4 Manfaat Jamur Kombucha Untuk Kesehatan Tubuh

Jika anda mendengar kata jamur kombucha apa yang terlintas di benak anda? Apakah nama kamboja? Jika iya maka anda harus benar-benar paham membedakan antara kombucha dengan kamboja. Meskipun namanya hampir sama namun jamur kambucha tidaklah berasal dari negara kamboja. Jamur kombucha atau teh kombucha saat ini memang sedang menjadi perbincangan banyak orang karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan dan mampu mengobati berbagai penyakit. Sebelum membahas mengenai manfaat dari jamur kambucha sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu asal usul jamur kambucha ini ya.

artikel terkai manfaat jamur:

Asal-usul jamur kombucha

Jamur kambucha merupakan gabungan dari dua kata yaitu “kambu” dan “cha”. Kambu sendiri adalah nama seorang tabib yang berasal dari korea selatan sedangkan kata cha berarti teh dalam bahasa cina. Jadi ceritanya pada tahun 414 SM ada seorang kaisar jepang bernama inkyo mengalami penyakit yang sulit sembuh yang berkaitan dengan pencernaannya yang kurang lancar atau sembelit. Kemudian ada seorang tabib yang berasal dari korea memberikan ramuan jamur dan secara ajaib ramuan tersebut mampu menyembuhkan sang kaisar. Atas jasa dari tabib kambu tersebut kemudian sang kaisar mendedikasikan namanya pada jamur yang telah menyembuhkannya yaitu “kombucha”.

Persebaran jamur kombucha ini kemudian meluas hingga ke daratan amerika dan eropa melalui rusia. Di Indonesia sendiri jamur kaombucha lebih sering dikenal dengan istilah jamur dipo atau jamur benteng. Untuk mendapatkan jamur kombucha ini memang masih agak sulit ya namun bisa dipesan pada toko-toko herbal yang memang menyediakan jamur kombucha ini.

artikel terkait: manfaat rebusan daun kemangimanfaat jamur zygomycota

Kandungan nutrisi jamur kombucha

Mengapa jamur kombucha ini sangat baik untuk kesehatan? Menurut para ahli jika anda mengkonsumsi jamur kombucha itu berarti sama aja dengan anda memasukan beragam nutrisi yang baik ke dalam tubuh anda, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Enzim

Salah satu kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan yang ada di dalam jamur kombucha adalah enzim. Enzim merupakan bagian senyawa dari protein yang berfungs untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan enzim bekerja dengan cara mempercepat reaksi biokimia yang ada di dalam tubuh sehingga makanan cepat diuraikan dan cepat keluar dari tubuh.

artikel terkait: manfaat madu untuk kesuburanmanfaat akar teratai

2. Asam organic

  • Asam amino

Jenis asam organic yang ada di dalam jamur kombucha salah satunya adalah asam amino. Asam amino ini sangat penting bagi kesehatan karena memperbaiki jaringan yang rusak dan dapat digunakan sebagai antibody alami di dalam tubuh untuk melawan bakteri, virus serta kuman yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

  • Asam malat

kemudian jenis asam lainnya yang ada di dalam jamur kombucha adalah asam malat. Fungsi utama dari asam malat ini adalah sebagai bahan detoksifikasi alami bagi tubuh yang juga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan tahan banting dari penyakit.

  • Asam nukleat

Fungsi utama dari asam nukleat ini adalah sebagai bahan alami regenerasi sel sehingga pembentukan sel baru bisa terjadi lebih cepat dan sel baru yang dihasilkan akan lebih sehat dan kuat.

  • Asam oksalat

Fungsi utama dari asam oksalat ini adalah sebagai bahan pembentukan saat tubuh membentuk energi jadi dengan asam oksalat ini energi tubuh akan tercipta lebih optimal.

  • Asam asetat

Asam asetat berfungsi sebagai penghancur bakteri jahat atau sebagai antiseptic alami bagi tubuh sehingga jika ada luka tidak akan cepat terinfeksi oleh bakteri jahat serta untuk memperlancar pencernaan.

artikel terkait: manfaat kulit apelmanfaat pepaya untuk diet

3. Multivitamin

Kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh yang ada di dalam jamur kombuccha adalah adanya berbagai jenis vitamin terutama vitamin B kompleks dan vitamin C yang tinggi. dengan adanya multivitamin ini maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat green teamanfaat buah nanas untuk diet

Dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam jamur kombucha pastinya anda sudah mengira bahwa manfaatnya untuk kesehatan pasti sangatlah baik. dan hal tersebut memang benar adanya, berikut ini adalah beberapa manfaat jamur kombucha untuk kesehatan yang perlu anda ketahuii.

  1. Mengobati gangguan di perut

Pada umumnya jamur kombucha ini sangatlah baik untuk kesehatan perut dan manfaatnya adalah mampu mengobati segala permasalahan kesehatan yang ada di dalam perut. Jadi berbagai masalah kesehatan perut seperti kanker usus, keluhan menstruasi, susah kencing, sembelit atau sulit buang air besar, varises, asam lambung, maag, perut kembung dan lainnya pasti bisa disembuhkan oleh jamur ajaib ini. jadi anda yang mengalami masalah perut apapun masalahnya solusinya cukup satu yaitu menggunakan jamur kombucha.

artikel terkait:  manfaat rekayasa genetikamanfaat tari perut

  1. Mengobati penyakit yang berhubungan dengan sendi dan tulang

Selain mampu mengobati berbagai jenis penyakit di dalam perut, manfaat lainnya dari jamur kombucha ini adalah untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan sendi dan tulang. Jadi misalnya saja penyakit rematik, asam urat, pengeroposan tulang atau osteoporosis, lordosis, encok, pegal linu dan masih banyak lainnya. masih kurang yakin karena manfaatnya sangat banyak? Eits tapi itulah faktanya.

  1. Berbagai jenis penyakit lainnya

Menurut pakar kesehatan jika manfaat jamur kombucha diurutkan satu per satu mungkin akan menjadi ratusan daftar jenis penyakit yang mampu diatasi oleh jamur kombucha ini. berbagai jenis penyakit lainnya seperti pilek, sakit kepala, diabetes, migraine, asma, obesitas, AIDS, insomnia dan masih banyak lainnya baik itu jenis penyakit ringan maupun berat.

artikel terkait : manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badanmanfaat daun srikaya

  1. Merawat kulit

Jamur kombucha juga bisa dinobatkan menjadi jamur kecantikan karena manfaatnya yang besar untuk kulit. Adanya kandungan antioksidan tinggi di dalamnya akan membantu menangkal radikal bebas sehingga menghindarkan anda dari kerutan serta bintik hitam di wajah. Selain itu manfaat lainnya adalah mampu mempertahankan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi lebih awet muda, kenyal, cerah dan lebih tahan dari segala gejala penuaan dini.

artikel terkait: manfaat rebusan kayu manismanfaat kulit durian

Dari segala manfaatnya yang ada maka tidak heran jika jamur kombucha kemudian dijuluki sebagai jamur 1001 manfaat atau jamur penyembuh segala macam penyakit, serta jamur penyambung usia menjadi lebih panjang. jadi, anda sudah tidak ragu lagi bukan menggunakan produk dari jamur kombucha.

Cara Mengolah Jamur Kombucha

Untuk mendapatkan manfaat jamur kombucha ini tidak bisa anda mengonsumsinya secara langsung. Anda harus membuatnya menjadi teh jamur kombucha. Kombinasi dari jamur kombucha dan teh ini akan menghasilkan perpaduan yang sangat baik bagi kesehatan. Nah bagi anda yang ingin membuatnya sendiri berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat teh jamur kombucha.

Bahan:

  • Jamur kombucha yang sudah dijadikan ragi
  • 100 gram gula pasir
  • 1 liter air
  • Teh sebanyak 2 sendok (teh apa saja)

Alat:

  • Panci
  • Toples dan kain penutup toples

Cara membuat:

  • Pertama cara membuatnya sama seperti membuat teh pada umumnya dengan mencampurkan air panas, teh dan gula.
  • Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu saring teh supaya bersih dan kemudian masukan gula pasir sebanyak 10 persen dari air seduhan teh tersebut kemudian diaduk.
  • Setelah itu diamkan sampai dingin namun jangan sampai melebihi 25 derajat karena ragi kombucha bisa mati bila pada suhu panas. Pastikan tidak ada debu atau hewan serangga yang masuk ke dalamnya.
  • Kemudian masukan jamur kombucha dan tutup toples rapat-rapat sampai kurang lebih 8 hari. Setelah itu anda bisa mengambil kembali jamur kombucha dan anda bisa meminum teh hasil fermentasi dari jamur kombucha tersebut.
  • Anda bisa menjadikan teh ini sebagai persediaan ketika anda dan keluarga atau kerabat mengalami gangguan kesehatan.

artikel terkait: manfaat buah nanas untuk dietmanfaat minum air dinginmanfaat pusar bagi manusia

Demikian ulasan mengenai manfaat jamur kombucha yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.