7 Manfaat Tidak Tidur Siang Bagi Kesehatan

Tidur merupakan kebutuhan setiap orang untuk melepas lelah setelah beraktivitas. Tidak hanya tidur malam, tidur siang juga menjadi kebiasaan banyak orang untuk melepas lelah. Setelah setengah hari beraktivitas, beberapa orang melakukan tidur siang agar setelahnya mereka dapat beraktivitas normal kembali. Namun ternyata, melakukan tidur siang memiliki dampak yang tidak terlalu baik. Justru tetap beraktivitas atau dengan istrirahat sejenak tanpa tidur siang lebih baik.

artikel terkait:

Manfaat tidak tidur siang

Tidak tidur siang memiliki beberapa manfaat tersendiri, diantaranya:

  1. Menghindari Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Dari penelitian yang dilakukan oleh salah satu peneliti di Leiden University, tidur siang merupakan salah satu kebiasaan yang harus dihindari atau dihilangkan. Menurut penelitian yang dilakukan, orang yang tidak melakukan tidur siang dapat terhindar dari serangan penyakit diabetes tipe 2. Tidur siang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan terjadimya diabetes. Menghindari kebiasaan tidur siang dapat membantu menghindari risiko terkena diabetes tipe 2.

artikel terkait: manfaat tidur

  1. Tubuh Akan Lebih Bugar

Orang yang tidak melakukan tidur siang cenderung memiliki tubuh yang segar dan siap melakukan aktivitas yang akan dia jalani. Tubuh akan lebih bugar karena tanpa tidur siang, tidak perlu menyiapkan kembali tubuh yang masih lemas setelah tertidur.

artikel terkait: manfaat tidur pakai kaos kaki

  1. Mencegah Terjadinya Insomnia

Ketika seseorang sudah tidur siang, maka pola tidur seseorang dapat terganggu. Setelah tidur pada siang hari, pada malam harinya orang tersebut akan susah tidur atau insomnia. Hal ini disebabkan karena jatah waktu tidurnya sudah digunakan pada siang hari. Tubuh yang lelah beraktivitas telah hilang ketika tidur pada siang hari. Sehingga pada malam harinya tubuh malah akan siap menjalani aktivitas. Untuk mencegah terjadinya insomnia, hal yang dapat dilakukan adalah dengan tidak melakukan tidur pada siang hari.

artikel terkait: manfaat tidur berpelukan

  1. Terhindar Dari Sakit Kepala

Menghindari tidur siang dapat menjaga suplai oksigen ke otak. Dengan tidur siang, suplai oksigen ke otak berkurang, sehingga beberapa orang merasakan pusing setelah melakukan tidur pada siang hari.

artikel terkait: manfaat tidur miring ke kanan

  1. Mencegah Terjadinya Penumpukan Kalori

Tidur siang, terlebih yang dilakukan setelah makan siang dapat menyebabkan penumpukan kalori yang dapat memicu obesitas serta meningkatkan kadar kolesterol. Dengan tidak melakukan tidur siang hari, terlebih setelah makan siang, tidak akan terjadi penumpukan kalori. Berat badan akan tetap dapat dijaga, serta terhindar dari risiko terjadinya serangan jantung.

artikel terkait: manfaat menggunakan korset saat tidur

  1. Mencegah Naiknya Asam Lambung

Tidak hanya menyebabkan penumpukan kalori, tidur siang setelah makan juga menyebabkan asam lambung naik sampai tenggorokan dan kerongkongan, atau biasa disebut dengan asam reflux. Dengan tidak melakukan tidur siang, asam lambung tidak akan naik sampai pada kerongkongan dan tenggorokan. Hal  ini juga dapat menghindari terjadinya sesak nafas dan kerusakan pada organ hati.

artikel terkait: manfaat memakai handbody sebelum tidur malam

Secara normal, tidur memang hendaknya dilakukan pada malam hari setelah selesai melakukan semua aktivitas yang dijalani. Namun beberapa orang merasakan kantuk karena lelah sebelum jam malam tiba, sehingga tak jarang banyak yang melakukan tidur siang. Namun sebaiknya, seperti yang telah dijelaskan di atas, disarankan untuk tidak melakukan tidur siang karena dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh.

artikel terkait: manfaat menggunakan krim malammanfaat tidur tanpa busana

Selain itu, secara umum, tidur siang juga mengganggu jam biologis dan jam tidur secara normal. Jika memang dalam keadaan lelah dan kantuk yang sangat pada siang hari, dapat diatasi dengan berhenti beraktivitas sejenak dan meminum air putih secukupnya. Hal tersebut dapat mengurangi kantuk. Atau jika benar-benar sangat lelah dan mengantuk, boleh melakukan tidur siang dengan catatan tidak lebih dari 60 menit.