10 Manfaat Gempa Bumi bagi Kehidupan Manusia

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita sangat akrab dengan fenomena alam berupa gempa bumi. Baik yang kita rasakan sendiri ataupun yang kita dengar dari berita-berita. Ada gempa bumi dengan guncangan yang kecil bahkan tidak begitu terasa hingga guncangan yang besar yang dapat meluluhlantakkan suatu daerah yang membuat banyak bangunan dan infrastruktur rusak serta berbagai kerugian lainnya. Selain negara kita ada negara-negara lain yang juga rawan gempa contohnya seperti Jepang yang justru lebih sering mengalami gempa daripada kita. (Baca juga: manfaat bahasa jepang)

Masuknya Indonesia ke dalam daftar negara rawan gempa disebabkan oleh posisinya di permukaan bumi. Pertama, Indonesia terletak dalam jalur ring of fire dan sabuk alpine. Ring fire sendiri merupakan sebutan untuk daerah-daerah yang sering mengalami gempa dan gunung aktifnya sering meletus. Sementara sabuk alpine merupakan sebutan untuk kawasan yang sering mengalami gempa terutama gempa berkekuatan besar. Sekitar 17% dari gempa-gempa terbesar terjadi di kawasan ini. Kedua, Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng yaitu lempeng eurasia, lempeng pasifik, dan lempeng Indo-Australia. Seperti yang diketahui gempa disebabkan oleh pergerakan lempeng-lempeng bumi sehingga lempeng-lempeng bumi tersebut mengalami patahan, pergeseran, atau tumbukan sehingga terjadi goncangan.

Baca juga: manfaat gunung tidak aktif – manfaat mendaki gunung

Manfaat Gempa Bumi

Membicarakan mengenai manfaat gempa bumi mungkin terdengar kontradiktif karena selama ini gempa bumi dikenal sebagai bencana alam yang menyebabkan berbagai efek merugikan bagi manusia. Mulai dari bangunan yang rusak atau hancur, korban jiwa, trauma, kerugian harta, rusaknya infrastruktur, rusaknya jaringan komunikasi, merosostnya perekonomian, hingga mengakibatkan dampak susulan seperti tsunami, tanah longsor, serta memicu aktivitas gunung berapi.

Baca juga:  manfaat pembangunan ekonomi – manfaat tanah longsor

Tetapi seperti berbagai hal di muka bumi ini selalu ada dua sisi yaitu positif dan negatif. Demikian pula dengan gempa bumi yang jika dikaji lebih lanjut membawa beberapa manfaat bagi kehidupan manusia. Apa saja itu? Berikut beberapa manfaat gempa bumi bagi kehidupan manusia:

1. Sebagai informasi yang menggambarkan kondisi di bawah tanah atau di lapisan bumi

Setiap kejadian gempa bumi selalu direkam aktivitasnya oleh petugas BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), berapa besarnya, kapan terjadinya, dan berbagai data lainnya. Semua data-data ini disimpan dan dikaji untuk pengembangan ilmu pengetahuan sekaligus mempelajari gempa yang terjadi. Dari data-data tersebut kita dapat melihat gambaran kondisi di lapisan-lapisan bumi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan industri atau pengolahan pada lapisan kerak bumi.

Baca juga: manfaat bmkg – manfaat tanah

Seperti menjadi acuan bagi pengusaha minyak dan gas dalam mengeksplorasi suatu wilayah sehingga proses eksplorasi menjadi lebih efisien. Atau digunakan oleh para ilmuan untuk mengetahui perkembangan dan kondisi air di bawah tanah ketika terjadi ekstraksi energi dari panas bumi.

Baca juga: 15 manfaat minyak bumi bagi manusia sehari hari – 15 manfaat gas alam untuk manusia dan kehidupan

2. Sebagai informasi untuk mempelajari struktur bumi

Ketika mempelajari ilmu alam di bangku sekolah kita sudah diajari mengenai lapisan-lapisan bumi mulai dari kerak bumi sebagai lapisan terluar hingga inti bumi. Namun tahukah teman-teman darimana para ilmuan bisa tahu dan merumuskan pengetahun mengenai lapisan-lapisan bumi tersebut? Atau darimana mereka bisa tahu jenis tanah dan bebatuan pada tiap lapisan tersebut? Ya, salah satunya berkat informasi-informasi dari peristiwa gempa bumi. Dengan mengolah informasi-informasi tersebut mereka bisa merumuskan kondisi struktur lapisan bumi.

Baca juga: manfaat tanah gambut – manfaat tanah kapur

Tidak dapat dibayangkan jika para ilmuan harus menggali hingga ke kerak bumi yang sangat dalam yang bahkan belum terjangkau oleh manusia untuk mempelajari struktur bumi dimana hal ini belum mampu dilakukan oleh manusia. Dengan memanfaatkan data-data gempa bumi seperti lamanya gelombang seismik mengitari bumi kita dapat mempelajari struktur bumi mulai dari lapisan luar hingga ke inti bumi meskipun belum pernah melihatnya secara langsung.

3. Mengawasi aktivitas gunung berapi

Aktivitas gunung berapi merupakan sesuatu yang harus diwaspadai. Dengan adanya data-data mengenai gempa bumi dapat membantu para seismolog ataupun pengamat gempa untuk mengawasi aktivitas gunung berapi di dekat terjadinya gempa atau yang berada dalam jalur gempa tersebut. Sehingga aktivitas dan letusan gunung berapi dapat lebih cepat diantisipasi. (Baca juga: manfaat gunung meletus – manfaat gunung berapi)

4. Menjaga keseimbangan alam

Sebagai salah satu fenomena alam gempa bumi merupakan hal yang normal terjadi dan turut berperan dalam menjaga keseimbangan alam. Dengan terjadinya gempa menyebabkan timbulnya gunung-gunung baru, terbentuknya dasar laut baru, berbagai materi di alam yang mengalami daur ulang, dan lain sebagainya.

Baca juga:  manfaat sumber daya alam – manfaat sumber daya alam bagi manusia

5. Munculnya daratan baru

Pergerakan, patahan, atau tumbukan pada lapisan kerak bumi dapat memicu timbulnya daratan-daratan baru yang mendukung kehidupan makhluk di bumi. Dimana daratan-daratan ini dapat digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup dan tempat mereka mencari penghidupan. (Baca juga: manfaat erosi)

6. Memperbaharui kandungan nutrisi di permukaan bumi

Kehidupan yang terus berjalan di atas bumi lama-kelamaan menyebabkan nutrisi-nutrisi yang ada di permukaan bumi terkikis karena luruh dan mengumpul di lautan. Jika tidak ada gempa bumi maka kehidupan di permukaan bumi akan menjadi sangat sulit karena nutrisi di permukaan bumi mulai menipis. Dengan adanya gempa nutrisi-nutrisi yang terkumpul di lautan bisa didaur ulang dan dikembalikan ke daratan.

Baca juga: manfaat sumber daya alam hewani – manfaat sumber daya alam nabati

7. Berkembangnya ilmu pengetahuan

Dengan adanya gempa mendorong manusia untuk mempelajarinya untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk. Sebagai makhluk dengan kemampuan adaptasi yang tinggi manusia selalu berusahan memahami alam dan menemukan cara untuk dapat bertahan hidup di alam. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan ilmu pengetahun.

Baca juga: manfaat mempelajari ilmu pengetahuan alam – manfaat mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi

Contohnya dalam bidang teknologi. Dengan adanya gempa bumi mendorong manusia untuk menciptakan alat yang dapat mendeteksi gempa sehingga gempa yang terjadi dapat dideteksi dan diambil data-datanya. Dengan adanya alat ini kita dapat dengan mudah dan cepat mengetahui peristiwa gempa di suatu daerah, berapa kekuatannya, berapa lama kejadiannya, posisi koordinatnya, dan lain sebagainya. Begitu pula dalam cabang ilmu konstruksi bangunan. Gempa yang kerap terjadi mendorong para ahli konstruksi bangunan untuk menciptakan bangunan yang kuat dan tahan gempa sehingga memicu perkembangan ilmu pengetahuan.

8. Meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap kemungkinan gempa yang akan terjadi.

9. Menumbuhan rasa peduli terhadap sesama.

10. Mengurangi kepadatan penduduk

Daerah-daerah rawan gempa merupakan daerah yang cukup diwaspadai dan dihindari sebagian orang sehingga dapat mengurangi kepadatan penduduk di daerah tersebut.

Dibalik berbagai dampak negatif dan merugikan, gempa bumi ternyata membawa manfaat yang cukup besar bagi kehidupan manusia. Mulai dari perkembangan ilmu pengetahuan, meingkatkan kewaspadaan, serta menjaga keseimbangan alam.