10 Manfaat Minum Jamu Temulawak

Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, yang merupakan salah satu tumbuhan yang banyak di gunakan untuk obat. Banyak terdapat di wilayah Jawa dan termasuk ke dalam suku temu – temuan. Kelebihan tanaman temulawak ini bisa hidup dengan baik pada daerah dengan dataran rendah hingga dataran tinggi. Manfaat temulawak sangat beragam sekali, mulai dari di olah menjadi jamu. Mengolah temulawak menjadi jamu menjadikan beragam manfaat karena kandungan di dalam temulawak. Adapun kandungan yang terdapat didalam temulawak adalah sebagai berikut ini :

  • Protein dimana manfaat protein adalah untuk memelihara sel – sel dalam tubuh agar terus melakukan regenerasi.
  • Karbohidrat yang mana manfaat karbohidrat bagi tubuh memiliki manfaat untuk sumber energi utama bagi tubuh dalam melakukan aktifitas sehari – hari.
  • Minyak atsiri dimana manfaat minyak atsiri adalah untuk membantu menurunkan demam yang kamu alami.
  • Kurkumin terdapat didalam kunyit dimana manfaat kunyit berguna untuk melindungi usus dari peradangan yang terjadi.

Nah, itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam temulawak.

Adapun manfaat dari jamu temulawak bagi kesehatan antara lain adalah sebagai berikut ini :

1.Mencegah kanker

Pertama manfaat dari jamu ini adalah dapat membantu mencegah kanker. Kanker merupakan pembelahan sel dalam tubuh yang tidak terkendali. Akibatnya melemahkan tubuh dan dapat mengakibatkan kematian. Kanker termasuk kedalam penyakit mematikan kedua setelah penyakit jantung. Adapun cara herbal untuk mencegah kanker lainnya dengan manfaat keladi tikus untuk kanker dan kesehatan.

2. Mengatasi sembelit

Selanjutnya jamu ini juga dapat diminum untuk mengatasi sembelit. Sembelit merupakan masalah yang sering ditemui jika tubuh kekurangan serat. Padahal manfaat serat adalah untuk melancarkan buang air besar. temulawak mengandung kurkumin sehingga baik untuk mengatasi sembelit.

3. Menurunkan kolesterol

Keuntungan lainnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat kolesterol bagi tubuh adalah untuk pembuatan hormon dan penyerapan lemak. Namun jika dalam jumlah berlebih kolesterol berubah membahayakan bagi tubuh. Untuk itu penting menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

4. Meningkatkan fungsi hati

Minum jamu temulawak secara rutin juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati. Hati merupakan salah satu organ tubuh terbesar yang ada. Fungsi hati bagi tubuh adalah membuang racun dalam tubuh, membersihkan darah, menguraikan hemoglobin dan menyimpan manfaat asam folat, manfaat zat besi dan vitamin.

5. Meningkatkan nafsu makan

Minum jamu temulawak juga efektif untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Minum jamu ini cocok untuk Anda yang merasa kehilangan nafsu makan. Nafsu makan penting untuk membuat Anda berselera untuk makan dan makan penting untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh. Terutama juga cocok untuk Anda yang ingin menambah berat badan.

6. Mengobati sakit asma

Manfaat minum jamu temulawak yang keenam adalah untuk mengobati sakit asma. Asma memiliki ciri – ciri sesaknya pernafasan secara tiba-tiba dan akan bertambah parah jika udara sedang dingin. Itu kenapa penderita asma harus selalu dalam pengawasan karena biasanya asma dapat muncul dengan tiba-tiba. Selain minum jamu temulawak ada beberapa obat herbal lainnya yaitu manfaat empedu ular dan manfaat semut jepang untuk asma.

7. Mengatasi rematik

Untuk para orang tua yang sudah lanjut usia minum jamu ini juga dapat untuk mengatasi rematik. Rematik ditandai dengan sakitnya persendian tulang tangan dan kaki sehingga sulit untuk di gerakkan. Mengatasi rematik ada baiknya menggunakan pengobatan herbal seperti manfaat sirsak untuk asam urat .

8. Mengobati batuk

Batuk biasa terjadi saat sistem kekebalan tubuh menurun, dimana faktornya karena tubuh mengalami panas terlebih dahulu. Setelah itu mulai flu dan batuk menyerang tubuh Anda pada saat musim hujan. Solusi batuk dapat diatasi dengan meminum jamu temulawak, karena jamu ini membantu menghangatkan badan dan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dengan ramuan herbal yang tidak memiliki efek samping sama sekali.

9. Sakit ginjal

Manfaat minum jamu temulawak yang kesembilan adalah untuk mencegah sakit ginjal. Organ ginjal dalam tubuh terdapat sepasang yang terletak pada sebelah kanan dan kiri pinggang. Sakit ginjal umumnya disebabkan karena infeksi, batu ginjal dan kurang minum air. Temulawak yang diolah menjadi jamu di percaya dapat mengatasi penyakit ini asalkan di minum secara teratur. Obat herbal lainnya untuk ginjal adalah manfaat daun kelor untuk ginjal, manfaat daun seledri untuk ginjal dan Manfaat peterseli untuk ginjal.

10. Mengurangi radang sendi

Terakhir manfaatnya adalah mengurangi radang sendi. Biasanya semakin meningkatnya umur sendi akan semakin rawan untuk mengalami peradangan. Untuk itu dibutuhkan asupan yang tepat yang berguna untuk mengurangi radang sendi ini. Selain mengonsumsi jamu temulawak kebutuhan tulang akan kalsium juga perlu di cukupi. kalsium banya terdapat didalam produk susu.

Nah, itulah beberapa manfaat dari minum jamu temulawak untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal