5 Manfaat Afirmasi Positif untuk Kehidupan Manusia

Afirmasi didefinisikan sebagai sebuah penegasan, namun juga memiliki kemiripan dengan cita-cita, harapan, serta doa. Hanya saja bila dibandingkan dengan doa, maka afirmasi akan menjadi lebih spesifik dan terstruktur. Afirmasi positif juga dianggap sebagai berpikir positif. Lalu, apa kira-kira manfaat afirmasi positif dalam kehidupan manusia sehari-hari?

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Afirmasi positif artinya adalah serangkaian kata-kata positif yang biasanya diucapkan diri sendiri ditujukan untuk diri sendiri juga. Mudahnya teknik afirmasi ini maka banyak orang akan dengan senang hati mempraktikkannya di manapun ia bisa dan ingat dan manfaat dari afirmasi yang positif adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengucapkan pada diri Anda sendiri bahwa Anda merupakan pribadi yang cerdas dan penuh dengan kreativitas positif atau Anda meyakinkan diri Anda bahwa Anda adalah seorang pribadi menyenangkan dan menarik otomatis akan membuat kepercayaan diri meningkat.

2. Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran

Hati yang gembira merupakan obat yang paling manjur. Ketika Anda bergumul dengan penyakit tertentu dan banyak orang di sekitar Anda mulai meragukan kesembuhan Anda atau tidak ada orang yang mendukung dengan berkata-kata positif pada Anda, berafirmasi sendiri akan sangat membantu. Katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda sudah dan selalu dikaruniai kesehatan dan stamina yang prima kapan saja, maka Anda akan otomatis merasa suasana hati menjadi ringan dan senang. Hal ini akan membuat Anda bisa sembuh dan sehat lebih cepat.

3. Mengurangi Stres

Seperti ketika orang lain menyemangati diri Anda, ada rasa puas dan semangat yang kemudian muncul dari dalam diri. Namun ketika Anda sedang stres tanpa ada orang sekitar yang menyemangati, cobalah untuk berafirmasi positif dengan menyatakan bahwa Anda sudah dan selalu mendapatkan kemudahan dalam setiap apapun proses yang dijalani. Atau, katakan pada diri Anda juga bahwa apapun kebutuhan Anda sudah dan selalu terpenuhi dengan cara yang mudah sehingga Anda tidak perlu lagi merasa stres akan satu pekerjaan atau kondisi yang menyulitkan.

Solusi mengatasi stres lainnya :

4. Meningkatkan Rasa Nyaman terhadap Diri Sendiri

Ketika Anda merasa ada yang salah dari diri Anda dan Anda tidak pernah puas terhadap diri sendiri, apapun yang Anda lakukan, berafirmasi positif akan sangat baik. Dengan membayangkan apa yang ingin Anda lakukan atau raih, lalu mengatakan pada diri Anda bahwa Anda akan mencapainya atau Anda akan sukses akan membawa ketenangan dan kenyamanan dalam diri Anda. Setidaknya, katakan bahwa diri Anda sudah melakukan yang terbaik dan bagi orang yang selalu berusaha tidak akan ada kata gagal.

5. Membuat Pribadi Lebih Bahagia

Berafirmasi dengan mengatakan bahwa diri Anda berhak atas kelimpahan kemakmuran, atau menyatakan bahwa apa yang Anda usahakan akan tercapai dalam kehidupan sehari-hari akan sangat membawa dampak positif terhadap diri Anda. Ketika kata-kata tersebut tidak hanya sekadar kata-kata kosong namun juga dilandasi dengan kepercayaan bahwa Anda bisa meraihnya atau Anda memang menarik, maka kata-kata tersebut percaya atau tidak bisa menjadi kenyataan.

Kehidupan lebih bahagia lainnya juga diperoleh dari :

Dengan menambah rasa percaya diri, meningkatkan kenyamanan terhadap diri sendiri, sehat jasmani dan rohani, lalu jauh dari stres, sudah pasti Anda akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih. Sebaliknya, saat Anda membuat keinginan besar yang Anda ingin raih dalam keadaan yang bahagia, maka nantinya akan ada jalan yang akan terpikirkan tentang bagaimana membuat semua keinginan tersebut menjadi nyata.

Inti dari afirmasi ini adalah membuat alam bawah sadar Anda bangkit. Anda pun diminta untuk tidak hanya sekadar mengatakan kata-kata positif. Bayangkan dan rasakan apa yang diinginkan oleh diri Anda sampai sejelas-jelasnya. Jangan lupa, semua akan terjadi dengan kehendak Tuhan, sehingga berserah diri adalah langkah yang paling akhir.