13 Manfaat Kondisioner Rambut

Rambut indah memang dambaan kita semua, namun seiring berjalannya waktu rambut mengalami masalah seperti rambut yang sulit diatur, ujung-ujungnya mulai bercabang, cepat rapun dan rontok. Berbagai masalah rambut yang muncul, banyak ditengarai oleh kurangnya kita untuk merawat rambut dengan baik. Berbagai treatment banyak dilakukan untuk mengahalau permasalahan rambut tersebut, salah satunya dengan manfaat kondisioner untuk rambut. Bagainakah perawatan rambut dengan manfaat kondisioner ini? simak selangkapnya pada artikel ini.

kondisioner rambut

Ketika memilih kondisioner rambut selalu ada kelebihan dan kekurangan tergantung pada jenis kondisioner tersebut. Banyak konsumen kondisioner rambut yang mungkin kewalahan dengan sejumlah jenis kondisioner rambut yang tersedia di pasaran.

Pergi ke toko peralatan kecantikan besar untuk mencoba memahami semua pilihan kondisioner, hanya akan membuang waktu. Rumitnya memilih kondisioner ini merupakan upaya pemasaran cerdas yang diluncurkan oleh pabrik penghasil kosmetik perawatan rambut.

Jenis Kondisioner

Kebanyakan kondisioner masih dibagi dalam kategori dasar. Pilihan dasar mencakup perawatan dengan kondisi rambut sebagai berikut :

  1. Perawatan setelah menggunakan shampo
  2. Memberikan kelembaban rambut memperkaya formula shampoo
  3. Kondisioner instan, yang juga dikenal untuk menyelesaikan perawatan rambut
  4. Perawatan kondisioner yang dapat digunakan di kedua jenis rambut, kering atau basah .
  5. Kondisioner rambut untuk meluruskan atau serum
  6. Kondisioner yang mengandung minyak mentega dan pelembab

Menggunakan Pelembab Rambut (Kondisioner)

Untuk memiliki rambut sehat adalah menggunakan kondisioner (pelembab rambut) yang tepat dalam jumlah yang tepat pula. Mengapa perlu kondisioner ? Kondisioner berfungsi menutup kembali celah-celah sel kutikula yang terbuka setelah keramas, meratakan atau menormalkan selaput rambut, serta memberikan lapisantipis agar kelembaban dan kelembutan rambut terjaga. Secara garis besar manfaat  kondisioner yaitu :

  • Mengurangi proses oksidasi
  • Melindungi rambut agar tetap lembab, dan
  • Melicinkan batang rambut sehingga mudah disisir dan tidak kusut, juga menetralisir ion-ion negatif yang membuat rambut kering.

Untuk rambut kering, gunakan kondisioner yang kaya pelembab. Sementara itu, untuk rambut berminyak gunakan kondisioner dengan formula yang lebih ringan.

Sebelum menggunakan kondisioner, air pada rambut harus dikurangi. Namun, bukan dengan cara diperas. Cara terbaik untuk menghilangkan kelebihan air adalah menggunakan tangan. tekan perlahan ujung kepala dengan kedua telapak tangan dan sapu kebawah hingga air menetes dari ujung rambut. ulangi beberapa kali hingga rambut terasa lebih ringan.

Gunakan sediikit kondisioner bila memiliki rambut pendek dan lebih banyak jumlahnya bila rambut panjang.Tuang kondisioner pada telapak tangan, gosok dengan kedua tangan, lalu usapkan pada rambut. Diamkan rambut sesuai petunjuk penggunaan (biasanya 1-5 menit) lalu bilas hingga bersih.

pemakaian kondisioner setelah keramas dapat mengurangi resiko rambut menjadi kusut, bahkan pada rambut yang sangat keriting sekalipun. Salah satu fungsi kondisioner adalah melembutkan lapisan kutikula pada batang rambut sehingga tidak mudah bertautan dengan batang rambut lainnya.

Manfaat Kondisioner Berdasarkan Jenis Kandungannya

  • Kondisioner protein mengandung vitamin E, meresap ke batang rambut dari akar hingga ujung rambut. Cocok untuk jenis rambut kering dan rambut yang sering dicat karena membuat rambut lembut bercahaya.
  • kondisioner herbal mengandung sari buah dan tumbuhan, untuk jenis rambut normal dan berminyak. Kondisioner ini berfungsi menjaga elastisitas rambut, serta membuat rambut lembut dan mengembang indah.
  • Kondisioner santan kelapa mengandung santan kelapa untuk perawatan rambut yang kusam akibat proses kimiawi, mengembalikan elastisitas rambut, serta menjadikan warna rambut bercahaya.
  • Kondisioner kemiri mengandung sari kemiri, baik digunakan untuk rambut yang kusam, berkhasiat menyuburkan rambut dan menghitamkan rambut sehingga terlihat bercahaya.

Kondisioner untuk perawatan

Jenis kondisioner ini terbaik digunakan ketika rambut sangat rusak, kusut atau mudah rusak setelah membersihkan rambut Kondisioner ini berisi produk yang berbasis minyak untuk melapisi bagian rambut yang rusak dan ujung rambut dengan krim ringan.Penerapan kondisioner ini biasanya pada helai rambut kering atau sedikit dibasah.

Kondisioner untuk memperkaya formula shampo

Beberapa formula shampo menawarkan perawatan kombinasi dengan kondisioner. Produk ini biasanya kurang efektif karena bahan pelembab dicampur dengan  sampo. Keuntungannya, formula shampo yang memperkaya kelembaban dengan menambahkan, pelunakan produk yang mengandung berbagai bahan yang dirancang untuk melembutkan rambut.

Perawatan kondisioner mendalam

Kondisioner ini dapat digunakan di berbagai keadaan rambut ketika rambut kering atau basah dan juga dikedua waktu. Tergantung pada jenisnya, tekstur dan kondisi rambut pada kondisioner akan membuatnya bisa bertahan dari 2 menit ke lebih dari 60 menit.

Baik Untuk Rambut Lainnya :

Rangkuman Manfaat

Segala jenis kondisioner memiliki manfaat masing-masing yang cukup penting untuk kepentingan rambut dan memberikan khasiat yang cukup vital untuk rambut.

  1. Melembabkan rambut
  2. Menghilangkan radikal bebas di rambut
  3. Mencegah kerontokan rambut
  4. Mencegah rambut bercabang
  5. Menghitamkan rambut
  6. Membuat rambut lebih halus dan sehat

Tentu segala macam manfaat ini dapat berbeda sesuai dengan bahan kondisioner rambut yang anda gunakan. Namun secara garis besar keuntungannya adalah untuk membantu menyehatkan rambut.

TIPS MEMILIH KONDISIONER

Pilih shampo yang terpisah dengan kondisioner agar konsentrasi pemakaian lebih intensif. Dosisi yang dianjurkan dalam pemakaian kondisioner, lebih banyak dari pemakaian shampo. Perbandingannya 1:2 karena kondisioner tidak mengandung busa yang lebiih banyak dari shampo.

Penyebab Rambut Rontok

Berdasarkan analisa medis, ada beberapa hal yang menjadi penyebab rambut dapat rontok dan menjadi botak, diantaranya yang dapat diketahui, sebagai berikut :

  1. Fase Pertumbuhan Rambut,Tiap orang memiliki perbedaan dalam fase pertumbuhan rambut ada yang cepat ada juga yang lambat, ada yang rambutnya tebal ada juga yang berambut tipis. Selain itu juga dipengaruhi oleh genetika dan kualitas hormon rambut. Dimana dari genetika, mislanya : dari keturunan yang cenderung rambutnya cepat tumbuh maka ia pun akan memiliki fase pertumbuhan rambut yang cepat begitupun sebaliknya. Bila dari kualitas hormon rambut, ini tidak dipengaruhi oleh unsur genetika melainkan dari unsur vitamin dan protein yang dimiliki oleh rambut seseorang.
  2. Kekurangan Zat Gizi Dari Zat Besi,Dimana zat besi ini berfungsi untuk memberi kekuatan pada akar rambut supaya bisa mempertahankan didi dari penyakit baik itu gejala rontok bahkan botak.
  3. Wanita Menggunakan Pil KB,Bila menggunakan pil kb dengan dosis yang berlebihan hal ini akan mengakibatkan rambut rontok disebabkan ada penyedotan hormon rambut secara tidak langsung.

,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan