12 Manfaat Asam Sitrat Pada Makanan dan Minuman

Apa itu asam sitrat ? ia adalah sejenis asam organik yang dijadikan sebagai pengawet makanan dan minuman secara alami. Asam sitrat merupakan penambah asam pada makanan. Manfaat asam strat cukup banyak, setidaknya ada berbagai industri yang memanfaatkannya.

1. Sebagai bahan pengawet makanan

asam sitratSekarang ini, banyak sekali produk dipasaran yang memakai bahan pengawet makanan yang membahayakan bagi kesehatan. Kita harus lebih cermat dalam memilih jenis produk berpengawet yang aman untuk kita konsumsi.

Adapun beberapa zat pengawet makanan yang aman untuk kita konsumsi antara lain asam sitrat, garam benzoat, sorbat, dan propionat, belerang dioksida dan sulfit, nitrit dan nitrat, natrium klorida, gula, asam, nisin,natamycin, subtilin, serta antioksidan BHA dan BHT.

Asam sitrat merupakan senyawa yang dapat digunakan untuk mengawetkan makanan dan minuman secara alami. Kandungan asam didalamnya berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.  Asam sitrat juga berfungsi untuk menstabilkan warna makanan dengan cara mengurangi kekeruhan warnanya. Sehingga asam sitrat merupakan salah satu bentuk pengawet makanan yang dinyatakan 99,9% aman untuk dikonsumsi.

2. Penambah rasa / penguat rasa pada makanan

Dalam berbagai produksi makanan, asam sitrat juga digunakan untuk menguatkan rasa masam pada makanan, misalnya untuk pembuatan permen, serta minuman-minuman  bersoda. Fungsi dari asam sitrat itu sendiri adalah untuk menguatkan rasa dan mencegah kristalisasi gula.

Selain itu, asam sitrat juga berfungsi untuk mengkatalisasi hidrolisa sukrosa ke dalam bentuk gula selama penyimpanan dan juga sebagai penjernih gel yang dihasilkan. Banyaknya asam sitrat yang ditambahkan pada produksi permen berkisar antara 0,2 s/d 0,3%.

3. Membantu proses pengalengan

Pengalengan merupakan cara pengawetan makanan dalam wadah yang tertutup rapat lalu disterilkan dengan panas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya simpan produk. Adapun beberapa jenis makanan yang biasa dikalengkan adalah koktail, cincau, sop buah, sardines, dan lain-lain.

Senyawa ini juga dapat digunakan untuk membantu dalam proses pengalengan makanan, seperti pengalengan buah-buahan yang memiliki keasaman rendah.

Asam sitrat digunakan untuk meningkatkan ph yang terdapat pada makanan kaleng, sehingga dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan dapat membantu menghentikan perkembangan bakteri yang membahayakan bagi kesehatan.

4. Menggumpalkan susu pada proses pembuatan keju

Keju merupakan produk olahan susu yang telah banyak dikenal diseluruh dunia, dimana bahan dasarnya adalah susu. Salah satu jenis keju yang terkenal adalah keju mozarella, yang terkenal berasal dari italy yang memiliki sifat elastis, berserabut, dan lunak.

Salah satu bahan pendukung pembuatan keju tersebut adalah penambahan asam sitrat yang berfungsi untuk meningkatkan cita rasa keju. Selain itu, asam sitrat juga berfungsi untuk menggumpalkan susu dalam proses pembuatannya.

5. Bahan pembuatan kosmetik

Asam sitrat merupakan salah satu bahan sitrat yang umum digunakan dalam pembuatan kosmetik. Zat ini dapat digunakan untuk segala produk kosmetik termasuk untuk produk bayi, make up, lipstick, toner, pelembab, peeling. Fungsi dari asam sitrat sendiri adalah untuk mengatur keseimbangan (ph) asam / basa. Fungsi asam sitrat untuk kecantikan antara lain adalah :

  • Menghilangkan garis-garis halus
  • Menghilangkan keriput
  • Menghilangkan bekas luka
  • Membantu proses perubahan warna kulit
  • Menghapus sel-sel mati yang menyumbat pori-pori
  • Menghilangkan jerawat
  • Mengecilkan pori-pori
  • Melembutkan kulit
  • Melembabkan kulit

Sumber bahan kosmetik herbal lainnya:

6. Bahan pembuatan produk perawatan rambut

Shampo biasanya memiliki ph 5,5 untuk menyesuaikan dengan ph rambut.  Asam sitrat digunakan untuk menstabilkan ph tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek rambut terasa lebih halus dan mengkilap. Selain itu asam sitrat digunakan sebagai pembunuh bakteri yang tumbuh dikulit kepala. Contoh produk untuk rambut adalah sampo, konditioner, pewarna rambut, gel rambut / spray.

7. Mencegah pembentukan karang gigi

Karang gigi merupakan salah satu gangguan mulut yang sangat mengganngu, dimana gigi akan terlihat jelek. Kandungan asam sitrat pada pasta gigi berfungsi untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme yang tumbuh pada pasta gigi yang akhirnya akan berakibat pada timbulnya karang gigi.

8. Mencegah bau mulut

Memiliki bau nafas yag tidak sedap dapat menimbulkan rasa malu pada diri kita. Bau nafas atau halitosis biasanya disebabkan karena kondisi mulut yang tak sehat serta masalah pada lambung.

Cara yang tepat untuk hal itu terjadi biasanya adalah dengan rajin menggosok gigi serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, leci, apel, dan wortel yang terbukti kaya akan vitamin c. Selain itu lemon juga dapat menghilangkan masalah bau mulut/ nafas karena halitosis dan juga bau mulut yang disebabkan karena mengkonsumsi bawang. Kandungan asam sitrat pada lemon terbukti dapat membunuh bakteri yang berkembang di dalam mulut.

Baik untuk mencegah bau mulut:

9. Campuran Detergent

Detergen merupakan hasil kemajuan teknologi yang memanfaatkan bahan kimia hasil penyulingan minyak bumi dengan beberapa bahan kimia lain seperti fosfat, silikat, bahan pewarna, dan pelembut.

Asam sitrat sendiri berfungsi sebagai pengganti fosfor dalam detergen yang berbahaya bagi ekologi air. Selain itu asam sitrat dapat menghilangkan  noda / pelepas kotoran yang menempel pada bahan / kain.

10. Bahan pembersih kamar mandi / toilet

Selain manfaat-manfaat di atas, asam sitrat juga dapat digunakan untuk membersihkan toilet. Cara kerja zat ini adalah dengan cara mengikat mineral dalam toilet sehingga mudah untuk membersihkannya. Fungsi lainnya dari zat ini adalah untuk menghilangkan bakteri dan kotoran.

Oleh karena itu asam sitrat merupakan salah satu zat aktif yang digunakan sebagai bahan pembuat cairan pembersih toilet.

11. Digunakan pada proses produksi

Dalam industri makanan, asam sitart digunakan sebagai antioksidan untuk mempertahankan atau meningkatkan rasa dan aroma jus buah dan es krim. Sedangkan untuk industri farmasi, zat ini digunakan sebagai antioksidan untuk menjaga vitamin, effervescent, pH korektor, pengawet darah, atau dalam bentuk besi sitrat sebagai sumber zat besi bagi tubuh. Dalam industri kimia, asam sitrat digunakan sebagai bahan untuk melunakkan dan pengobatan tekstil.

12. Fungsi diuretik

Dalam ilmu kesehatan, asam sitrat berfungsi untuk memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati sehingga memaksimalkan proses detoks ( pengeluaran racun-racun) pada tubuh, misalnya melalui air kencing. Untuk itu ada baiknya jika kita sering-sering mengkonsumsi zat tersebut.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari asam citrat (citrid acid). Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.