10 Manfaat Nanas untuk Rambut dan Kulit Kepala

Nanas adalah salah satu buah yang cukup familiar terutama di Negara yang berada didaerah tropis. Buah yang memiliki bentuk yang khas ini ternyata juga mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang sangat bagus untuk tubuh. Mineral itu antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, sukrosa, zat besi, mangan, dan enzim bromelain. Nanas juga merupakan buah yang sangat cocok dijadikan sebagai menu diet anda sehari hari. Tahukah kamu bahwa pada setiap 100 gram Nanas hanya mengandung 50 kalori saja. Bahkan didalam buah nanas tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

Baca juga:

Namun ternyata buah nanas memberikan banyak manfaat pula, terutama untuk kesehatan rambut anda. Ingin tahu? Simak beberapa manfaat nanas untuk rambut berikut:

1. Mencegah Uban

Kandungan enzim bromelain dan antioksidan yang tinggi dapat memperlambat penuaan dini dengan cara mencegah tumbuhnya uban. Uban biasanya disebabkan karena faktor usia, namun dalam beberapa hal uban juga dapat tumbuh karena adanya tingkat stress dan faktor keturunan. Tentunya memiliki rambut yang hitam berkilau adalah idaman bagi setiap orang, oleh karena itu anda tidak perlu menghabiskan banyak uang guna melakukan perawatan kecantikan dan kesehatan rambut. Anda cukup gunakan saja masker rambut yang berbahan dasar Nanas, maka rambut yang sehat akan menjadi milik anda sepenuhnya. Baca juga: Manfaat Bawang Merah untuk Rambut.

2. Menebalkan Helai Rambut

Helai rambut yang tebal umumnya akan lebih kuat menempel di kulit kepala dibandingkan dengan helai rambut yang tipis. Helai rambut yang tebal pun dapat mengurangi kemungkinan rambut anda mengkonsumsi minyak berlebih, lepek, dan terlihat kusam. Anda bisa memanfaatkan kandungan mineral dan nutrisi didalam Nanas yang dapat membuat setiap helai rambut anda menjadi lebih tebal. Helai rambut yang tebal mengurangi kemungkinan anda mengalami kerontokan rambut dan akan lebih kuat apabila anda berniat mewarnai rambut anda. Baca juga: Manfaat Bengkuang untuk Rambut.

3. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok biasa dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit kepala yang mudah kering dan sensitif. Kerontokan rambut juga sering dirasakan oleh wanita-wanita yang menggunakan hijab. Hal ini dikarenakan, penggunaan hijab berpotensi membuat rambut dan kulit kepala kehilangan suplai oksigen serta memberikan efek kering. Rambut yang sehat dan tercegah dari kerontokan adalah rambut yang harus senantiasa lembab. Dan cara untuk menjaga kelembapan rambut anda adalah dengan menggunakan ekstrak buah Nanas untuk kesehatan rambut. Penggunaannya bisa beragam, mulai dari masker rambut ataupun hanya dioleskan saja di kulit kepala anda. simak pula: Manfaat Nanas untuk Wanita.

4. Sebagai Anti Inflamasi pada Kulit Kepala

Tahukah kamu apa itu inflamasi? Inflamasi adalah sejenis peradangan yang bisa disebabkan akibat adanya sel yang rusak ataupun ada virus dan bakteri yang menyerang sistem imun tubuh. Munculnya peradangan pun bisa dengan cara beragam, ada yang ditandai dengan kulit yang kemerahan, terasa panas, terasa gatal, nyeri, pembengkakan, dan lain lain. Nanas memiliki kandungan antioksidan didalam air buahnya untuk mencegah peradangan terjadi. Antioksidan berfungsi pula sebagai pelindung imun dari virus dan bakteri. Baca juga: Manfaat Mefentan.

5. Melawan dan Membasmi Ketombe

Kandungan Viamin B6 dan B1 didalam Nanas berguna untuk mengusir ketombe yang bersarang di kulit kepala anda secara ampuh. Selain itu, Nanas juga sangat direkomendasikan untuk mencegah dehidrasi kulit kepala, sehingga menjaga kulit kepala tidak kering dan selalu segar. Memiliki rambut berketombe adalah hal yang sangat mengganggu penampilan, oleh karena itu manfaatkan lah buah yang kaya akan mineral dan manfaat ini. Baca juga: Manfaat Bunga Sepatu untuk Rambut.

6. Mengatasi Rambut Kering

Permasalahan rambut bisa dipicu dari berbagai hal, seperti halnya rambut yang kering. Rambut yang kering tidak hanya dikarenakan terlalu sering terpapar sinar matahari atau konsumsi makanan yang tidak sehat, namun rambut kering juga bisa disebabkan karena terlalu sering keramas dan menggunakan conditioner. Sewajarnya, keramaslah sebanyak 2 hari sekali. Baca juga: Manfaat Seledri Untuk Rambut Keriting.

Penggunaan shampo dan conditioner yang terlalu sering justru melemahkan akar rambut dan menguras nutrisi dan minyak didalam rambut. Kadar minyak yang terlalu sedikit pada rambut dapat menyebabkan rambut kering dan memiliki ujung rambut yang patah ataupun bercabang. Untuk mengatasi ini, gunakanlah buah nanas yang kaya akan vitamin. Vitamin A dan B dapat menutrisi secara baik bahkan hingga ke helai ujung rambut anda.

7. Mencegah Rambut Bercabang

Permasalahan dari rambut bercabang tidak beda jauh dengan apa yang terjadi dengan rambut kering. Namun, rambut bercabang lebih sering terjadi akibat penggunaan hairdryer yang terlalu sering. Uap panas yang dikeluarkan dari hairdryer mematikan nutrisi yang ada didalam helai rambut. Baca pula: Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut.

8. Menyehatkan Kulit Kepala

Penggunaan Nanas sebagai salah satu alternatif untuk perawatan kesehatan rambut adalah cara yang sangat tepat. Kandungan antioksidan dan enzim bromelain pada Nanas memberikan sensasi segar di kulit kepala. Jika kulit kepala anda dalam kondisi yang segar dan sehat, maka sangat kecil kemungkinan datangnya permasalahan rambut yang lain. Baca juga: Manfaat Nanas Muda.

9. Meningkatkan Elastisitas Rambut

Rambut yang elastis adalah ciri rambut yang kuat dan tidak gampang patah. Bagi orang yang memiliki rambut yang elastis, akan terlihat sangat cantik. Karena rambut akan dengan mudah jatuh tergurai dan menambah nilai plus pada penampilan anda. Sedangkan rambut yang tidak elastis akan mengembang dan terlihat kering, sehingga sangat susah diatur. Menjaga elastisitas rambut sangatlah mudah, cukup gunakan air endapan rebusan potongan Nanas sebagai conditioner setelah anda menggunakan shampo. Gunakan dan diamkan selama kurang lebih 3 hingga 5 menit. Simak pula: Manfaat Teh Basi.

10. Mempercepat Regenerasi atau Pertumbuhan Rambut

Ingin memiliki rambut yang sehat bisa anda dapatkan dengan cara menjaga nutrisi di rambut dan kulit kepala. Apabila nutrisi terpenuhi, maka tidak akan terjadi permasalahan pada rambut anda. Nutrisi juga menjamin pertumbuhan dan regenerasi helai rambut. Regenerasi rambut berfungsi untuk menumbuhkan helai rambut yang masih dalam keadaan sehat yang bertujuan untuk menggantikan helai rambut yang sudah rusak. Baca juga: Manfaat Teh Tawar.

Demikian beberapa manfaat nanas untuk rambut Anda serta cara penggunaannya. Semoga bermanfaat.