21 Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Mendengar kata jamu beras kencur pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Beras kencur dikenal sebagai jamu khas Jawa dengan perpaduan rasa manis dan asam serta bau kencur yang khas. Jamu beras kencur sangat mudah dijumpai. Jamu jenis ini juga sangat populer karena manfaatnya bagi tubuh. Masyarakat Indonesia mengkonsumsi dan memilih jamu beras kencur karena manfaat dan khasiat bagi tubuh sangat banyak. Jamu beras kencur dibuat dengan bahan- bahan alami pilihan yaitu kencur dan beras yang sudah direndam sebagai baham utama pembuatannya. Seringkali dalam jamu beras kencur juga ditambahkan gula merah sebagai pemanis.

artikel terkait:

Manfaat jamu beras kencur

Tahukah Anda apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:

  1. Mengatasi Jerawat Pada Kulit Wajah

Salah satu khasiat jamu beras kencur adalah mengatasi jerawat pada kulit wajah. Konsumsi jamu beras kencur dapat membantu mengatasi munculnya jerawat dan memberikan tampilan wajah menjadi lebih baik dan segar. Sebagaimana kita tahu bahwa jerawat seringkali muncul pada wanita yang memasuki masa puber. Oleh karena itu, konsumsi jamu beras kencur ini sangat bermanfaat untuk dikonsumsi.

 artikel terkait: manfaat kopi arang

  1. Membentuk Pinggang Menjadi Ramping

Jamu beras kencur ternyara dapat membantu membentuk pinggang menjadi lebih ramping. Konsumsi secara rutin dapat membuat pinggang lebih ramping, baik, dan singset.

  1. Menghilangkan Rasa Mulas

Rasa hangat dan pedas pada jamu beras kencur dipercaya mampu mengobati perut Anda yang sedang mengalami mulas.

artikel terkait: manfaat minum beras kencur

  1. Mengobati Batuk

Rasa hangat pada jamu beras kencur diketahui juga dapat menetralisir batuk dan juga rasa gatal pada tenggorokan saat Anda batuk. Jika Anda sedang mengalami batuk, konsumsi jamu beras kencur dapat membuat badan Anda menjadi lebih segar dan juga bugar.

  1. Melangsingkan Tubuh

Konsumsi jamu beras kencur dapat membuat badan Anda menjadi langsing secara alami. Jika Anda menginginkan tubuh langsing tanpa konsumsi obat- obatan, kandungan di dalam jamu beras kencur dapat membuat tubuh Anda menjadi ramping dan juga cantik.

artikel terkait: manfaat minum air garam

  1. Mengobati Masuk Angin

Rasa hangat pada beras kencur dipercaya dapat menghilangkan rasa mual saat Anda masuk angin. Apabila Anda mengalami masuk angin, disarankan untuk mengknsumsi jamu beras kencur. Beras kencur memiliki rasa hangat yang dapat digunakan untuk mengusir masuk angin.

  1. Menyegarkan Badan

Bagi Anda yang sering merasa lelah karena sering bekerja seharian, konsumsi jamu beras kencur dapat menghilangkan lelah dan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar. Beras kencur sangat baik dikonsumsi pada saat Anda sedang mengalami pegal ataupun lesu.

artikel terkait: manfaat minum air putih dipagi hari

  1. Meningkatkan Vitalitas

Beras kencur dapat dikonsumsi untuk meningkatkan vitalitas dan juga stamina. Oleh karena itu, konsumsi beras kencur sangat bermanfaat untuk dikonsumsi.

  1. Menghilangkan Pegal – Pegal

Konsumsi jamu beras kencur sangat baik untuk menghilangkan capek dan pegal. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan berat, konsumsi beras kencur secara teratur dapat menghilangkan rasa capek dan juga pegal. Kandungan zat analgesic sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh. Anda akan merasa lebih rileks dan santai.

artikel terkait: manfaat minuman lidah buaya

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Jamu beras kencur dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Jika Anda menginginkan nafsu makan agar meningkat, sangat cocok untuk mengkonsum jamu beras kencur ini. Kandungan minyak atsiri pada jamu beras kencur sangat bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B yang tinggi pada kencur sebagai penambah nafsu makan.

  1. Menebalkan Dinding Lambung

Konsumsi jamu beras kencur sangat baik pada penderita maag. Maag dapat menyebabkan pengikisan pada dinding lambung. Konsumsi jamu beras kencur ini dapat memberikan perlindungan terhadap dinding lambung Anda menjadi lebih tebal.

artikel terkait: manfaat minuman isotonik

  1. Beras Kencur Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Jamu beras kencur dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas. Polusi udara dan efek sinar matahari yang berlebihan dapat diminimalisir dengan konsumsi beras kencur secara rutin.

  1. Obat Sakit Kepala dan Migrain

Beras kencur sangat baik dimanfaatkan bagi Anda yang sering mengalami migrain. Beras kencur dapat dijadikan alternatif mengobati migrain karena aman untuk dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping. Saat ini di pasaran bisa dengan mudah ditemukan obat generik untuk mengobati migrain dan sakit kepala. Akan tetapi, penggunaan secara terus menerus harus diminimalisir karena dapat mempengaruhi organ yang lain.

artikel terkait: manfaat minum kopi hitam

  1. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol bisa dikontrol dengan peningkatan aliran empedu. Kencur memiliki kandungan yang dapat meningkatkan aliran empedu. Cairan empedu yang dialirkan berperan penting untuk mengontrol kelancaran penyerapan makanan yang ada dalam tubuh. Kadar kolesterol akan menurun jika makanan dapat terserap secara sempurna.

  1. Sebagai Analgesik

Zat analgesik adalah zat yang dapat meredakan nyeri dari berbagai macam penyakit. Konsumsi jamu beras kencur dapat menimbukan efek seperti zat analgesik.

artikel terkait: manfaat minum susu

  1. Melegakan Tenggorokan

Konsumsi jamu beras kencur juga dapat bermanfaat untuk menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan flu. Banyak sekali penyanyi yang mengkonsumsi jamu beras kencur sebelum tampil di panggung agar performa suaranya tetap terjaga.

  1. Meningkatkan Stamina

Bagi Anda yang bekerja sebagai pekerja kantoran atau aktivitas menumpuk, maka konsumsi jamu beras kencur dapat membantu menghilangkan lelah dan lesu. Konsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat membuat badan Anda menjadi lebih segar dan bugar. Untuk efek maksimal, Anda dapat meminumnya sebelum tidur.

artikel terkait: manfaat minum air dingin

  1. Sebagai Obat Pembengkakan

Ampas dari beras kencur dapat digunakan sebagai obat pembengkakan akibat benturan. Emulsi beras kencur dapat dilulurkan pada bagian yang bengkak. Hal ini dapat dilakukan pagi atau sore setelah mandi. Usahakan beras kencur tidak dilulurkan pada bagian yang terluka, melainkan hanya di sekitarnya saja. Secara perlahan, maka pembengkakan akan berangsur- angsur pulih.

  1. Mengatasi Inflamasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kencur mengandung pati, minyak atsiri (asam metil kanil, sineol, penta dekaan, etil ester, asam sinamat, borneol, paraeumain, kamphene, asam anisat, dan alkaloid) gom serta mineral. Kandungan minak atsiri pada kencur tersebut dapat berperan aktif dalam mengatasi inflamasi (peradangan).

 artikel terkait: manfaat rebusan daun sirih merah

  1. Menyembuhkan Bisul

Komponen kencur pada beras kencur dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul dan kutu air. Caranya adalah dengan menggosokkan pada daerah di sekitar bisul dan kutu air.

  1. Mengobati Keseleo

Seringkali seseorang mengalami keseleo atau terkilir balik pada pergelangan tangan atau kaki. Hal ini tentu akan mempengaruhi aktivitas keseharian Anda. Beberapa dari Anda mungkin akan mengatasinya dengan cara dipijat. Namun, tahukah Anda bahwa beras kencur dapat digunakan untuk mengobati keseleo? Caranya adalah dengan menumbuk beras dan kencur kemudian dilulurkan pada bagian yang keseleo.

artikel terkait: manfaat minuman lemon madu

Nah demikian ulasan mengenai manfaat beras kencur. Sangat banyak bukan? Anda tidak harus terus menerus membeli jamu beras kencur ini karena pembuatannya pun sangat mudah. Berikut cara meracik jamu beras kencur:

  1. Beras dicuci dua kali kemudian direndam 3 jam
  2. Siapkan panci lalu masukkan air bersih sebanyak 6 gelas. Rebus dengan api sedang.
  3. Masukkan bahan- bahan ke dalam rebusan air (asam jawa, kencur, kunyit, gula jawa, dan jahe). Semua bahan diaduk sampai rata dan mendidih.
  4. Setelah mendidih, pisahkan air dengan ampas jahe, kencur, dan kunyit dengan saringan.
  5. Tumbuk ampas dengan kencur dan beras hingga halus.
  6. Ampas yang sudah halus disiram dengan air rendaman yang sebelumnya sudah direbus.
  7. Selanjutnya potong jeruk nipis dan beri air perasan ke dalam jamu. Tambahkan juga garam secukupnya untuk menambah kenikmatan rasa.
  8. Jamu beras kencur siap untuk dinikmati

Sekian artikel yang dapat penulis sampaikan mengenaik manfaat jamu beras kencur. Semoga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter Anda apabila ingin mengkonsumsi secara rutin. Jangan lupa juga bahwa konsumsi secara terus menerus dapat memberikan efek samping terhadap ginjal aja. Harus seimbang ya dengan nutrien lain yang kita konsumsi!