4 Manfaat Ilmu Fisika dalam Segala Bidang

Ilmu fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam semesta. Bidang ilmu fisika ini telah lama ada dan bermanfaat diberbagai bidang kehidupan. Nama dari fisika sendiri memiliki arti yakni alam. Jadi pengertian fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala alam. Seperti bagaimana cara  rotasi bumi hingga menyebabkan siang dan malam, bagaimana hujan turun dan memajukan perkembangan teknologi. Teknologi saat sekarang berguna untuk memudahkan segala macam bentuk aktifitas manusia. Mulai dari  memudahkan jarak dari jauh namun terasa dekat dan juga memudahkan komunikasi tanpa terkendala jarak yang berarti. Ilmu fisika sudah diajarkan dari sejak sekolah menengah atas hingga perkuliahan. Bedanya ilmu fisika yang diajarkan oleh di sekolah menengah atas hanya dasar-dasar dari ilmu fisika saja. Sedangkan jurusan ilmu fisika di perkuliahan lebih mendalami hingga secara rinci. Itu sebabnya bagi Anda yang berminat dengan ilmu fisika dapat memilih jurusan yang berhubungan dengan fisika. (Baca juga : Manfaat mempelajari ilmu pengetahuan alam, Manfaat mempelajari ilmu kimia)

Ilmu fisika banyak dimanfaatkan di berbagai bidang dan cocok diaplikasikan di ilmu teknologi, biologi, kimia dan pendidikan. Berikut ini manfaat dari ilmu fisika dalam segala bidang :

1.Penelitian terbaru

Manfaat dari ilmu fisika dalam berbagai disiplin ilmu adalah untuk bidang penelitian. Saat sekarang ini penelitian tetap berlanjut untuk memudahkan kehidupan dan juga menyempurnakan penemuan-penemuan sehingga lebih sempurna untuk di aplikasikan dalam kehidupan ini. Penelitian banya menggunakan ilmu fisika dalam prosesnya. Itu kenapa ilmu fisika sangat bermanfaat dan tidak semua orang dapat memahami ilmu fisika karena banyaknya rumus yang dipelajari. Penelitian terbaru yang berlanjut dan dibuat baru sangat penting dalam aspek kehidupan sekarang yang jika diteliti memerlukan banyak kemudahan karena persaingan yang cepat dan tingi saat sekarang.

Artikel terkait :

2. Menemukan virus baru

Virus adalah sel-sel yang membawa penyakit dan ada juga yang bersifat menyembuhkan. Kadang virus dibentuk dari penelitian untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu seperti kanker. Kanker hingga sekarang merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Dan hingga kini penelitian menggunakan ilmu fisikan masih dilakukan untuk menemukan virus baru yang dapat mencegah ataupun mengatasi perkembangan sel kanker dalam tubuh manusia. Menemukan atau membuat virus baru memerlukan waktu yang tidak sedikit itu sebabnya diperlukan bnayak waktu dan usaha serta proses yang panjang. Ditambah dengan biaya penelitian yang tidak sedikit.

(Baca juga : Manfaat virus dalam kehidupan)

3. Menemukan teknologi

Ilmu fisika juga memiliki manfaat untuk menemukan teknologi terbaru. Saat sekarang perkembangan kemajuan teknologi seperti samrtphon, alat-alat medis yang terbaru termasuk didalamnya menggunakan cabang dari ilmu fisika. Teknologi semakin hari semakin unjuk gigi untuk memudahkan sarana berkomunikasi, foto-foto, mengirim pesan singkat dan yang terbaru teknologi sudah hampir ada di setiap belahan dunia. Manfaatnya berita tentang perkembangan di berbagai belahan dunia dapat dengan mudah ditemui. Sehingga untuk saling berbagai informasi dan hal lain lebih mudah dalam dampak positifnya perkembangan teknologi saat ini.Di sisi lain selain mengembangkan teknologi yang sudah ada ilmu fisika juga berusaha untuk menemukan teknologi terbaru yang semakin memudahkan kehidupan manusia.

Artikel terkait :

4. Menyempurnakan barang-barang teknologi

Selanjutnya barang teknologi semakin hari berkembang dan semakin sempurna. Coba perhatikan contoh sederhananya saja yaitu handphone. Dulu handphone hanya bisa dijadikan sarana untuk berkomunikasi dan menerima pesan singkat. Namun sekarang handphone juga sudah memiliki kamera untuk foto yang dulu hanya vga kini bisa sampai 20 megapixel kejernihan kameranya. Dan kamera yang bagus tentu sesuai juga dengan harganya yang ditawarkan di pasaran. Semakin lama harga handphone akan menurun seiring dengan munculnya produksi handphone baru yang semakin keren dengan fitur yang lengkap dan canggih. Bagi Anda pencinta teknologi ini merupakan kabar yang baik dan paling di tunggu – tunggu.

Artikel terkait :

Itulah manfaat ilmu fisika dalam kemajuan teknologi dan penemuan baru di berbagai bidang.