27 Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan Tubuh

Ketika berbicara dengan jamur,beberapaorang akan berfikir bahwa jamur adalah jenis penyakityang dapat menyerang manusia. Dan mungkin juga akan befikiran bahwa jamur merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung racun. Padahal, sebenarnya tidak semua jamur adalah penyakit dan mengandung racun. Contohnya adalah jamur kuping. Jamur kuping merupakan jenis jamur yang makroskopis, atau bisa dilihat yang aman untuk dikonsumsi. Jamur kuping banyak dimanfaatkan sebagai sayur, untuk bahan tumis maupun bahan digunakan untuk campuran sup. Berbeda dengan jamur merang, jamur kuping cenderung memiliki warna yang gelap yakni coklat tua dan bentuk yang kenyal.

Kandungan Nutrisi Jamur Kuping

Jamur kuping memang memiliki warna yang gelap, dan tekstur yang kenyal, tetapi dalam keadaan segar. Sebaliknya, dalam keadaan kering jamur kuping dapat mengeras. Jamur kuping termasuk dalam jenis jamur atau fungi yang aman dikonsumsi. Jamur dengan nama latin Auricularia auricula ini tidak hanya aman untuk dikonsumsi, akan tetapi juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jamur kuping mengandung berbagai nutrisi di dalamnya,diantaranya lemak, protein, serat, karbohidrat, abu, energi, vitamin B, vitamin C, dan juga mineral. Berbagai mineral yang terkandung di dalam jamur kuping juga sangatlah beragam, seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, natrium, fosfor, seng, tembaga, mangan dan juga selenium. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam jamur kuping tersebut dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan.

artikel terkait:

Manfaat Jamur Kuping

Dari beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam jamur kuping tersebut, jamur kuping memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat jamur kuping untuk kesehatan diantaranya:

  1. Menangkal Racun Di Dalam Tubuh

Bentuk jamur kuping yakni sama seperti jamur pada umumnya, dan memiliki tekstur yang kenyal, serta menghasilkan lendir. Lendir pada jamur kuping dihasilkan dari jamur kuping yang dipanaskan. Lendir dari jamur kuping ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi racun dari dalam tubuh, serta menangkan masuknya racun yang disebabkan karena terbawa makanan yang masuk ke dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat jamur grigit

  1. Membantu Menurunkan Panas

Apabila mengalami demam, atau tubuh sangat panas, tidak harus selalu mengkonsumsi obat kimia. Karena sebenarya banyak jenis tanaman yang dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan yakni jamur kuping. Mengkonsumsi jamur kuping dipercaya dapat membantu menurunkan panas akibat demam, maupu penyebab yang lain.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral dalam jamur kuping, seperti kandungan kalsium di dalam kuping sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya menjaga kepadatan tulang agar tidak keropos, kalsium dalam jamur kuping memiliki manfaat yang lainnya. kalsium ini dapat bekerja untuk menjaga dan membentuk struktur tulang, sejak masa pertumbuhan.

artikel terkait: manfaat jamur tempe

  1. Meningkatkan Tinggi Badan

Mengkonsumsi jamur kuping tidak hanya membantu mengandung kalsium yang dapat menjaga kepadatan tulang saja. Akan tetapi juga dapat menambah tinggi badan, karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang, dibantu dengan vitamin D di dalamnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi jamur kuping dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung. Kandungan nutrisi dalam jamur kuping dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga aliran darah ke jantung menjadi lancar dan terhindar dari risiko terkena serangan jantung.

artikel terkait; manfaat jamur sawit


  1. Menjaga Kesehatan Liver

Hati merupakan organ yang sangat vital, karena di dalam hati semua racun di dalam tubuh akan dinetralkan agar tidak membahayakan tubuh. Agar kerja organ hati tidak berat, mengkonsumsi jamur kuping dapat dijadikan salah satu cara untuk membantu proses detoksifikasi pada organ hati.

  1. Melancarkan Sirkulasi Udara

Tidak hanya untuk dihirup, udara, terlebih oksigen juga sangat diperlukan oleh tubuh. Kekurangan oksigen dan peredaran oksigen yang tidak lancar dapat menyebabkan tubuh lesu dan kurang konsentrasi. Untuk membantu melancarkan sirkulasi udara dalam tubuh, diperlukan nutrisi seperti yang terkandung dalam jamur kuping.

artikel terkait: toko obat herbal mulai menjamur di indonesia

  1. Mencegah Anemia

Tidak hanya sirkulasi oksigen yang kurang lancar, kekurangan darah, atau disebut dengan anemia juga dapat mempengaruhi tubuh. Tubuh akan lemas dan mudah lelah, serta tidak bertenaga. Untuk mengatasinya, penderita anemia dapat mengkonsumsi jamur kuping, karena jamur kuping jugamengandung zat besi yang juga bermanfaat untuk menambah darah.

  1. Menjaga Fungsi Syaraf

Syaraf juga perlu dijaga kesehatannya, karena syaraflah yang menyampaikan informasi kepada seluruh tubuh dari perintah otak. Menjaga kesehatan syaraf dapat dilakukan dengan memberikan asupan kalsium yang cukup, seperti memberikan jamur kuping karena kandungan kalsium di dalamnya.

artikel terkait: manfaat jamur kombucha

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Jamur kuping memiliki ekstrak poli sakarida di dalamnya. Ekstrak polisakarida yang terkandung di dalam jamur kuping ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit alzheimer yang biasanya diderita oleh kamun lansia. Ekstrak poli sakarida dalam jamur kuping menghambat enzim kunci, sehingga lensia dapat terhindar dari alzheimer.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tidak hanya untuk mencegah penyait alzheimer, polisakarida yang terkandung di dalam jamur kuping juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Selain menurunkan kolesterol jahat, poli sakarida dalam jamur kuping dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat jamur kuping hitam putih

  1. Mencegah Peradangan

Peradangan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh dapat menyebabkan rasanyeri. Untuk mencegahnya, selain menggunakan obat kimia dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki sifat anti inflamasi seperti jamur kuping.

  1. Mengatasi Stroke

Kemampuan menurunkan kadar kolesterol oleh jamur kuping dengan ekstrak polisakaridanya juga dapat membantu mengatasi penyakit stroke. Dengan mengkonsumsi jamur kuping, kolesterol jahat tidak akan menumpuk pada pembuluh darah.

artikel terkait: manfaat jamur kuping

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jamur kuping dikenal sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dalam darah, tidak hanya dapat mengatasi stroke, jamur kuping juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mencegah Diabetes

Selain menurunkan kolesterol dalam tubuh, jamur kuping juga dpat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan turunnya kadar gula darah dalam tubuh, maka, tubuh akan terhindar dari penyakit diabetes.

artikel terkait: manfaat jamur merang

  1. Mengatasi Aterosklerosis

Tidak hanya menurunkan kolesterol dan juga mengatasi stroke, kandungan dalam jamur kuping dapat membantu mencegah penyumbatan pada aliran darah yang diakibatkan oleh kolesterol, yang dapat mengakibatkan penyakit aterosklerosis.

  1. Mencegah Terjadinya Iritasi

Iritasi yang terjadi pada beberapa bagian tubuh, terlebih pada saluran lendir dapat diatasi dengan mengkonsumsi jamur kuping.

artikel terkait: manfaat jamur zygomycota

  1. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam jamur kuping, terdapat kandungan vitamin B2 yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh agar terhindar dari radikal bebas.

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker

Penyakit kanker dapat terjadi karena kebiasaan yang kurang sehat dan juga lingkungan yang kotor. Masih banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari obat kanker yang efektif untuk menyembuhkan penyakit kanker, akan tetapi diketahui bahwa, mengkonsumsi jamur kuping juga dapat membantu mengatasi penyakit kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker.

artikel terkait: manfaat jamur

  1. Menjaga KesehatanMata

Kesehatan mata tidak hanya dapat dijaga dengan vitamin A saja, akan tetapi, ribovlavin dalam vitamin B juga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Mencegah Terjadinya Asam Urat

Asam urat dulunya dikenal sebagai penyakit yang dapat menyerang orang yang sudah lanjut usia. Namun, beberapa tahun terakhir ini diketahui bahwa banyak juga kaum muda yang mengalami asam urat. Mencegah hal tersebut terjadi, cara mengatasinya dapat dengan mengkonsumsi jamurkuping.

artikel terkait: manfaat taaman okra


  1. Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Jamur kuping memiliki bentuk yang kenyal. Dibalik kekenyalan pada jamur kuping, terdapat lendir di dalamnya yang dapat membantu untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Kandungan pektin di dalam lendir tersebut dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Semua organ tubuh memerlukan darah, aliran darah yang lancar akan membantu kerja organ tubuh agar dapat bekerja dengan lancar. Dengan mengkonsumsi jamur kuping, aliran darah dalam tubuh dapat beredar dengan lancar.

artikel terkait: manfaat tanaman kumis kucing

  1. Mempercepat Proses Pembekuan Darah

Zat besi yang terkandung di dalam jamur kuping, tidak hanya dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Akan tetapi, zat besi ini dapat membantu juga dalam proses pembekuan darah. Hal ini sangat bermanfaat ketika terkena luka, terutama penderita hemophilia, sehingga tidak kehilangan banyak darah.

  1. Mengatasi Ambeien

Ambeien dapat berkembang dan membesar. Untuk mengatasinya selain menggunakan obat wasir, dapat juga dilakukan dengan mengkonsumsi bahan alami seperti jamur kuping.

artikel terkait: manfaat yakult untuk balita

  1. Mencegah Sembelit

Kandungan lain yang ada di dalam jamur kuping yakni serat. Serat dalam jamur kuping tergolong tinggi. Dengan tingginya kandungan serat dalam jamur kuping dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

  1. Menyembuhkan Luka Bakar

Lendir yang terkandung di dalam jamur kuping dapat membantu menyembuhkan luka bakar dengan mempercepat proses pengeringan pada luka dan regenerasi sel kulit. Sehingga sel kulit yang rusak akibat terbakar dapat disembuhkan.

Meskipun tergolong dalam jamur, yang konon katanya beberapa jenisnya beracun, akan tetapi jamur kuping memiliki berbagai kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan dan mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan yang dialami. Agar tidak bosan mengkonsumsinya, berbagai olahan jamur kuping dapat dikreasikan agar tidak bosan mengkonsumsinya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 29th, June 2017 / 06:59 Oleh :
Kategori : Sayuran