10 Manfaat Remis untuk Kesehatan

Remis merupakan salah satu jenis kerang-kerangan yang cukup digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Remis memiliiki kandungan gizi yang mirip seperti kerang, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Remis dapat diolah menjadi berbagaui macam masakan, mirip juga seperti kerang.

manfaat remisNamun, ada juga mereka yang tidak suka dengan remis, karena terbilang amis dan jga kadang kadang juga berbau. Beberapa gosip juga beredar bahwa remis merupakan salah satu bahan konsumsi yang beracun, sehingga banyak orang yang menghindarinya. Namun ada jenis remis tidak beracun, meskipun ada beberapa orang yang alergi terhadap remis. Selain tidak beracun, remis juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat penting loh untuk kesehatan.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, remis memang memiliki manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari remis? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari remis :

1. Sebagai bahan utama pembuatan aneka masakan

Ada beberapa masakan yang menggunakan bahan utama remis sebagai bahan baku utamanya. Biasanya, remis dimanfaatkan untuk masakan tumis-tumisan, ataupun dibuat menjadi sup. Biasanya olahan dari remis ini memiliki rasa gurih, segar dan juga pedas yang sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat.

2. Memberikan energi

Manfaat remis untuk kesehatan memiliki kalori yang tinggi. Kira-kira 3 ons remis memiliki kandungan kalori sebanyak kurang lebih 145 hingga 150 kalori. Ini merupakan salah satu sumber energi yang cukup tinggi terutama ketika dikonsumsi sebagai lauk pauk saja.

Selain itu, olahan remis seperti sup dapat memberikan energi yang lebih banyak lagi meskipun dimakan tanpa menggunakan nasi. Dengan kandungan gizinya yang banyak dan juga tinggi, remis sangat baik dan juga efektif bagi yang sedang menjalani program diet.

3. Memiliki kandungan protein yang tinggi

Manfaat remis memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein merupakan zat yang sangat baik dan juga penting bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein yang terkandung pada remis :

  • Untuk mengikat lemak
  • Dapat memberikan energi pada tubuh
  • Menambah stamina dan tenaga untuk beraktivitas
  • Baik untuk pertumbuhan dan juga penambahan massa otot

4. Baik untuk menjaga kesehatan tubuh

Remis memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan juga mineral yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi remis secara teratur, maka kesehatan tubuh kita akan terjaga dengan baik. Hal ni sangat penting pula untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti batuk, flu dan juga demam.

5. Kaya akan kandungan selenium

Remis meupakan salah satu sumber selenium yang cukup tinggi. Selenium merupakan salah satu zat atau senyawa yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, meskipun kadar selenium yang diperlukan tubuh tidak banyak. Apa saja manfaat dari selenium bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah beberapa manfaat selenium bagi kesehatan tubuh :

  • Antioksidan dan menangkal radikal bebas
  • Baik untuk produksi sperma
  • Mampu mengontrol gejala lupus
  • Mencegah kanker
  • Menjaga sistem kardiovaskular
  • Mencegah katarak
  • Mencegah infeksi dari jenis virus
  • Mengurangi ketombe
  • Mencegah penuaan dini
  • Menjaga kekebalan dan ketahanan tubuh
  • Baik untuk mengontrol proses reproduksi
  • Anti inflamasi
  • Menjaga kesehatan otak

6. Baik untuk kesehatan mata

Ternyata manfaat remis untuk kesehatan juga memiliki kandungan vitamin A. kandungan vitamin A yang tinggi yang ada pada remis ini tentu saja akan sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada pada remis ini dapat mencegah munculnya gangguan kesehatan pada mata, seperti katarak, rabun ayam, rabun jauh dan juga rabun dekat.

7. Membantu memperlancar peredaran darah

Kandungan zat besi yang terkandung dalam remis memiliki manfaat yang sangat penting untuk memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar ini akan sangat membantu untuk mengoptimalkan suplai darah ke seluruh organ vital di dalam tubuh.

Selain itu, lancarnya peredaran darah ini juga dapat membantu anda dalam menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

8. Memproduksi sel darah merah

Remis dinilai sangat baik untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya gejala anemia. Anemia merupakan gejala kekurangan darah di dalam tubuh. Zat besi merupakan salah satu senyawa yang penting dalam proses pembentukan darah, sehingga remis menjadi sangat penting bagi anda yang sering mengalami berbagai macam gejala anemia.

Berikut ini adalah beberapa gejala anemia yang sering muncul :

  • Mudah merasa lelah
  • Sering lesu dan lemas
  • Mudah terserang penyakit
  • Sering tidak bersemangat dalam beraktivitas

9. Menyegarkan tubuh

Manfaat remis yang diolah menjadi sup dengan dapat berguna untuk menyegarkan tubuh. Biasanya remis yang sudah diolah menjadi sup ditambahkan berbagai jenis rempah-rempah yang menyegarkan dan juga dapat menghangatkan tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh anda menjadi lebih bersemangat dan juga stamina anda akan kembali seperti semula untuk melanjutkan aktivitas anda selanjutnya.

10. Menyembuhkan hepatitis (liver)

Satu lagi manfaat terpenting dari remis yang paling penting dan paling sering dicari oleh banyak orang adalah remis mampu untuk mengobati sakit kuning atau hepatitis. Sakit kuning atau hepatitis ini merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena menyangkut fungsi detoksifikasi dan penetralisir racun yang biasa dilakukan oleh organ hati.

Manfaat remis untuk liver dapat diobati dengan cukup meminum air hasil rebusan dari remis yang sudah dibumbui dengan garam, gula dan juga kunyit.

Itulah beberapa manfaat penting dari remis yang perlu diketahui. Meskipun ada beberapa orang yang tidak suka dengan remis, namun ternyata remis ini memiliki banyak sekali manfaat bukan? Demikianlah artikel mengenai manfaat dari remis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan