Manfaat Lapisan Ozon – Permukaan & Kehidupan Bumi

Deskripsi

Ozon (O3) merupakan bentuk stabil dari oksigen (O2) yang memiliki tiga atom, seperti oksigen stabil yang hanya memiliki dua atom. Ini merupakan salah satu keajaiban alam yang berfungsi untuk melindungi planet bumi dari radiasi ultraviolet yang berbahaya. Ozon merupakan yang dapat molekul organik lainnya serta membentuk polutan di dalam ruangan. Ozon dengan cepat melakukan oksidasi pada polutan, baik dari bahan biologis maupun bahan kimia dengan terlebih dahulu reverting dirinya untuk O2 (oksigen) dan kemudian menyetorkan atom Oksigen ketiga pada polutan. Proses ini sangat efektif untuk deodorizes, mendisinfeksi, dan menghancurkan banyak patogen dan asap yang meracuni udara dalam ruangan. Ozon (O3) adalah bentuk stabil dari oksigen (O2) dan memiliki total tiga atom, seperti oksigen stabil yang hanya memiliki dua atom.

Di bumi ini, Ozon terbentuk dari sinar ultraviolet matahari dan muatan energi listrik tingkat tinggi yang terjadi selama badai petir. Ozon sangat aman seperti oksigen dan sangat bermanfaat bagi bumi dan seluruh isinya. Banyak studi ilmiah telah dilakukan oleh para ahli, dan semua mengkonfirmasi keamanan dan aspek menguntungkan ozon. Berikut ini beberapa pendapat tentang keamanan lapisan ozon :

  1. Menurut Clark Thorp, Ph.D., MD menyatakan bahwa, “Penyelidikan otoritatif baru-baru ini menetapkan, bahwa Ozon murni tidak mengandung racun dalam konsentrasi yang besar yaitu 20 atau 50 bagian per mililiter udara.”
  2. Menurut F. B. Carpenter, MD menyatakan bahwa “Ozon benar-benar tidak berbahaya bila digunakan dengan benar. Kami telah menunjukkan hal ini selama bertahun-tahun pada pasien dari segala usia.”

Manfaat Lapisan Ozon

Ozon dikenal memiliki sifat disinfektan yang paling kuat dan oksidan dan bahkan dapat membunuh kontaminan mikroba seperti E-coli, Candida, Listeria, Staph, Salmonella, Giardia dan Cryptosporidium lebih efektif daripada desinfektan konvensional berbahaya seperti klorin atau pemutih. Ozon dapat membunuh bakteri E-coli lebih dari 3.000 kali lebih cepat dari klorin.

Berikut ini beberapa manfaat lapisan ozon bagi kehidupan :

1. Manfaat dalam bidang kesehatan

Lapisan ozon memainkan peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Ia dapat menyerap sebagian besar sinar matahari ultraviolet yang disebut  UV-A dan UV-B. Lapisan ozon juga memainkan peranan yang penting dalam struktur suhu atmosfer bumi. Tanpa adanya lapisan ozon, radiasi UV-B matahari akan menembus atmosfer dan akan mencapai permukaan bumi. Banyak studi eksperimental terhadap tanaman dan hewan dan studi klinis manusia telah menunjukkan efek berbahaya dari paparan berlebihan terhadap radiasi UV-B yang dapat menyebabkan kondisi kulit seperti sunburns, dan kanker seperti karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

lapisan ozonSebagian orang berpikir bahwa sinar UVA yang merupakan radiasi yang digunakan dalam tanning bed, tidak berbahaya karena tidak menyebabkan luka bakar. Namun akhir-akhir ini, para ilmuwan telah menyatakan bahwa sinar UV-A  dari matahari lebih berbahaya daripada sinar UV-B, ia dapat menembus bagian kulit yang lebih dalam dan menyebabkan kanker mematikan, melanoma, dan penuaan dini. Dan dalam hal ini, lapisan ozon berperan sebagai tabir surya bumi yang menyerap sekitar 98 persen dari sinar UV.

Berikut ini beberapa manfaat lapisan ozon bagi kesehatan :

  1. Mencegah kanker kulit. Seperti penjelasan diatas bahwa lapisan ozon berfungsi untuk menyerap radiasi sinar UV-A dan UV-B yang dapat bertindak sebagai penyebab terjadinya kanker kulit. Baca juga : Baik untuk kanker kulit :
  2. Mencegah katarak. Radiasi sinar ultraviolet juga berpengaruh pada kesehatan mata, yaitu dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak (kekeruhan pada lensa mata). Menurut laporan EPA pada tahun 2010 menyatakan bahwa lapisan ozon dapat menunjukkan kemampuan untuk menghindari kejadian katarak yang disebabkan oleh efek biologis radiasi UV. Baik juga untuk mencegah katarak :

2. Dalam bidang industri makanan

Menurut Myron James, Manajer Teknologi Pusat, menyatakan bahwa,  “Ozon sangat efisien dalam membunuh patogen dan organisme pembusuk, sehingga ozone dapat dimanfaatkan dalam  industri makanan yaitu sebagai alat untuk memastikan produksi makanan yang aman dan sehat.”

Selain itu lapisan ozon juga digunakan dalam mesin pendingin untuk mempertahankan kesegaran bahan makanan seperti daging agar tahan lama.

3. Manfaat dalam bidang pertanian

Proses fisiologis dan perkembangan tanaman dipengaruhi oleh radiasi UV-B. Perubahan fisik tanaman secara tidak langsung disebabkan oleh sinar UV-B, yaitu seperti seperti perubahan dalam bentuk tanaman, pendistribusian nutrisi, waktu fase perkembangan dan metabolisme sekunder. Perubahan ini dapat memiliki implikasi penting untuk keseimbangan kompetitif, penyakit tanaman, dan siklus biogeokimia.

4. Pemurnian air

Pada tahun 1840-an, Di Perancis lapisan ozon dipergunakan sebagai fasilitas pemurnian air. Hal ini dilakukan untuk menggantikan klorin yang diketahui menyebabkan menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan hidung, iritasi mata,bahkan kanker.

5. Disinfektan udara

Pengujian Labs di Minnesota Twin City menunjukkan terjadinya penurunan yang signifikan dalam strain hidup mikro-organisme menular dalam empat dalam jangka waktu 4 jam dengan sejumlah 05 ppm ozon. Kuman ini inkubasi dalam saluran udara kotor untuk dapat dihilangkan dalam waktu 24 jam. Telah dikemukakan bahwa tindakan desinfektan yang sama terjadi di rongga sinus manusia di mana mikroba bertindak sebagai penyerang utama.

6. Menghilangkan polusi udara dalam ruangan

Dalam sebuah kongres pada tahun 1989, Badan Perlindungan Lingkungan mengatakan bahwa polusi dalam ruangan adalah salah satu masalah yang paling penting kesehatan lingkungan. Mereka menemukan bahwa sebagian besar rumah memiliki konsentrasi udara yang mengandung bahan kimia berbahaya dan beracun yaitu sekitar 2 hingga 5 kali lebih tinggi daripada di luar ruangan.

Sebuah studi menyatakan bahwa banyak rumah memiliki tingkat polusi 70 kali lebih tinggi dalam daripada di luar ruangan. Kebanyakan bangunan saat ini telah menciptakan ruang kedap udara dalam ruangan super-terisolasi. Penghuninya lebih senang menggunakan mesin pemanas maupun pendinginan. Hal ini dapat menyebabkan polusi terjebak di dalam rumah karena ozon sebagai bahan pembersih udara alami seperti ozon tidak dapat masuk.

Drs. Gurbermskill dan Dmitriev yang merupakan para ilmuwan menemukan bahwa AC yang terpasang di gedung-gedung perkantoran justru dapat menyebabkan para pekerja mengalami beberapa keluhan, seperti sakit kepala, badan terasa lemah dan kekurangan oksigen yang menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti pilek, rematik dan gangguan kardiovaskular.

Lalu beberapa ilmuwan menyatakan bahwa adanya kemungkinan untuk menghasilkan ozon secara elektronik untuk perlindungan terhadap polusi udara dalam ruangan dan air, yaitu dengan menciptakan generator portabel yang dirancang untuk membersihkan udara di seluruh rumah.

7. Pengusir bau

Para peneliti menemukan bahwa ozon juga dapat mengatasi masalah bau yang sangat sulit seperti n asap dari api, bau hewan peliharaan, maupun bau tembakau, dan bau-bau lainnya yang sering ditemukan di tempat-tempat umum.

Begitu banyak kita ketahui, manfaat lapisan ozon bagi kehidupan di bumi, namun akhir-akhir ini banyak sekali temuan-temuan yang menyatakan semakin menipisnya lapisan ozon. Hal ini akan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi kehidupan di bumi dari waktu ke waktu. Peningkatan radiasi sinar ultraviolet di permukaan bumi merupakan salah satu bukti penurunan tingkat lapisan ozon di stratosfir. Selama lebih dari dua dekade para peneliti dari komunitas riset internasional, telah menunjukkan bahwa bahan kimia yang dihasilkan oleh manusia bertanggung jawab atas depletions dari lapisan ozon.

Senyawa ozon mengandung berbagai kombinasi unsur-unsur kimia seperti klorin, fluorin, brom, karbon, dan hidrogen atau yang sering dikenal dengan istilah halocarbons. Senyawa yang hanya mengandung klorin, karbon, dan flourin saja disebut chlorofluorocarbon atau biasa disingkat CFC yang telah digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk pendingin, AC, dan lain sebagainya. Sedangkan . Kelompok lain dari halocarbons yang dihasilkan manusia adalah Halons yang mengandung karbon, brom, fluor, dan klorin yang telah digunakan sebagai extinguishants api.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah semakin menipisnya lapisan ozon, maka menurut perjanjian internasional yang dikenal sebagai Protokol Montreal mengenai bahan-bahan yang dapat merusak lapisan ozon, pemerintah telah akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi CFC, Halons, karbon tetraklorida, dan metil kloroform kecuali untuk beberapa penggunaan khusus. Beberapa industri telah mengembangkan senyawa pengganti yang lebih ramah ozon. Untuk itu, perlu adanya kepatuhan terhadap perjanjian internasional tersebut, sehingga diharapkan lapisan ozon dapat kembali.

Baca juga : Manfaat hidrogen & Manfaat hutan lindung