7 Manfaat Makan Tepat Waktu Untuk Mencegah Penyakit

Meski terlihat sepele, namun makan tepat pada waktunya sangat penting untuk dilakukan bahkan harus dijadikan kebiasaan. Biasanya sarapan menjadi waktu makan yang paling sering diabaikan dan risikonya akan memiliki tubuh lebih gemuk dan kolesterol darah yang tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan. Melewatkan waktu makan bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena bisa memicu masalah insulin dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Makan tepat waktu yang dimaksud adalah sarapan, makan siang dan juga makan malam. Akan tetapi untuk anda yang gemar berolahraga, maka disarankan juga untuk makan sebelum dan sesudah olahraga. Berikut kami berikan beberapa manfaat makan tepat waktu yang bisa anda dapatkan.

  1. Terhindar dari Sakit Maag

Penyebab penyakit maag paling utama adalah makan tidak tepat waktu atau teratur. Melewatkan waktu sarapan, telat makan siang atau makan sampai waktu perut lapar yang dibiasakan bisa memicu sakit maag. Mukosa yakni selaput lendir yang melapisi lambung akan robek karena asam lambung sehingga pola makan yang baik sangat berhubungan dengan produksi asam lambung tersebut. Jika makan tidak teratur, maka akan membuat lambung sulit beradaptasi dan akhirnya timbul rasa perih serta mual. Makan tepat waktu menjadi solusi maag terbaik yang bisa dilakukan dan sebenarnya juga sangat mudah asalkan dijadikan kebiasaan.

  1. Mencegah Sakit Jantung

Selain pola makan yang tidak sehat, makan tidak tepat waktu dan tidak teratur juga bisa memicu penyakit jantung. Jika makan tidak teratur dijadikan kebiasaan, maka semakin lama bisa merusak kondisi jantung. Sedangkan dengan makan tepat waktu, maka tidak hanya kesehatan jantung yang terjaga dengan baik, namun juga menghindari tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

  1. Memberikan Energi untuk Beraktivitas

Banyak orang yang tidak berenergi ketika sedang beraktivitas dan salah satu penyebabnya adalah karena makan tidak teratur dan tepat waktu. Apabila selalu menjalani pola makan yang teratur, maka bisa dijadikan sumber energi dan stamina tanpa perlu mengkonsumsi minuman berenergi dan terhindari dari cepat lelah dan lesu karena tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan.

  1. Mencegah Obesitas

Ketika seseorang makan tidak tepat waktu, maka bisa memicu obesitas sebab biasanya orang cenderung makan lebih banyak dan tidak terkontrol seperti mengkonsumsi cemilan ketika menonton TV atau bermain game. Pola makan yang seperti ini akan menghasilkan lebih banyak kalori sehingga bisa menyebabkan berat badan naik secara drastis. Obesitas sendiri nantinya bisa mengancam kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, kanker, gangguan kesuburan pada pria dan wanita serta penyakit lainnya. Untuk itulah, makan tepat waktu wajib dilakukan agar bisa terhindar dari obesitas.

  1. Mencegah Resistensi Insulin dan Diabetes Melitus Tipe 2

Makan tidak tepat waktu nantinya akan memicu intoleransi glukosa dan resistensi hormon insulin yang berujung pada diabetes melitus tipe 2. Kondisi insulin resisten sangat berhubungan dengan timbunan lemak pada perut. Makan tepat waktu juga sangat penting untuk mencegah peradangan mikro dalam tubuh yang terjadi secara menyeluruh dan terus menerus sekaligus menurunkan risiko stres yang berujung pada resistensi fungsi insulin penyebab diabetes.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi sangat dibutuhkan setiap orang ketika melakukan aktivitas. Tanpa adanya konsentrasi yang baik, maka pekerjaan atau aktivitas tertentu tidak bisa diselesaikan dengan baik. Makan tepat waktu ini sangat mendukung peningkatan konsentrasi karena tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa lapar, namun makan tepat waktu akan memastikan tubuh mendapat nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan konsentrasi sehingga sangat penting untuk dilakukan.

  1. Mencegah Kelaparan

Banyak orang yang beranggapan jika melewatkan waktu makan bisa membantu untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh meski banyak manfaat kalori bagi tubuh manusia. Akan tetapi makan tidak tepat waktu atau berpuasa dalam waktu yang lama bisa menimbulkan rasa sangat lapar yang akhirnya membuat seseorang bisa makan terlalu berlebihan. Dalam studi tahun 2015 mengenai dampak dan makan frekuensi dan waktu pengambilan pada kualitas nutrien dan indeks massa tubuh yang sudah dipublikasikan pada Journal Branded Solutions menunjukkan jika jumlah makanan kecil yang lebih banyak dikaitkan dengan meningkatnya kualitas diet dan BMI yang rendah. Dengan makan tepat waktu, maka sangat membantu untuk mencegah rasa lapar dan menghindari makan berlebih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan