6 Manfaat Sumber Daya Alam Hewani bagi Kehidupan Manusia

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam yang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup manusia menjadi lebih baik. Banyak sekali sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk hidup. Contohnya sumber daya alam nabati dan sumber daya alam hewani. Kedua sumber daya alam ini berasal dari tumbuhan dan tanaman dan bisa digunakan sebagai sumber pangan. Jenis sumber daya alam berdasarkan keterbaruannya di bagi menjadi dua bagian antara lain :

  • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dimana sumber daya alam ini tidak akan habis meskipun sering dipakai karena sumber daya alam ini dapat di perbaharui. Contohnya adalah ternak, air dan tumbuhan.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui adalah sumber daya alam yang akan habis jika sudah tiba waktunya karena sumber daya alam ini tidak dapat di perbaharui. Contohnya adalah sumber daya alam di bidang pertambangan seperti minyak bumi, gas dan emas. (Baca juga : Manfaat sumber daya alamManfaat sumber daya alam bagi manusia)

Sedangkan untuk asalnya sendiri sumberdaya alam juga di bagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan. Pemanfaatan sumber daya alam ini sangatlah penting bagi kehidupan karena memberikan oksigen yang dibutuhkan untuk pernafasan. ( Baca juga : Manfaat sumber daya alam nabati)
  • Sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam yang berasal dari hewan. Sumber daya alam ini dapat diperbarui karena selama hewan masih berkembang biak maka populasi hewan itu sendiri akan tetap ada. Sumber daya alam hewani memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia. Itulah kenapa banyak sektor yang bergerak di bidang hewani untuk melestarika setiap hewan yang hidup di muka bumi. Hewan sendiri di Indonesia dibagi menjadi hewan liar dan hewan peliharaan. Perbedaan antara dua hewan ini adalah hewan liar yaitu hewan yang hidup bebas di lingkungan alam dan biasanya buas. Mereka hidup di hutan – hutan dan semak. Contoh hewan liar ini adalah singa, harimau, ular dan beruang. Sedangkan untuk hewan peliharaan sendiri adalah hewan yang diperlihara karena menjadi sumber pangan. Contoh hewan peliharaan adalah ayam, itik, bebek dan angsa.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dari sumber daya alam hewani yaitu :

1. Sumber pangan

Manfaat sumber daya alam hewani yang pertama adalah sebagai sumber pangan. Pangan bagi kehidupan manusia berguna untuk kelansungan hidup sehari – hari. Pangan menjadi kebutuhan pokok yang penting bagi semua orang. Dan sumber daya alam hewani yang bisa dijadikan sebagai sumber pangan adalah sapi, ikan, ayam dan bebek. Hewan- hewan ini memang biasanya di olah mnejadi sumber pangan karena kaya akan nutrisi bagi tubuh. Sumber pangan hewani ini tetap bisa di perbaharui karena tidak akan pernah habis. Penyebabnya karena perkembangbiakkan hewan ini begitu di perhatikan secara luas oleh semua orang.

Artikel terkait :

2. Peternakan

Peternakan adalah tempat yang di buat oleh manusia untuk membudidayakan hewan ternak secara luas. Peternakan merupakan kegiatan yang menyenangkan karena kita bisa ikut belajar memperhatikan perkembangan ternak yang di kembang biakkan. Contoh hewan yang biasa di peternakan adalah sapi, kerbau, ayam, itik dan bebek. Peternakan sendiri juga harus mencukupi kebutuhan hewan ternak untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan mereka sehingga hasilnya memuaskan saat di jual di pasaran. Untuk jenisnya sendiri peternakan dibagi menjadi tidak bagian antara lain adalah sebagai berikut :

  • Peternakan hewan besar adalah peternakan yang mengembangbiakkan sapi, kerbau dan kuda. Hewan – hewan ini diberi makan, minum dan dibersihkan secara rutin.
  • Peternakan hewan kecil adalah hewan seperti kambing, biri – biri dan domba. Saat sekarang kambing masih menjadi hewan yang digemari karena itu peternakannya berkembang pesat.
  • Peternakan unggas, hewan yang termasuk unggas adalah ayam, itik dan burung. Unggas ini banyak dincar tidak hanya dagingnya saja namun juga telurnya yang lezat.

Itulah beberapa jenis peternakan yang biasa di buat oleh orang – orang untuk peternakan hewan.

Artikel terkait :

3. Perikanan

Hampir 2/3 dari Indonesia terdiri dari lautan, itulah kenapa bidang usaha di perikanan masih menjadi yang favorit dan mudah. Perikanan bisa dilakukan di air tawar ataupun air laut. Ini tergantung dengan jenis ikan yang akan dibudidayakan. Contoh budidaya perikanan untuk air tawar yan banyak dicari adalah ikan mas dan ikan nila. Kedua ikan ini memiliki rasa daging yang lembut dan enak jadi saat dijual harganya bisa mahal. Sedangkan untuk membudidayakannya sendiri tergolong mudah karena ikan ini bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya sendiri. Jenis perikanan yang biasa di buat oleh orang adalah :

  • Perikanan air tawar seperti waduk atau sungai yang dijadikan sebagi tempat budidaya ikan. Contohnya ikan mas, ikan nila dan ikan lele.
  • Perikanan air payau, air payau adalah air yang bercampur antara air laut dan air tawar.
  • Perikanan air laut ikan yang dibudidayakan adalah ikan tuna dan teri.

Usaha perikanan ini nantinya dapat dijual di pasar – pasar tradisional secara langsung.

Artikel terkait :

4. Hiasan

Selanjuntya manfaat lain dari sumber daya alam hewani adalah sebagai hiasan. Jadi hiasan tidak hanya berasal dari tumbuhan, beberapa anggota tubuh dari hewan ada yang sengaja di awetkan karena memiliki nilai seni dan harga yang tinggi saat menjadi transaksi jual beli. Hiasan yang berasal dari hewan contohnya adalah gading dari gajah, kepala rusa dan kulit ular yang banyak dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tas, sepatu dan dompet. Namun harganya tentu sangat mahal karena untuk mendapatkan itu semua juga cukup sulit. Belum lagi hewan – hewan ini termasuk yang dilindungi karena habitatnya yang semakin sedikit akibat terus di buru. Ada baiknya hewan – hewan yang memang menghasilkan ini di rawat dengan baik agar jumlah mereka tetap banyak. Biasanya hiasan dari hewan – hewan ini banyak yang di ekspor keluar dengan harga yang mahal, karena memang hasil karya ini sangat langka dan para pembelinya adalah orang dengan kelas atas yang memiliki banyak uang.

Artikel terkait :

5. Tradisi budaya

Budaya merupakan warisan salah satu leluhur kita yang wajib di lestarikan. Dulu pertunjukkan budaya setiap provinsi hanya sebatas provinsi itu yang mengetahuinya, Namun sekarang perhatian semua orang terhadap budaya sudah lebih baik. Sehingga setiap provinsi dapat mengetahui dan melihat budaya dar provinsi lainnya. Indonesia termasuk negara yang kaya akan tradisi budaya nenek moyang. Tradisi budaya yang telah mengakar kuat ini diharapkan tidak akan pernah hilang karena manfaatnya bagi generasi selanjutnya sangat banyak. Jangan sampai akibat generasi penerus yang tidak peduli dengan budaya mengakibatkan budaya negara sendiri diklaim oleh negara asing sebagai miliknya. Salah satu contoh tradisi budaya yang berasal dari sumber daya alam hewani adalah karapan sapi. Karapan sapi adalah salah satu jenis tradisi budaya yang berasal dari Madura. Karapan sapi dimulai dengan adanya dua sapi kemudian satu orang ditengah yang bertujuan untuj mengendalikan sapi agar berlari. Karena ini bersifat pacuan makan ada lawan lain yang juga ikut berpacu. Bagi pihak yang cepat sampai dan tidak terjatuh selama pertandingan selesai maka dialah yang menjadi pemenang.

(Baca juga : Manfaat keberagaman budaya)

6. Energi

Energi tidak hanya berasal dari air, cahaya matahari namun energi dari sumber daya alam hewani juga bermanfaat bagi kehidupan. Sumber daya alam hewani yang berfungsi sebagai salah satu energi untuk membantu bidang pertanian adalah menggunakan tenaga kerbau. Kerbau memiliki tenaga yang kuat yang dapat membantu para petani untuk membajak sawahnya. Zaman dahulu tenaga kerbau ini banyak membantu karena selain murah tanah yang dihasilkan dari baja menggunakan kerbau lebih subur.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat yang didapat dari sumber daya alam hewani bagi kehidupan sehari – hari