11 Manfaat Jamur Merang untuk Kesehatan Manusia

manfaat jamur merangApakah Anda pernah tahu jamur merang? Banyak jenis jamur yang kita kenal, jamur shitake, jamur merang, jamur tiram, dll. Jamur bisa dimanfaatkan untuk bahan masakan. Banyak manfaat dari jamur salah satunya jamur merang, harga murah dengan banyak manfaat. Jamur sering digunakan untuk pengganti daging para vegetarian. Dalam ulasan ini kita akan memahami lebih dalam tentang manfaat jamur dari jenis jamur merang.

Kandungan Gizi Jamur merang

Jamur merang ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Sering di rekomendasikan untuk menjadi menu makanan pada saat diet. Berikut ini kandungan per 100 gramnya dari jamur merang.

Protein 5.94 %
karbohidrat 0,59 %
lemak 0,17 %
abu 1,14 %
serat 1,56 %
besi 1,9 mg
fosfor 17 mg
vitamin B-1 0,15 mg
vitamin B-2 0,75 mg
vitamin C 12,40 mg
Mineral tambahan asam folat, kalium dan tembaga.

Dengan kandungan yang sangat kompleks tersebut membuat jamur merang ini menjadi salah satu bahan menu makanan sehat yang baik bagi tubuh. Beberapa manfaat jamur merang bagi kesehatan antara lain:

1. Mengandung kolesterol rendah

Jamur merang mengandung banyak protein, tidak mengandung lemak jahat, dan kandungan karbohidrat yang rendah. Selain itu kandungan serat dan enzim pada jamur membantu melancarkan seistem pencernaan. Ditunjang dengan protein yang sehat, maka kandungan protein yang tinggi tersebut dapat membakar kolestrol di dalam sistem pencernaan.

2. Baik bagi penderita diabetes

Jamur mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes, jamur yang rendah lemak dan karbohidrat. Manfaat jamur merang baik untuk fungsi hati, pankreas dan kelenjar endokrinal lainnya sehingga dapat meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Kandungan antibiotik pada jamur baik menghindari infeksi akibat luka diabetes.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Jamur merang membantu menghindari pertumbuhan sel kanker pada payudara dan kanker prostat. Jamur mengandung beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi memiliki efek karsinogenik. Asam linoleat membantu menurunkan efek hormon estrogen. Kandungan hormon estrogen terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Beta-glukan akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Kandungan selenium pada jamur efektif menghambat sel kanker.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jamur mengandung ergothioneine yaitu antioksidan yang kuat dalam jamur dan efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan ini akan menghambat infeksi jamur, mikroba dll. Dapat membantu menyembuhkan borok atau luka berbisul. Kandungan yang baik seperti vitamin A, B kompleks dan C yang terdapat dalam jamur bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

5. Baik untuk diet

Manfaat Jamur merang bagi manusia tidak mengandung lemak yang baik untuk program diet, sehingga kandungan protein dalam makanan akan dimanfaat untuk membakar lemak. Serat yang banyak baik untuk pencernaan.

6. Baik untuk Masa Pertumbuhan

Kandungan protein jamur cukup tinggi. Protein digunakan untuk pertumbuhan. Dibandingkan dengan putih telur, jamur merang tidak mengandung lemak apalagi kolestrol sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi jamur merang di masa pertumbuhan akan membantu proses pertumbuhan secara maksimal.

7. Memperkuat tulang

Jamur mengandung kalsium yang tinggi. Selain kalsium juga ada vitamin D yang bahkan jamur merang ini memiliki kandungan vitamin D terbesar kedua setelah cod liver oil. Oleh sebab itu, kandungan kalsiun dan vitamin D yang tinggi tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang kita.

8. Mencegah Anemia

Kita membutuhkan zat besi untuk bahan pembuatan darah kita. Kekurangan zat besi akan menyebabkan kita kekurangan darah atau istilahnya adalah penyakit anemia. Manfaat jamur merang memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk membantu kita terhindar dari resiko anemia.

9. Baik untuk kesehatan jantung

Jamur merang memiliki kandungan mineral tambahan yang tinggi, salah satunya adalah kalium dan tembaga. Kita tahu bahwa tembaga memiliki sifat anti bakteri yang menjaga organ dalam kita terhindar dari serangan bakteri penyakit. Ditunjang dengan kalium yang tinggi yang ini sangat baik untuk menjaga fungsi pembuluh darah kita. Akibatnya jantung kita akan terjaga fungsi dengan baik.

10. Mengatasi radikal bebas

Selain flavonoid yang dikenal baik untuk mengatasi radikal bebas, selenium pun juga sama. Selenium yang ada di dalam kandungan jamur merang membantu kita untuk mengatasi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk seperti dari asap polusi, alkohol, makanan dengan lemak jahat, dan radiasi elektrmagnetik bisa menyebabkan penyakit serius.

11. Baik untuk para vegetarian

Jamur merang sangat baik untuk digunakan oleh para vegetarian yang tetap ingin mendapatkan kandungan seperti protein hewani. Perlu kita ketahui bahwa manfaat jamur merang memiliki kandungan protein yang setara dengan protein hewani. Sehingga sangat cocok bagi para vegetarian yang menghindari konsumsi makanan hewani.


Untuk mengolah jamur, pilihlah secara teliti jamur yang segar dan jangan sampai salah memilih jamur, karena jamur ada yang mengandung racun. Jamur memiliki bentuk dan bau yang hampir mirip jadi pilihlah dengan hati-hati.

  • Untuk jamur merang, sebelum dimasak bersihkan dari kotoran dan cuci.
  • Lalu direbus dengan air mendidih sekitar 5 menit.
  • Setelah keluar buih dan air kecoklatan serta berbau khas, buang airnya.
  • Bilas jamur dengan air dingin 2-3 kali. Lalu tiriskan.
  • Masak segera jamur jangan disimpan lama karena jamur akan layu dan busuk. Masak hingga matang.


Jamur ini memiliki nama ilmiah Agaricus umum. Jamur merang sendiri banyak sekali jenisnya dan memiliki nama spesies yang banyak, dari jenis-jenis ada yang bisa dimakan, namun ada juga yang beracun dan justru berbahaya jika dikonsumsi. Jamur merang sendiri dengan jenis umum memiliki banyak manfaat mengandung protein, vitamin dan mineral, asam amino, antioksidan hingga antibiotik alami.

Nama latin jamur merang adalah Volvariella volvacea atau sering disebut kulat jumpung dalam bahasa aceh. Persebaran budidaya jamur ini ada di daerah asia timur dan asia tenggara. Dibudayakan juga oleh bangsa tionghoa. Sering dikenal dengan nama mushroom karena dapat hidup di suhu 30-38 derajat selsius, optimal pada suhu 35 derajat selsius.

Budidaya jamur cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Tidak memerlukan lahan yang banyak. Banyak tutorial budidaya jamur. Jamur merang memiliki tubuh buah yang masih muda dan bentuk bulat seperti telur, warna coklat gelap dilindungi selubung. Jamur merang dewasa memiliki tudung yang berkembang seperti cangkir dengan warna coklat tua atau abu-abu. Baik dikonsumsi saat masih muda karena tudungnya belum terbuka.


Demikianlah manfaat jamur merang yang perlu kita ketahui. Jamur pun bisa dimasak dalam berbagai jensi makanan. Baik digoreng atau direbus. Dipadupadankan dengan berbaga sayuran pun tetap enak. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencoba menu baru dengan memasukkan bahan jamur merang ke dalamnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 26th, May 2015 / 09:19 Oleh :
Kategori : Sayuran