12 Manfaat Lari Maraton Untuk Stamina dan Pencegahan Penyakit

Lari maraton merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan dimana saja tanpa harus mengeluarkan biasa sehingga sangat praktis dilakukan sesuai dengan keinginan sama seperti manfaat lari di tempat. Lari maraton atau dikenal juga dengan lari jarak jauh biasanya memakai lintasan 3000 meter keatas, 5000 meter atau 10000 meter yang merupakan salah satu cabang lari dilakukan di luar stadion. Oleh karena jarak tempuh yang jauh, maka saat ingin melakukan lari maraton ini dibutuhkan ketahanan fisik yang baik agar bisa melakukan cabang atletik tertua dalam olimpiade kuno tersebut. Acara maraton sendiri ada sejak tahun 490 SM dimana seorang prajurit Yunani berlari dengan membawa berita kemenangan peperangan marathon ke Athena dimana jarak yang ditempuh saat itu adalah 26 mil atau sekitar 41.8 km. Ada begitu banyak manfaat lari marathon yang bisa diperoleh tubuh yang dalam ulasan kali ini akan kami jelaskan dengan lengkap.

  1. Membakar Kalori

Lari selama ini sudah dikenal sebagai olahraga untuk membakar kalori dan lemak yang sangat efektif khususnya lari maraton dibandingkan dengan manfaat lari 12 menit. Untuk itu, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan sangat disarankan untuk melakukan salah satu cabang lari ini sebab bisa membakar kalori sangat cepat yang nantinya juga bisa menurunkan berat badan anda lebih cepat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Melakukan maraton juga sangat baik untuk melatih jantung dimana jantung nantinya juga akan berdegup lebih kencang ketika sedang berlari. Lari merupakan jenis olahraga cardio yang bisa membuat jantung dan peredaran darah bisa bekerja lebih baik. Jantung yang selalu terlatih ini nantinya juga akan meningkatkan kekuatan jantung sehingga terhindar dari berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung.

  1. Menguatkan Otot dan Tulang Kaki

Pada saat seseorang sedang melakukan lari maraton, maka kaki akan menjadi tumpuan beban sekaligus pusat dari semua gerakan yang dilakukan tubuh. Beberapa gerakan yang terjadi pada kaki secara konstan tersebut nantinya bisa meningkatkan kekuatan tulang dan otot sekaligus juga meningkatkan keseimbangan dan juga koordinasi.

  1. Meningkatkan Pernapasan

Pada saat sedang berlari, maka biasanya yang sering terjadi adalah nafas semakin terasa berat. Namun sebetulnya hal tersebut sangat berguna untuk meningkatkan pernapasan agar semakin baik. Pengaturan nafas sendiri menjadi hal penting untuk dilakukan khususnya dalam lari maraton atau lari dalam jarak jauh yang membutuhkan waktu lama. Dengan melakukan lari maraton, maka paru paru akan semakin kuat sekaligus terlatih, mengatur tempo nafas lebih baik sekaligus membuat sistem pernapasan semakin optimal.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat lain yang bisa didapatkan saat melakukan lari maraton adalah meningkatkan metabolisme. Tubuh nantinya akan mengeluarkan racun dalam tubuh sekaligus meningkatkan produksi zat baik yang bisa melindungi tubuh dari segala macam jenis virus penyebab penyakit. Dengan teratur melakukan lari maraton, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat yang tentunya juga meminimalisir risiko terserang penyakit.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sesudah melakukan lari maraton, maka tubuh akan merasa lelah sehingga membutuhkan istirahat lebih banyak. Kebutuhan biologis tubuh tersebut nantinya akan membuat seluruh bagian tubuh bisa beristirahat lebih baik ketika tidur sekaligus meningkatkan kualitas tidur sehingga jadi lebih nyenyak.


  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Gula adalah satu dari sekian banyak sumber energi yang ada dalam tubuh. Namun jika menumpuk terlalu banyak, maka bisa meningkatkan risiko diabetes. Lari maraton sangat membutuhkan banyak energi sehingga tubuh nantinya akan membakar gula sekaligus lemak sebagai sumber kalori saat berlari. Dengan begitu, maka kadar gula akan menurun dan risiko terkena diabetes juga bisa diturunkan.

  1. Menurunkan Risiko Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi saat tekanan darah semakin meningkat dari batas normal. Lari maraton menjadi solusi yang baik dilakukan karena bisa meningkatkan kinerja jantung dan juga sirkulasi darah sehingga tekanan darah nantinya akan kembali normal dan terjaga dengan baik yang juga sangat baik dilakukan untuk mengatasi anemia.

  1. Meningkatkan Stamina

Gerakan sama yang dilakukan berulang dan dalam jangka waktu lama tentunya juga akan meningkatkan stamina tubuh. Lari maraton yang memang dilakukan dalam waktu lama tersebut nantinya akan membuat tubuh bisa menyesuaikan dengan cara meningkatkan stamina dan akhirnya bisa melakukan berbagai kegiatan sehari hari dengan lebih bertenaga dan dalam durasi yang lebih lama.

  1. Menurunkan Kadar Stress

Lari maraton juga sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol terlalu berlebihan. Saat melakukan lari maraton, maka tubuh juga akan menghasilkan hormon untuk menurunkan stress tersebut sehingga menjadi cara mudah sekaligus menyehatkan yang bisa dilakukan untuk menurunkan stress berlebihan.

  1. Mencegah Serangan Flu

Dari penelitian yang dilakukan di Swedia membuktikan jika rutin melakukan lari maraton sudah bisa menekan serang virus flu dan tentunya baik dilakukan sebagai solusi batuk dibandingkan dengan seseorang yang tidak melakukan lari maraton atau jenis olahraga lari lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan saat melakukan lari maraton adalah bisa mendapatkan tampilan kulit yang lebih cerah sehingga bisa dijadikan solusi kecantikan kulit alami. Saat sedang melakukan lari maraton, akan begitu banyak keringat yang keluar dari tubuh dan dalam keringat tersebut juga terdapat berbagai kandungan zat beracun yang juga ikut keluar dari dalam tubuh sehingga akhirnya anda juga terbebas dari berbagai masalah kulit seperti jerawat dan sebagainya.

Ada begitu banyak manfaat lari maraton yang bisa didapatkan oleh tubuh. Tidak hanya memiliki bentuk tubuh yang terlihat ideal dan menarik, namun lari maraton juga sangat baik dilakukan agar bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga