7 Manfaat Tidak Minum Air Es Pada Kesehatan Tubuh

Panas-panas terik seperti saat ini enaknya minum yang dingin-dingin biar suegaarrr. Ahh. Pasti sudah kebayang ya segelas es yang dapat menyegarkan dahaga. Hmmm akan tetapi sebaiknya konsumsi es ini tidak sering-sering ya. Akan lebih baik apabila kita tidak meminum air es. Mengapa? Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari tidak konsumsi es. Penasaran? Berikut merupakan manfaatnya.

artikel terkait:

Manfaat tidak minum air es

1. Membuat tubuh menjadi nyaman

Dengan tidak mengkonsumsi air es, hal ini dapat membuat tubuh akan terasa lebih nyaman dalam proses pencernaan. Menurut konsep kedokteran pencernaan merupakan proses yang membutuhkan panas dan diperkuat dengan makanan maupun minuman hangat. Masuknya air es  yang dingin ke dalam tubuh ini dapat berpotensi memadamkan proses panas yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu saja hal tersebut dapat membuat tubuh tidak nyaman karena masuknya bahan makanan yang lebih rendah dari suhu tubuh maupun suhu kamar.

artikel terkait: manfaat air nira

2. Menghindari resiko perut buncit

Apakah Anda tahu? Manfaat lain dengan tidak mengkonsumsi air es adalah terhindar daru resiko perut buncit. Pada saat proses penghangatan, air es yang Anda konsumsi juga akan dihangatkan oleh bantalan-bantalan lemak yang terdapat pada perut. Apabila Anda sering mengkonsumsi air es maka diperlukan lebi banyak bantalan lemak tertimbun yang didapatkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

artikel terkait: manfaat biji jambu air

3. Menghindari perut kembung atau begah

Bagaimana bisa tidak mengkonsumsi air es dapat menghindarkan diri dari perut kembung? Tentu saja bisa. Konsumsi air es dapat membuat suhu tubuh menyesuaikan (atau sebaliknya) dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Air es yang kita minum ini akan mengubah irama kerja organ perut. Selanjutnya, selaput lendir lambung akan berkontraksi, perut otot menjadi kram,  enzim dan cairan lambung akan bereaksi terhadap suhu dingin dan ahinrya timbul gas yang menyebabkan perut kembung.

artikel terkait: manfaat air jeruk hangat

4. Menghindari gangguan metabolism setelah olahraga

Ada baiknya untuk tidak meminum air es setelah Anda berolahraga dikarenakan dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan terganggunya proses metabolism tubuh. Hal ini tentu saja akan menyebabkan pembuluh darah menyempit, aliran darah tidak lancar bahkan terdapat pengejangan otot sehinga menyebabkan kram atau kejang perut. Apabila hal ini terjadi pada otot jantung maka proses pemompan pembuluh darah dan sirkulasi darah dalam tubuh akan terganggu.

artikel terkait: manfaat mandi air panas

5. Menghindari resiko terkena pusing

Tidak mengkonsumsi air es dapat menghindari tubuh dari resiko terkena pusing. Tidak banyak yang tahu memang mengenai hal ini. Terganggunya metabolism tubuh yang diakibatkan oleh konsumsi air es dapat membuat syaraf pusat tidak siap menerima respon perubahan suhu tubuh dalam waktu yang cepat sehingga suplai oksigen dan zat lainnya mejadi berukurang. Hal ini membuat otak tidak mampu berdaptasi dengan cepat dan terasa pusing.

artikel terkait: manfaat air tajin

6. Menghindari rasa haus yang berlebih

Untuk mengatasi rasa haus, konsumsi air biasa lebih baik daripada air es. Konsumsi air es justru akan membuat perasaan haus lebih terasa. Apabila nafsu minum air es diteruskan maka akan membuat terjadinya ketidakseimbangan tubuh karena air dingin akan menyebabkan tubuh lebih cepat kehilanga cairan,

artikel terkait: manfaat air ajwa

7. Menghindari resiko terkena radang tenggorokan

Apakah Anda tahu bahwa meminum air es yang terlalu dingin dapat menyebabkan resiko terkena radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan air es yang terlalu dingin tersebut dapat menyebabkan munculnya lendir pada lapisan kerongkongan yang membuat saluran tenggorokan lebih mudah dan rentan terkena infeksi dan radang.

artikel terkait: manfaat daun jambu air untuk diabetesmanfaat air kunyit

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat tidak meminum air es. Meskipun terasa segar, namun ada baiknya ya apabila anda tidak meminumnya.