17 Manfaat Teh Bawang Dayak bagi Kesehatan

Selama ini kita mengenal beberapa jenis bawang yang umum digunakan di dapur diantaranya bawang merah dan bawang putih. Namun ada jenis bawang lain yang meskipun tidak umum digunakan sebagai bumbu masak namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yaitu bawang dayak. Sesuai namanya bawang dayak berasal dari daerah tempat suku dayak berada yaitu Kalimantan.

Baca juga:

Meskipun kaya manfaat namun masih banyak orang yang belum mengenal tumbuhan yang memiliki nama latin eleutherine palmifolia ini. Bawang dayak sering juga disebut dengan nama lain seperti bawang tiwai, bawang berlian, dan bawang sabrang. Jika disebut salah satu nama tersebut maka yang dimaksud adalah bawang dayak.

Menurut penelitian beberapa ahli diketahui bahwa bawang dayak mengandung banyak zat atau senyawa yang sangat bermanfaat dan diperlukan oleh tubuh. Diantaranya senyawa flavonoid, alisin, polifenol, alkaloid, tanin, stroid, fenolik, glikosida, dan triterpenoid. Dengan berbagai kandungan senyawa ini tidak heran jika bawang dayak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 10 manfaat senyawa flavonoid kesehatan tubuh

Salah satu cara untuk mengonsumsi bawang dayak adalah diseduh dengan air panas seteleah sebelumnya diiris tipis sehingga menjadi minuman seperti teh yang kerap disebut dengan teh bawang dayak. Minuman herbal ini sangat baik dikonsumsi secara rutin baik untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat teh bawang dayak bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan rutin mengonsumsi teh bawang dayak yang mengandung antioksidan dan vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: manfaat protein – manfaat madu

2. Mencegah tumor dan kanker

Diketahui teh bawang dayak juga mengandung naphthoquinone yang merupakan senyawa alami yang dapat mencegah timbul dan berkembangnya sel-sel tumor dan kanker. Karena seperti yang diketahui tumor dan kanker berasal dari perkembangan sel-sel tubuh secara abnormal hingga akhirnya menjadi tumor dan kanker. Dengan mengonsumsi teh bawang dayak perkembangan sel-sel secara abnormal dapat dicegah sehingga meminimalisir risiko terkena tumor atau kanker.

Baca juga: manfaat daun binahong – 10 manfaat sari buah merah untuk kanker bagi kesehatan

3. Mengatasi diare

Jika anak anda atau anggota keluarga ada yang terserang diare maka teh bawang dayak dapat menjadi solusinya. Dengan meminum teh bawang dayak yang salah satunya mengandung tanin dapat membantu mengatasi diare sehingga pencernaan kembali sehat.

Baca juga: manfaat lacto b – manfaat oralit


4. Mencegah perkembangan bakteri, mikroba, serta virus

Berbagai penyakit yang menyerang tubuh umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, mikroba, atau virus sehingga salah satu cara terbaik menjaga kesehatan dan menghindari penyakit adalah mematikan atau menangkal berbagai mikroorganisme berbahaya ini. Salah satu caranya dengan mengonsumsi teh bawang dayak yang mengandung berbagai senyawa baik seperti yang telah disebutkan di atas.

Baca juga: manfaat buah mengkudu – manfaat kopi

Selain 3 manfaat di atas masih banyak manfaat teh bawang dayak lainnya bagi kesehatan diantaranya:


Manfaat Lain Teh Bawang Dayak

1. Anti inflamasi

2. Menangkal radikal bebas

3. Mencegah penuaan dini

4. Meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular

5. Mengobati diabetes

6. Sebagai obat hipertensi

7. Mengatasi jantung koroner

8. Mengtasi asam urat

9. Mengobati sakit liver

10. Mengatasi tuberkulosis

11. Mengatasi wasir

12. Membantu penyembuhan sakit ginjal

13. Menurunkan kekentalan darah


Tunggu apa lagi? Dengan berbagai manfaat di atas kini tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi teh herbal satu ini. Meskipun rasanya tidak begitu enak namun berbagai manfaatnya menjadikan teh bawang dayak sangat layak dan penting untuk dikonsumsi.

Artikel terkait:

, , , ,
Post Date: Monday 09th, October 2017 / 13:20 Oleh :
Kategori : Herbal