13 Manfaat Gemar Menulis Surat untuk Otak

Surat menyurat (Koresponden) merupakan suatu komunikasi secara tertulis dengan pihak lain, sebagai bentuk penyampaian suatu pesan, berita/informasi, ajakan dan lain-lain kepada penerima surat sesuai dengan tujuannya. Surat biasanya ditulis dengan jelas, lengkap, mudah dimengerti dan tidak bertele-tele, namun mewakili seluruh pesan yang ingin disampaikan. Jenis surat menyurat(koresponden) bermacam-macam disesuaikan maksud dan tujuannya, contoh: surat pribadi, surat resmi, surat pembaca. Selain surat ada macam-macam alat komunikasi dan manfaat nya, apalagi di era global saat ini alat komunikasi semakin canggih, seperti teleconference, video call, manfaat email, dan lainnya, komunikasi tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu, namun komunikasi memalui surat masih tetap dipertahankan.

Selain alat komunikasi ternyata gemar menulis surat memiliki banyak manfaat nya, seperti manfaat menulis buku harian, manfaat menulis artikel dan lainnya terutama untuk melatih dan mempertajam kinerja otak,  berikut ini manfaat gemar menulis surat :

1. Melatih kerja otak.

Otak merupakan salah satu organ vital tubuh manusia,  selain harus dijaga kesehatannya salah satu cara dengan manfaat olahraga untuk otak, kinerja dan ketajaman otak juga perlu dilatih seperti dengan menulis. Aktivitas menulis surat akan melibatkan kemampuan motorik sehingga otak terus diasah untuk berfikir merangkai kosakata menjadi kalimat yang baik dan mudah dipahami.

2. Mengurangi kepikunan.

Kegiatan menulis surat merupakan latihan untuk mempertajam kemampuan otak untuk terus bekerja dan berfikir positif, sehingga terhindar dari kepikunan.

3. Menjadi lebih fokus.

Menulis surat akan meningkatkan fokus dan konsentrasi, sebab ketika memikirkan isi pesan dalam surat kita akan fokus agar pesan yang kita sampaikan mewakili apa yang kita ingin sampaikan dan dapat dimengerti oleh penerima surat.

4. Mengurangi stress.

Dengan menulis surat kita dapat menuangkan isi hati dan perasaan, sehingga perasaan menjadi lebih tenang, meningkatkan mood menjadi lebih baik sehingga terhindar dari stress.

5. Meningkatkan daya ingat/Memory.

Kegiatan menulis surat dengan menggunakan tangan akan memberikan efek daya ingat yang lebih lama pada otak, sehingga akan menginat tulisan kita lebih lama daripada diketik.

6. Meningkatkan kreatifitas.

Menggunakan kertas dan pena dalam  proses pembuatan surat akan melatih jari anda untuk menghasilkan rangkaian kata menjadi tulisan yang indah, anda akan berfikir lebih keras untuk membuat kosa kata yang baik dan menyusunnya menjadi kalimat-kalimat yang apik, dan dapat dimengerti proses tersebut akan merangsang otak lebih kreatif. Banyak cara untuk melatih kreatifitas seperti manfaat membuat kerajianan tangan, menggambar dan lain-lain. 


7. Membentuk diri menjadi orang yang lebih santun dan bijaksana.

Menulis surat sebagai media komunikasi yang baik, pemilihan kata-kata yang baik, santun, dan bijaksana sebagai bentuk pencerminan diri, saling menghargai dan menghormati dengan penerima surat.

8. Membantu lebih lancar berbicara.

Kebiasaan menulis surat akan menambah kosa kata dan pengasahan bahasa secara konsisten, maka pengetahuan dasar tatabahasa semakin bertambah, terutama ketika mencari ide-ide untuk mencari alternatif bahasa yang sesuai dan dipahami. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap cara berkomunikasi verbal anda, sehingga anda lebih pandai menempatkan kata-kata positif, andapun akan lebih percaya diri ketika berkomunikasi.

9. Mengurangi darah tinggi.

Menulis surat dapat membuat perasaan lebih rileks dan tenang sehingga berpengaruh terhadap kesehatan terutama mengurangi tekanan darah tinggi. 


10. Membantu mengurangi kolesterol.

Stress dapat mengakibatkan kolesterol jahat meningkat dan kurang terkontrol, dengan menulis dapat membantu psikology anda agar terhindar dari stress dan kesehatan pun lebih stabil terutama kolesterol jahat bisa diturunkan.

11. Media komunikasi yang baik.

Surat menyurat merupakan media komunikasi yang baik dan efektif untuk menyampaikan suatu berita/informasi langsung kepada penerima surat

12. Memperjelas suatu permasalahan.

Berita yang simpang siur bisa diperjelas dan dipertegas dengan surat, sehingga menghilangkan keraguan.

13. Rekaman masa lalu atau sejarah.

Surat adalah bukti tertulis yang akan menjelaskan suatu permasalahan atau memberikan berita sehingga bisa dijadikan bukti/record  dimasa yang akan datang.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan