13 Manfaat Bunga Sepatu untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Bagi beberapa orang, tidak memandang wanita maupun pria, rambut termasuk aspek penting dalam menjaga penampilan. Bahkan ada istilah bahwa “rambut adalah mahkota wanita”. Berbicara tentang rambut, tentunya tidak hanya tentang penampilan saja, namun juga terkait dengan kesehatan dan kenyamanan diri. Memiliki rambut yang lebat, tidak rontok, tidak bercabang adalah idaman semua orang. Tidak sedikit orang yang menghabiskan banyak uang hanya untuk merawat kesehatan rambutnya.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata sekarang sudah banyak bahan alam atau herbal yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan dan mengatasi masalah rambut. Menggunakan perawatan herbal nyatanya dapat menghemat uang namun tetap memberi pengaruh yang luar biasa. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan khasiat dari bunga sepatu. Bunga sepatu yang selama ini lebih banyak diketahui sebagai obat herbal karena mengandung flavonoida, tannin, polifenol, saponin, hibisetin, dan taraxeryl asetat ternyata juga memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa dalam merawat dan menjaga kesehatan rambut.

Penasaran apa saja manfaat bunga sepatu rambut? Simak beberapa manfaatnya berikut ini:

1. Mengatasi Kerontokan

Rambut yang rontok adalah masalah rambut yang paling umum dirasakan banyak orang, terutama kaum wanita. Rambut yang rontok bisa menyebabkan rambut menjadi tipis dan tidak bervolume. Kerontokan pada rambut umumnya dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu sering terpapar sinar matahari, penggunaan shampo atau kondisioner yang tidak cocok, dan lain lain. Kerontokan rambut juga merupakan indikasi bahwa helai rambut sudah tidak kuat lagi menempel di kulit kepala. Mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan bunga sepatu sebagai obat herbal yang membuat helai rambut menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah mengalami kerontokan. Baca juga: Manfaat Daun Bunga Sepatu.

2. Melancarkan Peredaran Darah di Kulit Kepala

Tahukah kamu bahwa akar dari permasalahan rambut bersumber di kulit kepala. Kulit kepala adalah tempat dimana helai rambut menempel, kulit kepala jugalah yang mengendalikan pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang tidak terawat akan menimbulkan permasalahan rambut, seperti rambut kering, rambut mudah rontok, ataupun rambut yang berketombe. Dan untuk menjaga kesegaran kulit kepala tentunya anda juga harus memperhatikan peredaran darah di kulit kepala.

Peredaran darah di kulit kepala menentukan suplai oksigen ke rambut dan membuat helai rambut lebih kuat dan lebih cepat tumbuh. Menggunakan bunga sepatu sebagai salah satu solusi melancarkan peredaran darah di kulit kepala adalah cara yang tepat. Perawatan rambut dan kulit kepala dianjurkan menggunakan bahan herbal atau yang langsung berasal dari alam, karena lebih aman dan mengurangi potensi rambut terkena bahan kimia.

Baca juga:

3. Menghilangkan / Mengatasi Ketombe

Memiliki rambut yang berketombe tentunya sangatlah mengganggu aktivitas, bayangkan saja anda harus menggaruk kulit kepala anda pada momen yang formal. Memalukan sekali bukan? Rambut berketombe biasanya disebabkan karena pemakaian shampo atau kondisioner yang salah, rambut yang terlalu kering (penggunaan hijab terlalu lama), dan banyak faktor lain. Jika dibiarkan, rambut berketombe akan memicu permasalahan rambut lainnya, seperti kerontokan atau jamur di kulit kepala.

Namun tahukah anda kalau mengatasinya sangatlah mudah? Anda dapat menggunakan bunga sepatu yang mudah ditemukan dimana saja sebagai obat untuk mengusir bersih ketombe anda. Bunga sepatu bisa anda gunakan sebagai masker rambut dan shampo. Dijamin ketombe anda akan segera pergi dan tak pernah kembali. Baca juga: Manfaat Bawang Merah untuk Rambut.

4. Melebatkan dan Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Bagi beberapa orang yang memiliki jenis rambut yang tipis tentunya dapat menyebabkan rambut terlihat mudah lepek dan berminyak. Rambut tipis pun akan mudah untuk terlihat kusam dan tidak berkilau. Tapi ternyata, menggunakan ekstrak bunga sepatu juga dapat bermanfaat untuk melebatkan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Mempunyai rambut yang lebat akan membuat rambut anda lebih bervolume dan tidak gampang rusak. Rambut yang tumbuh juga akan meregenerasi rambut yang lain, sehingga rambut akan tampak lebih sehat dibandingkan sebelumnya. Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut.

5. Mengatasi Rambut Kering

Rambut yang kering biasanya disebabkan karena sering mengeringkan rambut menggunakan hairdryer, atau karena perawatan dengan produk yang salah. Rambut yang kering biasanya ditandai dengan rambut yang terlihat mengembang, sering ditemukan helai yang patah atau bercabang, kasar bila dipegang, dan mudah sekali rontok dalam keadaan basah. Mengatasi permasalahan ini bisa menggunakan bunga sepatu. Bunga sepatu yang kaya akan mineral membuat rambut akan lebih bernutrisi dan terjaga dalam keadaan lembab dengan pH yang normal. Baca juga: Manfaat Daun Inai untuk Rambut.

6. Mewarnai Rambut

Seperti yang kita ketahui bersama, pewarnaan rambut biasanya kerap menimbulkan masalah. Pewarna rambut yang bercampur dengan bahan kimia dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, patah dan bercabang. Oleh karena itu, pewarnaan rambut dengan bahan herbal sedang trend saat ini. Pewarna rambut herbal dianggap lebih aman dan tidak terkontaminasi oleh berbagai bahan kimia yang memberikan pengaruh dan efek merusak helai rambut dan kulit kepala. Bunga sepatu dapat anda gunakan sebagai pewarna rambut untuk warna merah terang hingga merah gelap ataupun merah maroon. Carilah bunga sepatu yang memiliki warna kelopak sesuai dengan yang diinginkan, anda bisa juga mencampurnya dengan ekstrak kelopak dari bunga lain. Baca juga: Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut.

7. Mengurangi dan Mencegah Uban

Bagi anda yang sudah berusia lanjut tentunya munculnya uban di kulit kepala sangatlah mengganggu penampilan. Tidak jarang, banyak orang melakukan semir rambut untuk menutupi warna uban. Meskipun begitu, sebaiknya dari awal anda melakukan treatment yang mencegah tumbuhnya uban. Karena mencegah pada dasarnya lebih baik daripada mengobati. Mencegah tumbuhnya uban bisa anda lakukan dengan rutin menggunakan masker rambut dari ekstrak kelopak bunga sepatu. Penggunaan secara rutin akan mencegah tumbuhnya uban dan mencegah permasalahan rambut lainnya. Selain itu ada cara lain untuk mengatasi uban, antara lain:

8. Mengatasi Rambut Patah dan Bercabang

Selain kulit kepala, ujung rambut adalah salah satu indikator kesehatan rambut. Ujung rambut yang patah dan bercabang mengindikasi bahwa rambut dalam keadaan kering dan kurang nutrisi. Bunga sepatu yang kaya akan mineral dan nutrisi adalah solusi yang tepat untuk membuat ujung rambut menjadi lebih kuat, berkilau, dan tentunya tidak patah dan bercabang. mengatasi rambut bercabang juga dapat diselesaikan dengan rutin melakukan creambath. Baca juga: Manfaat Creambath.

Cara Menggunakan Bunga Sepatu untuk Rambut

Setelah membahas beberapa manfaat bunga sepatu untuk menjaga kesehatan rambut, berikut adalah beberapa cara pengaplikasian dan cara pembuatan bunga sepatu sebagai bahan atau produk perawatan rambut:

1. Shampo Bunga Sepatu

Pembuatan shampo dari bunga sepatu tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya perlu merebus sekitar 15 daun dan kelopak dari bunga sepatu. Setelah direbus, tuangkan 1 gelas air. Diamkan sejenak, kemudian tumbuk hingga halus.

2. Kondisioner Bunga Sepatu

Haluskan 5 tangkai bunga sepatu dengan 2 sdm madu atau 2 sdm santai. Gunakan kondisioner ini di seluruh rambut hingga kulit kepala anda sekitar 8 hingga 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Baca juga: Manfaat Kondisioner.

3. Minyak Rambut Bunga Sepatu

Untuk membuat minyak rambut dari bunga sepatu, anda hanya perlu menghaluskan 10 helai daun dan kelopaknya, kemudian rebus dengan minyak kelapa. Oleskan minyak rambut di rambut anda, dan diamkan selama 30 menit. Baca juga: Manfaat Seledri Untuk Rambut Keriting.

4. Masker Rambut Bunga Sepatu

Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan kelopak dan daun bunga sepatu, kemudian menambahkan air secukupnya. Masker rambut ini dapat digunakan secara rutin yaitu 3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Cat Rambut Bunga Sepatu

Tumbuk kelopak bunga sepatu dan juga segenggam kelopak bunga mawar. Campurkan dengan sedikit air. Diamkan sekitar 1 jam agar cat dan warnanya mengendap. Cat rambut dapat digunakan 2x hingga 3x seminggu untuk mendapat warna rambut yang lebih bagus. Baca juga: Manfaat Mewarnai Rambut.

Demikian beberapa manfaat bunga sepatu untuk rambut dan cara penggunaannya untuk menjaga rambut tetap sehat dan terlihat menarik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.