8 Manfaat Jamu Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh

Jamu, tentu kita sangat tahu sekali bahwa minuman ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Dan juga jamu ada berbagai macam bahan dan pengolahannya. Mulai dari jamu temulawak, jamu jahe dan juga jamu yang lainya. Tapi apakah anda tahu dengan jamu brotowali ? Sebelum menjelaskan apa itu jamu brotowali, tentunya para pembaca juga belum mengetahui apa itu brotowali ? brotowali adalah jenis tumbuhan yang sangat lebat daun, batang bahkan sampai akarnya. Namun tumbuhan brotowali ini memang sangat pahit dan tidak mungkin langsung dikonsumsi tanpa bahan pendukung lainnya.

Meskipun tumbuhan brotowali dikenal dengan tanaman yang pahit. Namun tumbuhan ini menyimpaan banyak manfaat untuk yang mengonkonsumsinya bahkan banyak yang rutin mengkonsumsi tumbuhan ini untuk pengobatan penyakitnya. Biasa tumbuhan brotowali diolah menjadi jamu.

Apa saja manfaat jamu brotowali ?

1. Dapat membantu pencernaan

Dengan mengkonsumsi jamu brotowali secara tidak langsung pencernaan tubuh kalian akan terasa sehat dan aman. Namun kebanyakan orang tidak ingin mengkonsumsi obat dari tanaman herbal alami karena berbagai alasan salah satunya karena tidak ada standarnya. Biasanya orang-orang diluar sana malah ingin yang instant dan pasti pasti saja seperti minum obat obatan warung yang sebenarnya belum tentu aman.

artikel yang terkait :

2. Bagi yang susah buang air besar ini solusinya

Sulit buang air besar memang menjengkelkan dan sangat menganggu bahkan menyiksa. Berbagai cara mungkin akan dilakukan mulai dari mengkonsumsi buah yang dapat melancarkan buang air besar seperti buah pepaya dan bahkan juga ada yang membeli obat pelancar buang air besar. Namun ada cara lain untuk dapat melancarkan buang air besar yaitu dengan mengkonsumsi jamu brotowali. Meskipun sangat pahit ketika dikonsumsi namun dalam jamu brotowali terkandung banyak vitamin seperti vitamin A dan C yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

artikel yang terkait :

3. Menambah nafsu makan

Kalo yang satu ini memang sudah pasti terbukti, sama seperti jamu yang lainya bahwa namanya jamu yang pahit seperti dicekok pada bayi tentunya akan membuat nafsu makan bagi yang mengkonsumsinya. Ternyata dalam jamu brotowali juga terkandung manfaat yang dapat menambah nafsu makan. Jadi tidak perlu membeli obat yang mahal untuk dapat menambah nafsu makan. Hanya dengan mengkonsumsi jamu brotowali tentunya gairaah untuk mengkonsumsi makanan akan bertambah.

artikel yang terkait :

4. Menyebuhkan obat luka

Ketika kita terluka pastinya akan langsung-langsung kedokter ya memang itu wajar. namun jika anda tidak mempunyai biaya mungkin bisa megikuti saran ini dengan mengkonsumsi jamu brotowali atau juga bisa dengan mengolah batang dari jamu brotowali untuk dapat dioles pada bagian yang terluka. Namun cara ini harus rutin dan sesering mungkin dilakukan. Jangan hanya mencoba 1 atau 2 kali karena nantinya tidak akan ada dampaknya. Lalu bagaimana cara nya jika ingin mengolah batang dari tumbuhan brotowali untuk dapat diolesi pada bagian yang terluka ?

  • Siapkan batang brotowali dan madu secukupnya sesuai kebutuhan
  • Cari batang yang tidak terlalu keras karena proses selanjutnya akan mengolah batang hingga menjadi lumer untuk nanti diolesi kebagian luka
  • Ulek batang nya hingga menjadi lumer dan tuangkan madu 3 – 4 sendok lalu aduk semuanya hingga menjadi mengental
  • Lalu oleskan pada bagian yang terluka. Cara ini terbilang sangat ampuh pada luka yang masih basah atau yang sudah kering.

artikel yang terkait :

5. Mengurangi rasa gatal

Rasa gatal terkadang sangat menggangu aktivitas seseorang. Rasa gatal mungkin banyak disebabkan oleh banyak faktor mulai dari terkena binatang, dan dari lingkungan yang kotor. Mengatasi rasa gatal memang sangat mudah dilakukan. Namun tidak ada salahnya mencoba batang dari tumbuhan brotowali. Caranya :

  • Siap kan batang tumbuhan brotowali yang sudah bersih
  • Rebus air hingga menggolak dan masukan batang brotowali
  • Tunggu hingga 5 – 7 menit tidak perlu lama lama
  • Rebusan air nya dapat mengobati rasa gatal gatal

artikel yang terkait :

6. Dapat dijadikan obat malaria

Penyakit malaria adalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan dan biasanya penyakit ini datang musiman dan tidak ada yang mengetahuinya. Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor antara lain :  nyamuk, lingkungan yang kotor dan pola makan. Namun ada cara alam untuk mencegah dan mengobati penyakit malaria ini yaitu dengan mengkonsumsi jamu brotowali. Meksipun rasanya yang pahit namun untuk penyembuhan penyakit segala cara pasti akan dilakukan salah satu nya dengan mengkonsumsi rutin dan terjadwal jamu brotowali.

artikel yang terkait :

7. Mencegah kanker

Dua penyakit diatas bukanlah penyakit ringan. Namun termasuk dalam penyakit yang berbahaya. Kanker adalah penyakt yang dapat menular dengan cepat baik keorgan tubuh yang lainya. Atau juga menular kepada orang lain. Namun biasanya orang tidak mau ambil repot hanya dengan melakukan operasi saja mungkin penyakit kankernya akan hilang. Namun cara ini sangat tidak dianjurkan karena operasi berhubungan dengan hidup dan mati. Solusi nya bagaimana ? dengan mengkonsumsi jamu brotowali secara rutin pasti akan mengurangi dan bahkan bisa menyebuhkan penyakit kanker. Namun balik lagi karena jamu brotowali adalah jamu dari tumbuhan yang mungkin akan merasakan pahit yang luar biasa.

artikel yang terkait :

8. Mengobati hepatitis

Penyakit ini juga merupakan penyakit yang tergolong berbaya karena penyakit ini secara tidak langsung akan membunuh kita secara perlahan. Menakutkan bukan namun jangan khawatir mungkin dengan cara mengkonsumsi jamu brotowali akan bisa mengobati penyakit hepatitis karena jamu brotowali adalah jamu dari jenis tumbuhan yang terpilih yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

artikel yang terkait :

Bagaimana cara membuat jamu brotowali ?

  • Siapkan daun dan batang jamu brotowali dan madu atau susu
  • Rebus air hingga mendidih, masukan daun dan batang
  • Angkat daun dan batang lalu tuangkan air kedalam gelas
  • Campurkan air rebusan tadi dengan madu atau susu yang sudah disiapkan. Sesuai dengan keinginan sendiri

Mungkin dari artikel diatas kita dapat mengkonsumsi jamu brotowali walapun pahit namun kayak akan manfaat.