8 Manfaat Kulit Manggis untuk Diabetes Kronis dan Akut

Manfaat kulit manggis untuk diabetes saat ini sedang dicari oleh banyak orang. hal ini tentu saja tidak terlepas dari banyaknya penderita diabetes di Indonesia yang jumlahnya dari tahun ke tahun semakin naik. Penyakit diabetes termasuk dalam penyakit serius dan berbahaya karena bisa membunuh penderitanya secara perlahan. Penyakit diabetes sendiri berarti adanya keadaan dimana kadar gula yang berlebihan dalam tubuh. ini juga biasanya kerap disebut dengan penyakit kencing manis. Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah terutama terjadi saat setelah makan. Penyebab dari diabetes beragam ada yang disebabkan karena terlalu banyak makan gula atau juga bisa disebabkan karena adanya gangguan fungsi organ tubuh yang berfungsi untuk mengolah gula.

Beberapa jenis diabetes memiliki gejala atau tanda-tanda yang hampir sama dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi dari penyakit diabetes dalam jangka pendek diantaranya adalah mudah dehhidrasi dan mengalami ketoasidosis. Sedangkan untuk jangka panjang komplikasi yang bisa terjadi adalah gangguan penyakit kardiovaskular atau penyumbatan pembuluh darah, gejala penyakit jantung, kerusakan pada retina mata yang bisa menyebabkan kebutaan, kerusakan saraf, impotensi dan grangen yang memungkinkan harus melakukan amputasi. Untuk mengetahui apakah anda mengidap diabetes atau tidak yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan cek kadar gula darah secara berkala dan rutin untuk mengontrol kenaikan kadar gula dalam darah.

artikel terkait diabetes:

Jenis-jenis penyakit diabetes

Setidaknya terdapat tiga jenis penyakit diabetes ada saat ini, yaitu:

  • Diabetes tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 ini biasanya sudah terdeteksi saat penderita masih anak-anak. Diabetes tipe ini merupakan diabetes yang disebabkan karena kurangnya produksi hormone insulin dalam tubuh, hormone yang memproses glukosa menjadi energi sehingga kadar gula menjadi berlebihan. Pada diabetes tipe ini biasanya penderita akan mengalami ketergantungan pada insulin dan harus menyuntikan insulin setiap saat dirinya merasa lemas secara rutin.

  • Diabetes tipe 2

Jenis penyakit diabetes tipe 2 adalah yang paling umum ditemukan dan paling banyak diderita sekitar 90% dari penyakit diabetes seluruhnya. Diabetes tipe 2 disebabkan oleh tidak berfungsinya hormone insulin dalam pancreas karena mengalami over drive dimana kadar gula terlalu berlebihan dalam darah dan insulin sudah tidak bisa lagi mengenali mana gula dan mana zat lainnya sehingga insulin tidak bisa bekerja lagi. Penyebabnya biasanya adalah karena obesistas, terlalu banyak makan gula dan malas berolahraga.

  • Gestanional diabetes

Diabetes tipe ini biasanya dialami oleh ibu hamil karena terjadi perubahan hormone dalam tubuhnya ketika hamil. Diabetes jenis ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya saat ibu sudah melahirkan.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya dan saat ini menjadi urutan nomor 4 dalam hal penyakit yang paling banyak menghilangkan nyawa manusia. Di dunia maupun di Indonesia, jumlah penyakit diabetes semakin bertambah tiap tahunnya.

artikel terkait: manfaat buah cecendetmanfaat olahraga untuk diabetesmanfaat cabe bagi penderita diabetes

Manfaat kulit manggis untuk diabetes

Kepopuleran kulit manggis saat ini memang masih di atas dan ini dikarenakan ada banyak manfaat dari kulit manggis ini untuk kesehatan. Kulit manggis bisa menjadi salah satu solusi pengobatan herbal yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. Pengobatan herbal saat ini juga tengah menjadi sorotan karena sudah terbukti lebih ampuh, aman dan sehat untuk mengatasi penyakit dibandingkan dengan menggunakan obat kimia yang memiliki efek samping tidak baik bagi tubuh. berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kulit manggis baik untuk diabetes:

  • pertama, disebabkan karena di dalam kulit manggis terdapat kandungan senyawa xanthone dimana senyawa ini memiliki fungsi untuk mengembalikan resistensi insulin sehingga insulin bisa berangsur-angsur bekerja kembali seperti sedia kala. Zat xanthone dan juga falvonoid yang ada di dalam kulit manggis juga bisa digunakan sebagai antioksidan sehingga penderita diabetes tidak mudah terkena berbagai jenis penyakit lainnya. (artikel terkait: sumber antioksidan)
  • kedua, Zat antioksidan dalam kulit manggis akan membantu mencegah masuknya radikal bebas yang mampu merusak kerja pancreas. Dengan terlindunginya pancreas ini maka bisa mengoptimalkan kembali produksi hormone insulin yang mampu menurunkan jumlah kadar gula dalam darah. manfaat lainnya dari antioksidan dalam kulit manggis adalah sebagai anti inflamasi, anti kanker, anti bakteri dan anti radang. (artikel terkait: manfaat antioksidan)
  • ketiga. Manfaat yang cukup banyak dari kulit manggis untuk diabetes ini sudah seharusnya anda coba karena tidak menimbulkan efek samping sama sekali untuk kesehatan. Oleh karena itu anda sudah tidak perlu ragu lagi jika ingin mengonsumsi kulit manggis. Saat ini sudah banyak beredar ekstrak kulit manggis yang bisa anda beli di toko obat tanpa resep dari dokter juga tidak dilarang. (artikel terkait: manfaat minum teh tanpa gula)
  • Ke empat, beberapa penelitian telah dilakukan dan mendapatkan hasil yang positif ¬†korelasi antara penyakit diabetes dan antioksidan. Seperti yang diketahui bahwa kulit manggis mengandung antioksidan tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. hal ini akan berdampak pada proses penyembuhan penyakit diabetes yang lebih cepat jika tubuh memiliki antioksidan lebih tinggi. jadi, bagi anda yang sedang mengalami diabetes saat ini maka adalah hal yang sangat disarankan bagi anda untuk mengonsumsi kulit manggis ini. (artikel terkait: manfaat gula batu)
  • Ke lima, kandungan mangiferin di dalam kulit manggis juga telah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kesehatan pancreas dimana pancreas ini adalah organ yang memproduksi hormone insulin. Dengan adanya mangiferin ini resistensi insulin bisa diminimalisirkan dan glukosa bisa kembali diubah menjadi energi dengan maksimal sehingga kadar gula dalam darah juga bisa berkurang. (artikel terkait: manfaat gula aren)
  • Ke enam, pengobatan diabetes dengan menggunakan kulit manggis ini lebih sehat dan alami karena kulit manggis hampir tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh. kulit manggis memang bila dikonsumsi rasanya akan sedikit pahit namun untuk kesehatan pastinya anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan kulit manggis ini sebagai obat herbal. (artikel terkait: manfaat melon untuk diet)
  • Ke tujuh, sudah dilakukan berbagai penelitian mengenai manfaat kulit manggis terhadap penyakit diabetes dan seluruh hasilnya menunjukkan bahwa memang ada korelasi positif antara penderita diabetes dengan pengonsumsian kulit manggis herbal. Jadi anda tidak perlu ragu lagi. (artikel terkait: manfaat ikan patin)
  • Ke delapan, tidaklah sulit untuk menemukan kulit manggis karena manggis sudah banyak dijual dipasaran dan anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Sambil anda menikmati buahnya yang lezat dan segar jangan lupa untuk menyimpan kulitnya dan jangan sampai di buang karena di dalam kulit manggis inilah banyak terkandung manfaat gizi dan nutrisi yang lebih besar dibandingkan dengan yang ada di dalam buah manggis. (artikel terkait: manfaat air jahe)

artikel terkait: manfaat rebusan kulit manggismanfaat kulit manggis untuk ginjalmanfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan

Cara Mengolah Kulit Manggis

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengonsumsi kulit manggis diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Membuat ekstrak kulit manggis

Anda bisa membuat ekstrak kulit manggis sendiri dengan cara anda cukup menjemur kulit manggis di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering. Setelah itu tumbuklah kulit manggis sampai halus menjadi bubuk kulit manggis. Setelah itu anda bisa mengonsumsinya. Namun jika anda merasa keberatan dengan cara ini maka anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak diproduksi ekstrak kulit manggis yang bisa anda temukan dalam berbagai merek dan anda hanya perlu membelinya di toko obat terdekat saja. ikutilah label penggunaan sebelum anda mengonsumsi ekstrak kulit manggis ini.

  • Merebus kulit manggis

Selain membuat ekstrak kulit manggis anda juga bisa membuatnya menjadi rebusan kulit manggis. Cara ini adalah cara tradisional yang sudah dilakukan oleh orang pada zaman dahulu. Jadi cara ini juga sebenarnya ampuh digunakan sebagai salah satu pengobatan herbal untuk berbagai jenis penyakit termasuk diabetes. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu denga merebus kulit manggis dengan menggunakan air secukupnya kemudian tunggu hingga air menyusut setengahnya. Setelah matang dinginkan sebentar dan minumlah ramuan tersebut saat masih hangat. Anda bisa meminumnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dua jenis cara menggunakan kulit manggis ini bisa anda pilih sesuai dengan kesukaan anda masing-masing apakah dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis atau dengan merebus kulit manggis dan kemudian minum air rebusannya. Kedua cara ini baik bagi kesehata anda.

artikel terkait: manfaat kulit manggis bagi kesehatanmanfaat garciamanfaat xamthone

Demikian ulasan mengenai manfaat kulit manggis untuk diabetes dan bagaimana cara membuat ramuan dari kulit manggis. Jangan ragu lagi untuk menggunakan kulit manggis sebagai salah satu alternatif pengobatan penyakit yang anda derita.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 06:28 Oleh :
Kategori : Herbal