10 Manfaat Ikan Kutuk untuk Kesehatan

Ikan kutuk atau lebih di kenal di masyarakat luas dengan nama ikan gabus. Nama latin dari ikan kutuk ini adalah channa straita. Ikan yang banyak berkembang biak di negara Indonesia ini hidup di perairan yang tenang dan tidak memiliki arus yang deras. Ikan gabus banyak di jadikan salah satu makanan favorit karena rasa ikannya yang nikmat untuk di goreng ataupun di gulai.

Ternyata, di balik rasanya yang nikmat dan lezat itu ikan ini juga mengandung senyawa yang baik di bidang kesehatan. Artinya dengan mengkonsumsi ikan kutuk ini anda juga akan merasakan manfaat dari ikan kutuk. Kandungan dari ikan ini yang paling banyak adalah albumin. Albumin merupakan sejenis protein yang memiliki kandungan sebanyak 60 % dari total plasma protein dalam tubuh manusia.

Kandungan Ikan Kutuk

Kandungan ikan ini cocok diberikan untuk semua usia mulai dari anak-anak, ibu muda dan ibu hamil. Untuk ibu hamil ikan kutuk ini cocok di konsumsi sebagai salah satu syarat pemenuhan gizi bagi janin dalam perutnya untuk protein. Sebagai mana kita ketahui protein baik bagi kesehatan untuk memperbarui dan juga meningkatkan sel – sel tubuh menjadi lebih baik.

Protein di perlukan bagi tubuh manusia hampir sama dengan kebutuhan akan karbohidrat. Karena itu kekurangan protein dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam gejala penyakit yang menyerang tubuh. Ciri – ciri dari kekurangan protein dalam tubuh adalah massa otot tubuh yang berkurang dan juga bagia – bagian tubuh menjadi kecil hanya bagian perut yang terlihat membesar seperti buncit.

Berikut ini penjelasan dari manfaat ikan kutuk di dunia kesehatan :

1. Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau lebih di kenal dengan istilah kencing manis. Penyakit ini di sebabkan karena kurangnya hormon insulin karena tubuh tidak bisa memanfaatkan insulin yang ada. Kencing manis ini merupakan penyakit yang bisa di turunkan dari riwayat keluarga yang mengindap penyakit ini sebelumnya. Komplikasi karena penyakit kencing manis ini bisa di perparah dengan kerusakan ginjal, kelumpuhan bahkan kematian. Salah satu manfaat dari ikan kutuk adalah untuk mengobati penyakit diabetes melitus dan juga melakukan pencegahan untuk penyakit ini. Jadi tidak masalah jika anda rajin menjadikannya sebagai menu makanan harian untuk memberikan kesehatan pada tubuh anda.

Artikel terkait :

2. Penyakit ginjal

Ginjal berjumlah sepasang dengan ukuran yang kecil, fungsi organ kecil ini bagi tubuh sangatlah banyak salah satunya adalah untuk menyaring zat – zat yang tidak berguna bagi tubuh. Ginjal manusia terletak di bawah tulang rusuk. Banyak faktor yang dapat memicu kerusakan pada ginjal terutama dehidrasi. Karena itu baya para ahli yang mengharuskan manusia minum sebanyak delapan gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi. Jumlah ini tidak harus jadi patokan karena aktivitas setia orang berbeda – beda maka dapat di sesuaikan dengan kondisi tubuh saja. Manfaat ikan kutuk yang kedua adalah untuk mencegah dan juga sekaligus mengobati penyakit ginjal pada tubuh.

Artikel terkait :

3. Stroke

Manfaat ikan dari kutuk yang ketiga adalah untuk mengobati penyakit stroke. Stroke merupakan suatu penyakit yang terjadi secara tiba – tiba yang kemudian mengakibatkan pembuluh darah yang ada di otak mengalami pecah. Jika stroke ringan bisa saja sebagian anggota tubuh mengalami kelumpuhan dalam waktu yang lama dan kadang secara permanen susah untuk sembuh. Yang lebih parah lagi kadang bisa menyebabkan kematian.

Artikel terkait :

4. Hepatitis

Hepatitis dapat terjasi karena hati yang mengalami infeksi dapat disebabkan karena keracunan dari obat – obatan yang berasal dari bahan kimia. Hepatitis memiliki banyak jenis sesuai dengan kadar akibat dari penyakit tersebut. Jika terserang penyakit ini maka beberapa bagian tubuh akan terlihat menguning. Bagian tubuh yang terlihat menguning secara jelas adalah telapak tangan dan juga mata. Hepatitis ini dapat di sembuhkan dengan manfaat ika gabus jadi anda dapat mengonsumsinya sehari – hari.

Artikel terkait :

5. Penyembuhan pasca operasi

Dalam masa penyembuhan sehabis operasi juga dapat menjadikan ikan kutuk ini sebagai pelengkap makan nasi anda karena tidak hanya dagingnya yang enak tapi juga menyehatkan tubuh sehabis menjalani operasi. Untuk ibu ibu yang hamil dan melahirkan dengan operasi sesar sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ika gabus ini. Ikan kutuk juga mudah di cari terutama di pasar – pasar tradisonal, jadi tidak perlu terlalu cemas untuk mendapatkan ika gabus yang sehat ini bagi tubuh.

Artikel terkait :

6. Autis

Autis merupakan salah satu kelainan karena perkembangan saraf pada anak. Gejala dari penyakit autis ini sudah dapat di lihat oleh orang tua saat anak berusia enam bulan. Autis yang dapat di tangani sejak dini biasanya bisa dilanjutkan untuk mengenyam bangku pendidikan normal seperti anak lainnya. Beda hal jika autis ini tidak di tangani secara cepat justru akan memperparah kondisi anak. Autis terjadi secara hereditas dan lebih banyak di jumpai pada anak berjenis kelamin laki – laki. Ikan kutuk memiliki manfaat untuk mejadi salah satu terapi penyembuhan autis.

Artikel terkait :

7. Memperbaiki Gizi buruk

Gizi yang buruk pada masa pertumbuhan dapat mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi perkembangan anak kedepannya. Untuk itu para orang tua di harapkan dapat memberikan gizi yang baik bagi anak – anak mereka. Gizi yang baik terdapat salah satunya pada ikan kutuk. Ikan ini mengandung kadar protein yang sangat di butuhkan di masa pertumbuhan lebih tinggi di bandingkan dengan makanan – makanan lain yang juga memiliki sejumlah protein. Jadi ikan ini cocok sebagai salah satu pilihan untuk memperbaiki gizi buruk. Dewasa ini perhatian pemerintah terhadap anak – anak dengan gizi buruk sudah mulai bagus. Jadi untuk memperbaiki gizi buruk tidak hanya mengandalkan keluarga kecil saja tetapi juga semua kalangan yang merasa peduli terhadapt anak – anak penerus generasi masa depan.

Artikel terkait :

8. Tipus

Gejala penyakit yang satu ini kadang tidak terlalu terlihat sehingga tidak terasa tapi jika sudah sampai kondisi terparah bisa menyebabkan pingsang. Tipus dapat terjadi karena tubuh yang kelelahan di paksa tetap bekerja sehingga daya tahan tubuh terhadap serangan virus dari luar melemah. Untuk itu banyak orang – orang yang terkena penyakit tipus. Jika sudah menyerang penyakit ini memerlukan perawatan oleh tenaga medis agar pasien istirahat total selama beberapa hari agar bisa sehat kembali. Tipus juga dapat di sembuhkan dengan mengonsumsi ikan gabus  ini selama sakit. (Baca juga : Manfaat buah naga untuk tifus)

9. Patah tulang

Manfaat yang lain yang di berikan oleh ikan kutuk ini adalah patah tulang. Patah tulang dapat terjadi karena jatuh dari motor atau anda mengalami kecelakaan. Untuk menyambungkan kembali tulang rawan anda dapat mengonsumsi ikan kutuk karena kandungan albumin yang bermanfaat untuk penderita patah tulang.

10. Paru – paru

Penyakit paru – paru dapat terjadi karena virus yang menyerang paru – paru. Organ paling vital bagi kehidupan manusia ini berfungsi untuk jalan pernafasan untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida.

Artikel terkait :

Jadi itulah manfaat yang di berikan dengan rajin mengonsumsi ikan kutuk sebagai sambal pelengkap makan nasi sehari – hari.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 11th, August 2016 / 05:05 Oleh :
Kategori : Daging