5 Manfaat Minum Collagen Pada Kesehatan

Akhir-akhir ini kita seringkali mendengar kata collagen. Collagen biasanya dikaitkan pada kesehatan kulit. Sebenarnya collagen sendiri dapat ditemukan pada berbagai produk seperti  sabun, shampoo, body lotin, underarm cream dan lainnya. lalu apakah collagen itu? Collagen merupakan jaringan protein ikat yang setelah diteliti oleh para ahli collagen ini ditemukan pada tubuh mamalia termasuk manusia.

artikel terkait:

Collagen yang biasanya digunakan pada produk perawatan tubuh menggunakan collagen yang berasal dari hewan karena lebih aman dan terjangkau. Pada umumnya collagen ini aman digunakan oleh siapapun baik pria maupun wanita. Pada prdouk perawatan kulit, collagen ini termasuk yang menjadi wajib berada di dalamnya karena mampu meregenerasi sel kulit lebih optimal.

Manfaat minum collagen

Collagen tidak hanya dapat dibuat menjadi produk perawatan tubuh yang pemakaian luar saja namun juga bisa dikemas dalam bentuk makanan atau minuman. Makanan atau minuman yang mengandung collagen ini biasanya merupakan suplemen bagi kulit secara alami dna herbal. Secara umum jika minuman atau makanan yang mengandung collagen ini diolah dengan benar dan tanpa mengandung bahan kimia berbahaya maka collagen ini aman dikonsumsi. Berikut ini adalah manfaat dari collagen yang perlu anda ketahui:

  1. Menyehatakan otak

Zat glya merupakan zat yang menyplai kebutuhan nutrisi bagi otak dan zat glya ini membutuhkan collagen dalam proses kerjanya. Jika terjadi masalah pada jaringan collagen maka akan terjadi masalah juga pada kinerja otak sehingga otak menjadi lemas dan mudah lupa. Dengan meminum collagen menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko demensia dini.

artikel terkait: manfaat mengunyah permen karet

  1. Menyehatkan mata

Supaya mata dapat melakukan tugasnya dengan baik maka mata harus tetap lentur dan tidak kaku. Pada usia muda, mata masih lentur dan pandangannya sangat tajam karena di dalam kornea mata terdapat cairan collagen yang masih berlimpah. Seiring berjalannya waktu, collagen pun semakin berkurang dan hal ini menyebabkan mata kering dan menjadi kaku dan keras. Hal ini akan berpengaruh pada penglihatan yang semakin kabur.

Masalah tersebut harus segera diatasi karena jika tidak dapat merusak mata. Salah satu suplemen yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata selain suplemen vitamin A dan vitamin E adalah suplemen yang mengandung collagen tinggi. cara ini merupakan cara alami yang bisa membuat mata tetap sehat dan tajam.

artikel terkait: manfaat timun laut

  1. Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Jaringan collagen sangatlah penting bagi tubuh manusia termasuk pada organ rambut dan kuku. Kesehatan rambut dan kuku kerap kali terabaikan karena dianggap tidak terlalu penting padahal itu penting. Nutrisi collagen mampu menutrisi rambut dan kuku menjadi lebih sehat sehingga anda akan terhindar dari masalah rambut seperti rambut rontok, kusam dan bercabang. Manfaatnya pada kuku membuatnya lebih kuat dan mencegah munculnya bintik pada kuku.

artikel terkait: manfaat jengkol untuk diabetes melitusmanfaat teh campur madu


  1. Menyehatkan kulit

Manfaat collagen yang satu ini pastinya sudah sering anda dengar bukan? Collagen mampu membantu regenerasi sel kulit rusak dan membuatnya kembali sehat dan cerah sehingga dengan konsumsi collagen secara rutin akan membuat anda terhindar dari masalah tanda penuaan dini seperti keriput, bintik hitam dan garis halus. Selain itu collagen juga mampu mempercepat proses penyembuhan bekas luka.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam lambungmanfaat daun sukun untuk asam urat

  1. Mengatasi masalah sendi dan tulang

Manfaat lainnya dari collagen adalah mampu mengatasi masalah sendi dan tulang dan membuatnya menjadi kuat kembali. Kepadatan tulang akan lebih terjaga jika anda rutin mengonsumsi collagen.

artikel terkait: manfaat pisang untuk maagmanfaat susu amino

Itulah manfaat dari collagen yang bisa anda dapatkan. Jangan lupa untuk selalu memilih produk minuman collagen yang terpercaya dan sudah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM supaya produknya dijamin aman. Terima kasih dan semoga bermanfaat

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 03:24 Oleh :
Kategori : Kesehatan