahwa proses berkeringat juga merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori. Itu artinya berkeringat pun dapat membantu fungsi ginjal dan hati.

  1. Memperlancar Peredaran Darah

Tentunya Anda sering memperhatikan kulit Anda sering memerah ketika berkeringat. Jangan khawatir karena itu adalah reaksi alamiah ketika proses berkeringat justru membantu memperlancar peredaran darah di kulit sehingga kulit terlihat memerah.

  1. Menjaga Kelembaban Kulit

Jika Anda sering mengalami masalah kulit seperti kulit kering, pecah-pecah dan berjerawat cobalah sering-sering berolahraga dan berkeringat. Keringat akan membantu membersihkan pori-pori pada kulit, mengeliminasi tumpukan kulit mati yang menyumbat pori-pori melalui keringat. Hasilnya kulit tak hanya bersih tapi juga lembab.

  1. Mengoptimalkan Pembakaran Kalori

Ketika tubuh berkeringat maka sistem metabolisme juga akan bergerak lebih aktif. Agar hal tersebut dapat terjadi, tubuh akan mengambil kalori yang ada di dalam tubuh untuk dibakar. Oleh karena itu sering-sering berkeringat juga dapat membantu mengurangi berat badan, jadi jangan takut berkeringat apalagi bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh dan berat badan ideal.

  1. Mengatasi Gejala Stress

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berolahraga dan berkeringat secara teratur dapat membantu mengatasi gejala stress. Jika Anda banyak tekanan cobalah untuk luangkan waktu untuk berolahraga hanya untuk sekedar mengeluarkan keringat, setelah itu tidur Andapun akan lebih nyenyak dan stress akan berkurang dengan sendirinya.

  1. Dapat Mencegah Munculnya Gejala Asthma

Asthma memang bukan kondisi yang dapat dengan mudah diatasi ataupun disembuhkan. Namun beberapa penelitian mengatakan sering bergerak dan berkeringat dapat membantu mencegah munculnya gejala asthma.

  1. Tanda Bahwa Tubuh Sedang dalam Masalah

Jika tiba-tiba Anda berkeringat itu artinya tubuh memberikan sinyal bahwa ada yang salah dengan tubuh Anda misalnya terjadi infeksi ataupun gangguan kesehatan lain. Hal ini juga merupakan salah satu proses alamiah ketika tubuh sedang meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit.

  1. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Seperti yang sudah disebutkan pada poin nomer 2 dimana berkeringat juga merupakan salah satu proses alamiah untuk mengeluarkan racun. Secara umum ginjal lah yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh namun dengan sering berkeringat dan racun dapat dikeluarkan melalui keringat sedikit banyak dapat membantu meringkan kinerja ginjal sehingga ginjal lebih sehat dan dapat menurunkan risiko batu ginjal.

  1. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Untuk menyeimbangkan cairan tubuh terdapat ion-ion yang dibutuhkan untuk tubuh yang didapat dari konsumsi makanan yang mengandung kalium dan natrium. Namun kelebihan kedua kandungan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan namun keringat dapat dengan mudah mengimbanginya.

  1. Membantu Proses Hidrasi Secara Alami

Jangan dikira ketika Anda tidak haus tubuh tidak membutuhkan cairan. Ketika berkeringat setelah berolahraga, rasa haus akan datang dengan sendirinya. Hal ini membantu proses hidrasi secara alami untuk tubuh.

  1. Mempercepat Metabolisme

Saat berkeringat ternyata juga dapat mempercepat proses metabolisme. Sistem metabolisme yang sehat merupakan kunci utama agar tubuh tetap dalam kondisi prima.

Dampak Buruk Tubuh yang Jarang Berkeringat

Jika Anda jarang berolahraga atau melakukan aktifitas fisik, kesempatan Anda untuk berkeringatpun akan berkurang. Tahukan Anda bahwa kebiasaan itu justru berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

  • Karena jarang berkeringat tubuh menjadi kesulitan untuk mengatur suhu tubuh sehingga suhu tubuh menjadi tidak stabil akibatnya bahkan ketika beraktifitas fisikpun tubuh sulit berkeringat.
  • Berkeringat juga merupakan salah satu solusi alamiah bagi tubuh untuk mengeluarkan racun. Itu artinya jika Anda tidak pernah berkeringat racun akan menumpuk dalam tubuh.
  • Keringat memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan kulit, jika jarang berkeringat maka kulit akan terlihat kusam dan tidak bercahaya.
  • Ternyata jarang berkeringat juga dapat memicu obesitas.

Untuk berkeringat Anda tidak perlu repot-repot melakukan aktifitas fisik yang berlebihan yang penting tubuh digerakkan secara teratur saja sudah cukup. Jika Anda memiliki banyak waktu boleh melakukan olahraga secara intensif untuk memaksimalkan manfaat tubuh berkeringat.

,
Oleh :
Kategori : Olahraga