9 Manfaat Lacto B untuk Kesehatan Tubuh

Lacto B atau Lactic Acid Bacteria adalah suatu bakteri yang menguntungkan. Mengapa disebut menguntungkan? Hal itu disebabkan karena bakteri ini menghasilkan asam laktat yang dapat digunakan sebagai probiotik yang menghambat pertumbuhan bakteri merugikan. Namun tahukah anda, selain hanya terdapat difermentasi susu seperti yoghurt, Lactic Acid Bacteria ini juga terkandung dalam manfaat air beras atau yang sering kita sebut sebagai air tajin.

Banyak sekali manfaat dari Lactic Acid Bacteria, diantaranya :

1. Mengobati diare

Lacto B sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit diare atau buang-buang air pada bayi maupun orang dewasa. Lacto B mengandung bakteri baik yang menghambat pertumbuhan bakteri jahat, karena asam organik yang terdapat pada Lacto B membantu memperbaiki ketidakseimbangan flora pada usus. Lacto B lebih mudah ditemukan dalam yoghurt, maka anda sangat dianjurkan untuk meminum yoghurt sesering mungkin untuk mencegah penyakit diare, atau pada bayi bisa diberikan air beras dua sendok makan untuk menghentikan diare.

2. Mencegah penyakit usus dan pencernaan lainnya

Selain mengobati diare, Lacto B juga bisa menyembuhkan atau mematikan bakteri-bakteri merugikan yang masuk ke dalam pencernaan kita. Kandungan asam laktat yang bersifat kuat itu dapat mengatasi penyakit pencernaan seperti gastrosentris, sembelit atau konstipasi karena Lacto B ini mampu menetralkan asam lambung yang berlebihan dan mudah dicerna. Lacto B bisa memecah zat sisa di dalam usus sehingga, menjadi pembantu serat untuk mencegah sembelit. Penggunaannya adalah dengan meminum susu fermentasi atau air beras, namun lebih baik dikonsumsi setelah makan agar asam laktat tidak mengejutkan keadaan lambung yang kosong.

3. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Lacto B adalah suatu antioksidan yang tidak hanya berperan melawan bakteri jahat, tetapi juga radikal bebas yang setiap hari melingkupi lingkungan sekitar kita yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Apalagi dalam minuman fermentasi susu, biasanya ditambah dengan asam amino dan mineral lain yang dapat menambah peran Lacto B ini untuk melawan segala penyakit yang mengintai kita. Karena itulah, disarankan bagi Anda mengkonsumsi susu dan manfaat yoghurt setiap hari.

4. Menjadi energi cadangan

Lacto B yang terkandung dalam suatu produk minuman atau makanan juga bisa menjadi energi tambahan selain karbohidrat dan protein. Ketika Anda hendak berolahraga atau melakukan banyak kesibukan, dianjurkan untuk mengkonsumsi yoghurt atau asam laktat lainnya agar aktivitas bisa berjalan lancar tanpa gangguan seperti perut lapar atau masuk angin.

5. Mengganjal lapar

Karena mengandung energi cadangan, kita tak perlu khawatir akan kandungan gula berlebihan ketika mengonsumsi fermentasi susu. Lacto B yang dicampur dengan karbohidrat akan menetralisir gula tanpa menghilangkan energi di dalamnya. Lacto B dapat membantu Anda menahan rasa lapar untuk waktu yang lebih lama dibandingkan makan nasi biasa. Maka, sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang berdiet untuk sering mengonsumsi produk minuman dan makanan yang mengandung Lacto B seperti yoghurt dan air tajin.

6. Mencegah penyakit Alzheimer

Selain untuk pencernaan semata, Lacto B yang terkandung dalam air beras atau air tajin bisa menambah nutrisi yang diperlukan tubuh sehari-hari. Lacto B menyerang juga bakteri yang bisa mengalir lewat darah dan mengarah menuju saraf dan otak. Produk minuman dengan bakteri Lacto B ini baik dikonsumsi pada pagi hari untuk menjaga fungsi otak agar tidak mengalami kebodohan dan penurunan fungsi, yaitu gejala penyakit Alzheimer.

7. Mengurangi rambut rontok dan memperbaiki rambut rusak

Lacto B dalam air beras tidak hanya bergerak dalam lingkup pencernaan, melainkan juga berbagai saluran dalam tubuh termasuk saraf dan otak. Jika Anda memiliki masalah rambut rontok yang mulai mengkhawatirkan, atau rambut rusak yang disebabkan karena zat-zat kimia yang mencuri nutrisi dalam rambut Anda, Lacto B bisa memperbaiki dan memperkuat akar rambut yang mulai rapuh, bahkan setelah itu Lacto B akan membantu regenerasi rambut Anda dengan sangat subur.

Cara pengobatan rambut rontok adalah dengan menggunakan air bekas mencuci beras di rambut Anda, diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan shampoo. Anda bisa mengulanginya sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Membuat kulit menjadi halus

Asam laktat selain menggandeng Lacto B, seringkali juga mengandung banyak vitamin dan mineral lainnya seperti manfaat vitamin C dan manfaat vitamin E. Vitamin-vitamin ini sangat berperan aktif untuk menghaluskan kulit Anda yang rapuh dan kering. Bukankah sering kita lihat iklan di televisi bahwa lotion dan obat kulit banyak menggunakan vitamin C dan vitamin E? Hal ini meyakinkan bahwa konsumsi minuman ber-Lacto B sangat membantu menghaluskan kulit Anda yang kasar.

9. Menghangatkan tubuh

Ketika Lacto B menyerang bakteri-bakteri merugikan di dalam tubuh, ada reaksi di antara dua kelompok ini yang saling mempertahankan dirinya. Reaksi ini bersifat endoterm , sehingga Anda akan merasakan hangat setelah mengonsumsi fermentasi susu yang mengandung Lacto B. Kalaupun Anda ingin mengonsumsi dalam keadaan dingin, Lacto B ini bisa tetap menghangatkan tubuh Anda dalam batas tertentu.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 08th, January 2016 / 08:51 Oleh :
Kategori : Kesehatan