7 Manfaat Sawi Tanah Untuk Kesehatan Yang Perlu Diperhatikan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seorang manusia tentu akan memberikan dampak baik itu positif maupun negatif tergantung dari jenis makananya, seberapa banyak dikonsumsi, dan kondisi kesehatan yang dimiliki oleh tubuh. Memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu bagian dari cara menjaga kondisi kesehaan tubuh. Sebagai negara tropis, wilayah Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki beraneka ragam flora dan fauna termasuk yang bisa dijadikan bahan makanan dengan berbagai bentuk khasiat yang positif untuk kesehatan.

Berkaitan dengan tanaman herbal yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai salah satu jenis tanaman yang mungkin mudah ditemui namun belum banyak diketahui dampak positifnya bagi kesehatan yakni sawi tanah. Menilik dari namanya, sawi tanah bukanlah sayuran yang sama dengan sawi namun hanya menyerupai saja. Beberapa manfaat yang dapat diperloeh dari sawi tanah tersebut diantaranya sebagai berikut ini.

1. Membantu mengatasi batuk berdahak

Tanaman sawi tanah menurut keterangan yang ada di wikipedia adalah herba semusim yang berbatang tegak yang mencapai 55 cm dan masih berkerabat dengan tanaman selada air tepatnya  berasal dari satu genus yang sama. Sawi tanah memiliki sebutan yang beragam di daerah diantaranya seperti  sawi lemah, sawi taneuh, jukut sakti, rom taroman, tempuyung, kamandilan, dan maru-maru. Salah satu manfaat sawi tanah tersebut adalah membantu dalam mengatasi kondisi batuk khususnya yang berdahak. Dampak positif dari sawi tanah tersebut setara dengan manfaat kencur untuk batuk.

2. Mengatasi gejala flu

Kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam sawi tanah diantaranya seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan beberapa senyawa kimia rorifone, rorifamide, 6 crystalline , serta turunan decyanated. Kandungan bahan bahan aktif yang terdapat di dalam sawi tanah tersebut yang menjadikannya sebagai salah satu jenis obat herbal traditional yang belum banyak dipahami oleh masyarakat. Salah satu maanfaat sawi tanah yang cukup dipahami adalah membantu dalam mengatasi penyakit influenza atau flu sebagai permasalahan kesehatan yang tentunya banyak dialami di masyarakat pada rentang usia yang luas baik itu pria hingga orang dewasa.

3. Obat traditional penyakit TBC

TBC atau tubercullosis merupakan salah satu penyakit serius yang banyak terjadi di masyarakat. Penyakit TBC termasuk jenis penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycrobacterium tuberculosis. Sebagai penyakit yang menular dan berbahaya, TBC dapat diatasi dengan perawatan dan konsumsi obat obatan jangka panjang hingga bakteri penyebabnya dapat diatasi. Selain melalui pengobatan medis, obat traditional lain yang juga digunakan untuk mendukung proses penyembuhan tersebut adalah sawi tanah. Untuk mengatasi TBC secara alami, sawi tanah dapat dikombinasikan dengan manfaat wortel untuk tbc.

4. Mengatasi permasalahan pada kulit

Selain berkaitan dengan organ dalam tubuh, manfaat dari tanaman sawi tanah lainnya adalah membantu dalam mengatasi berbagai macam masalah yang dapat terjadi di kulit. Beberapa bentuk permasalahan yang dapat dibantu pengatasannya dengan menggunakan sawi tanah diantaranya seperti bisul, memar, luka, hingga gigitan ular. Cara penggunaan sawi tanah tersebut dalam membantu mengatasi masalah di kulit adalah dengan menjadikannya bobok diatas luka yang akan diobati seperti penggunaan manfaat daun gambas.

5. Membantu mengatasi campak dan panas pada anak anak

Panas atau demam merupakan salah satu bentuk gejala yang terjadi pada tubuh akibat adanya beberapa jenis penyakit tertentu. Panas atau demam tersebut menjadi bentuk permaslahan kesehatan yang banyak dialami oleh anak anak. Salah satu manfaat lain dari sawi tanah tersebut adalah memantu menurunkan panas tubuh yang terjadi akibat reaksi tubuh dalam merespon adanya kondisi yang memberikan pengaruh pada kesehatan. Selain panas, sawi tanah juga dikenal sebagai salah satu obat traditional untuk mengatasi penyakit campak. Cara mengatasi campak dan panas dengan sawi tanah cukup sederhana yakni dengan mengkonsumsi air perasan dari sawi tanah yang ditumbuh halus.

6. Membantu mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat sawi tanah lainnya yang juga sangat membantu dalam menjadikan kesehatan terjaga adalah dapat digunakan untuk mengatasi beberapa macam bentuk gangguan pencernaan yang tentu sangat menganggu. Beberapa bentuk gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan sawi tanah tersebut diantaranya seperti mencret atau diare dan nyeri pada lambung. Dampak positif sawi tanah tersebut hampir sama dengan manfaat makan sawi putih mentah.

7. Manfaat tanaman sawi tanah lainnya

Selain beberapa manfaat dan dampak positif dari sawi tanah yang dijelaskan secara detail diatas, ada beberapa manfaat lain yang juga dapat diperoleh dari tanaman yang mudah ditemui tersebut disekitar lingkungan. Beberapa manfaat lainnya dari tanaman sawi tanah diantaranya seperti sebagai obat traditional beberapa permasalahan kesehatan diantaranya seperti kencing darah, rematik, hingga hepatitis.

Itulah beberapa manfaat sawi tanah yang perlu diperhatikan dalam membantu mengatasi berbagai macam bentuk permasalahan penyakit yang akan menganggu kondisi kesehatan seseorang. Sawi tanah sebagai tanaman herbal tentu dapat dikonsumsi setiap saat bahkan teratur karena tidak memiliki efek samping yang berarti meskipun dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dibandingkan obat obatan medis.