10 Manfaat Belajar Bahasa Jepang

Apakah Anda tahu bahwa mempelajari bahasa baru sebenarnya dapat membuat Anda bertambah pintar? Penelitian terhadap proses mempelajari bahasa baru menunjukkan bahwa saat Anda berusaha menguasai bahasa baru, otak Anda ternyata mengalami perkembangan!

Artikel terkait yang baik untuk perkembangan otak:

Bila Anda ingin memanfaatkan fakta tersebut, sekarang pasti Anda ingin langsung memulai manfaat belajar bahasa asing. Namun bila Anda belum yakin bahasa apa yang ingin Anda kuasai, ketahuilah bahwa bahasa Jepang adalah pilihan sangat populer untuk dipelajari. Bila Anda bertanya mengapa, alasannya ternyata tidak terlalu mengejutkan.

Berikut kami paparkan 10 manfaat belajar bahasa Jepang:

1. Dapat Menjadi Dasar Mempelajari Budaya Baru

Selama proses belajar bahasa Jepang, Anda pasti juga akan mempelajari segala macam hal yang berkaitan dengan Jepang. Anda akan manfaat belajar sejarah negara tersebut dan perbedaan aksen antara satu daerah dan daerah lainnya. Anda juga akan belajar untuk menggunakan kata-kata spesifik yang biasa digunakan orang Jepang dan budayanya.

Hal ini akan membuat Anda perlahan terbuka dan belajar lebih banyak lagi hal-hal yang berhubungan dengan Jepang, penduduknya, serta sejarahnya yang kaya dan menarik. (Baca juga: manfaat keberagaman budaya)

2. Bahasa Jepang Tidak Sesusah yang Anda Kira

Mempelajari bahasa baru memang tidak mudah, dengan bisa menggunakan bahasa Inggris saja, misalnya, sebenarnya Anda sudah memiliki keuntungan tersendiri karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari. Tapi mempelajari bahasa baru memang dapat mengintimidasi karena bahasanya pasti sangat berbeda dengan yang biasa Anda gunakan. Namun, setelah Anda mulai belajar beberapa karakter dalam bahasa Jepang, Anda akan terkejut tentang betapa mudahnya mereka untuk diingat dengan latihan yang teratur.

Banyak orang mulai mempelajari bahasa Jepang dengan alfabet hiragana, jadi pertimbangkan hal ini saat Anda akan mulai mempelajari sendiri bahasa Jepang.

3. Meningkatkan Pilihan Pekerjaan

Saat ekonomi dunia mulai meningkat secara global, rasanya masuk akal bila Anda menggunakan bahasa sebagai alat untuk mengembangkan dan meningkatkan pilihan bisnis. Anda ingin bekerja di Jepang? Mempelajari bahasanya akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketimbang mencari perusahaan/kantor yang menggunakan bahasa Inggris atau membuat rekan kerja memahami Anda. Anda akan menemukan bahwa mempelajari, paling tidak, satu bahasa asing akan meningkatkan prospek kerja Anda.

4. Membantu Anda Lebih Sensitif Terhadap Bahasa

Sekali Anda meulai belajar bahasa Jepang, Anda akan terkejut tentang betapa mudahnya orang lain menyamakan bahasa tersebut dengan bahasa Mandarain, Thailand, atau Korea. Bagi mereka yang tidak terlatih dan tidak mempunya telinga yang sensitif, banyak bahasa Asia yang akan terdengar mirip. Namun saat Anda mulai belajar bahasa Jepang, Anda akan dengan mudah membedakan bahasa terebut dari Korea dan Mandarin.

5. Menghindari Salah Paham

Kartun Jepang, atau yang biasa disebut anime, dan acara televisinya cukup populer di negara kita. Siapa di antara Anda yang dulu saat kecil, atau mungkin hingga kini, menonton serial Dragon Ball atau Sailor Moon? Nah, Anda pasti akan terkejut saat mengetahui bahwa dulu Anda telah banyak salah paham.

Hal ini berupa banyaknya frase yang disunting agar terdengar masuk akal dalam bahasa kita. Saat Anda memahami isi dialog aslinya, Anda tidak perlu khawatir lagi soal masalah suntingan yang terdengar janggal.

6. Mudah untuk Mencari/Menambah Teman Baru

Bagi banyak orang di seluruh dunia, internet merupakan tempat untuk berbahasa Inggris. Dengan demikian, Anda mungkin berasumsi bahwa orang Jepang menggunakan internet dengan frekuensi yang dengan seluruh pengguna internet di dunia. Tapi hal ini salah, karena Jepang merupakan salah satu pengguna internet paling handal di seluruh dunia.

Ada alasan sederhana mengapa interaksi antara orang yang berbahasa Inggris dan pengguna internet di Jepang tidak sebesar yang semestinya: orang-orang Jepang lebih sering mengunjungi situs yang berbahasa Jepang pula. Nah, dengan mempelajari bahasa Jepang, Anda akan dapat beralih ke situs tersebut dan mencari teman untuk berinteraksi.

7. Membantu Anda Menyanyikan Lagu JPop Favorit dengan Lancar

Apakah Anda penggemar musik JPop (musik pop Jepang), tapi tidak paham dengan bahasanya? Sayang sekali, berarti Anda melewatkan satu kesempatan untuk menikmati musik kesukaan Anda.

Anda mungkin merasa bahwa sekadar bersenandung seiring melodi dan hanya menyanyikan bagian lirik yang berbahasa Inggris sudah cukup. Tapi Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda saat Anda benar-benar memahami makna dan emosi di balik setiap lagu.

8. Menginspirasi untuk Belajar Bahasa di Negara-Negara Asia Lainnya

Dengan pengecualian bahwa Anda adalah Japanophiles, atau Anda merupakan orang-orang yang hanya menyukai segala sesuatu berbau Jepang, orang yang mempelajari bahasa Jepang dan budayanya akan tergerak untuk mengetahui budaya dan negara-negara di Asia lainnya.

Seseorang yang baru belajar bahasa Jepang sangat mungkin untuk berganti atau lanjut mempelajari bahasa Korea, Mandarin, Vietnam, atau Thailand. Ini akan memperkaya pemahaman Anda soal bahasa dan budaya di Asia Timur.

9. Membuat Anda Nampak Berbeda

Meskipun kartun dan video game Jepang sangat populer di belahan dunia lain, secara bahasa, kita akan lebih tertarik untuk mempelajari bahasa-bahasa dari benua Eropa. Saat orang lain memamerkan kemampuannya berbahasa Spanyol, Perancis, atau Jerman sebagai bahasa kedua (atau ketiga)-nya, bila Anda bisa berbicara bahasa Jepang dengan fasih, hal ini akan membuat Anda menonjol dan mampu menawarkan sudut pandang yang unik dibandingkan kawan sebaya Anda.

10. Membantu Anda untuk Belajar di Luar Negeri

Sekolah-sekolah di Jepang memiliki standar belajar yang tinggi di semua level pendidikan. Bila Anda tertarik untuk belajar di luar negeri, Jepang akan menjadi tempat yang tepat untuk dituju. Tentu, belajar di negara lain akan menguntungkan bila Anda juga dapat menggunakan bahasanya dengan sangat baik, jadi pastikan Anda nyaman menggunakan seluruh alfabet Jepang (mulai dari hiragana, katakana, dan kanji) sebelumnya. (Baca juga: manfaat kuliah bagi masa depan)

Nah, mempelajari bahasa Jepang ternyata memiliki banyak alasan dan manfaat bukan? Bagaimana pun mempelajari bahasa Jepang (atau bahasa baru lainnya) akan memberikan pengalaman yang memuaskan dan dapat membantu Anda mengembangkan pengetahuan tentang dunia di sekitar Anda.

Artikel terkait bahasa: