12 Manfaat Lari Sore Bagi Orang Gemuk Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Masalah kegemukan tidak selalu berhubungan dengan banyak makan tapi salah satu faktor utama penyebab kegemukan adalah jarangnya tubuh dibawa bergerak seperti berolahraga secara teratur. Kebanyakan orang mengaku bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga padahal sebenarnya mereka memiliki banyak sekali waktu untuk sekedar ngopi-ngopi dengan teman sekantor selepas kerja.

Manfaat Lari Sore bagi Orang Gemuk

Berolahraga tidak harus di pusat kebugaran dan juga tidak harus menunggu ada event tertentu, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan kapan saja seperti halnya lari sore. Kebanyakan orang beranggapan bahwa lari pagi adalah yang terbaik tapi ternyata ada banyak juga manfaat lari sore bagi orang gemuk.

  1. Sedang Berada di Puncak Stamina

Ada banyak orang yang selain tidak memiliki cukup waktu di pagi hari untuk berolahraga ada juga yang kalau pada pagi hari merasa tubuh terlalu lelah untuk berolahraga karena padatnya aktifitas. Lari sore untuk menurunkan berat badan sangat baik karena pada saat itu tubuh sedang berada di puncak stamina, kecuali jika pada hari itu aktifitas Anda sangat padat sebaiknya kegiatan lari ditunda dulu.

  1. Membuat Fikiran Lebih Fresh

Jika berolahraga pada pagi hari justru membuat Anda stress karena tumpukan pekerjaan yang menanti di kantor, berlari saat sore hari dapat mengatasi masalah ini. Selain itu pemandangan saat sore dengan banyaknya orang beraktifitas juga dapat membuka fikiran Anda dan membuatnya lebih relaks.

  1. Mengoptimalkan Pembakaran Kalori

Lari sore dapat membantu mengoptimal pembakaran kalori karena makanan yang Anda konsumsi pada saat makan siang bisa sekalian dibakar sehingga baik untuk menjaga berat badan Anda. Tubuh kembali ringan dan segar.

  1. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Sudah rahasia umum bahwa olahraga lari atau jogging sangatlah baik untuk kesehatan jantung tidak terkecuali lari sore terutama bagi Anda yang mengalami masalah kegemukan. Saat lemak menumpuk risiko mengalami penyakit jantung juga akan meningkat.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Ketika Anda secara rutin melakukan lari sore tak hanya baik untuk menjaga berat badan Anda tapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Keringat yang keluar saat lari sore justru menjadi detoks alami bagi tubuh Anda sehingga saat malam hari Anda akan merasa lebih relaks dan tidurpun menjadi lebih nyenyak.

  1. Mengurangi Waktu untuk Ngemil

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh para orang kantoran setelah jam kerja adalah nongkorong dengan teman-teman dengan alasan melepas penat. Well, saat nongkrong tersebut asupan kalori meningkat mulai dari segelas cappuccino atau latte, cemilan-cemilan manis akan memperpanjang obrolan. Bukankah sebaiknya Anda memanfaatkan waktu tersebut untuk berolah raga sore?

  1. Memperkuat Otot

Ada banyak sekali manfaat lari salah satunya adalah dapat memperkuat otot-otot tubuh. Tak hanya otot betis yang akan membuat kaki Anda terlihat indah dan kencang tapi juga otot pinggul.

  1. Meningkatkan Kekuatan Mental

Melakukan lari sore secara teratur tak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tubuh secara fisik tapi juga secara mental. Setelah Anda lelah berolahraga cobalah pilih spot nyaman untuk sekedar menikmati terbenamnya matahari yang menandakan bahwa Anda telah melakukan yang terbaik untuk hari ini.

  1. Membangun Kepercayaan Diri

Memiliki bentuk tubuh yang ideal tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara fisik tapi juga dapat membantu membangun kepercayaan diri Anda.

  1. Lari Sangat Mudah Dilakukan

Dibandingkan dengan jenis olahraga lain, lari atau jogging sangatlah mudah dilakukan. Selain itu lari bisa dilakukan di mana saja, tidak harus pergi ke taman tertentu tapi bisa dilakukan hanya dengan lari keliling kompleks. Sebagai bonus Anda bisa berolahraga sambil menyapa tetangga-tetangga Anda.

  1. Baik untuk Kesehatan Pernafasan

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang gemuk adalah masalah pernafasan. Melakukan olahraga lari secara teratur sangatlah baik untuk menjaga kesehatan pernafasan dan mencegah berbagai macam jenis penyakit terkait dengan pernafasan.

  1. Memperkuat Sendi dan Tulang

Fakta bahwa jogging atau lari dapat membantu memperkuat sendi dan tulang sudah tidak dapat dibantah lagi bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikannya. Jadi jangan tunda lagi, jika Anda tidak punya cukup waktu di pagi hari selalu ada waktu di sore hari untuk berolahraga dan mengeluarkan keringat agar tubuh sehat dan bugar.

Salah satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih sore hari untuk berolahraga daripada pagi hari adalah karena kebanyakan orang menganggap bahwa pagi hari adalah selain pendek juga sibuk, apalagi bagi mereka yang harus tiba pagi sekali di tempat kerja atau harus berangkat pagi sekali karena letak tempat kerja yang jauh. Oleh karena itu sore hari menjadi waktu yang ideal. Namun sebaiknya pilihlah waktu yang tepat seperti setelah jam 3 sore dan tidak boleh lebih dari jam 6 sore karena saat malam hari, embun malam bisa mempengaruhi kesehatan pernafasan Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan