5 Manfaat Erosi Bagi Kehidupan

Erosi, pastinya sudah banyak dari anda para pembaca yang sudah mendengar hal ini. Ya, bahkan pada tingkat sekolah dasar pun, materi mengenai erosi sudah diajarkan. Erosi sendiri secara harfiah merupakan suatu kondisi terjadinya pengikisan pada benda-benda padat, seperti tanah, batuan, dan benda padat lainnya. Biasanya, erosi merupakan salah satu hal yang alami, dan disebabkan oleh aliran air, es, dan juga turunnya hujan.

manfaat erosiPenyebab lainnya dari terjadinya erosi adalah ulah makhluk hidup.
Berikut ini adalah beberapa contoh ulah dari makhluk hidup yang ikut berkontribusi dalam terjadinya erosi :

  • Perilaku hewan liar yang mengali
  • Pembukaan lahan dan penggundulan hutan oleh manusia

Dampak Buruk dari Erosi

Erosi sendiri sering sekali dikatikan dengan dampak buruk dan lebih parahnya lagi, dampak buruk tersebut juga turut membahayakan kehidupan sekitarnya. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh kondisi erosi :

  • Menipisnya lapisan permukaan tanah
  • Longsor
  • Menurunkan kemampuan penyerapan air oleh tanah
  • Dapat menyebabkan banjir
  • Menyebabkan pendangkalan sungai

Pada umumnya daerah dengan curah hujan yang tinggi merupakan daerah yang paling rentan terkena erosi, karena air hujan merupakan salah satu hal yang paling berperan dalam menyebabkan erosi.

Meskipun memberikan dampak negatif namun pada beberapa sudut pandang erosi dapat bermanfaat, berikut ini diantaranya :

1. Dapat menciptakan daratan baru

Dengan adanya manfaat erosi, maka hal ini akan bermanfaat untuk menciptakan daratan baru. Dengan terciptanya daratan baru ini, maka daratan tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia. Dataran dataran yang bru ini, dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat jalan di daerah pegunungan secara alami. Selain itu, bagian dataran yang muncul karena adanya erosi juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi tempat tinggal baru.

2. Membentuk jalur baru pada kontur bumi

Manfaat kedua dari erosi adalah dapat membentuk jalur-jalur baru pada kontur bumi. Jalur ini merupakan dampak dari erosi yang mengikis tanah dan juga bebatuan. Biasanya dengan adanya erosi, maka akan muncul beberapa kontur permukaan bumi yang baru, seperti :

  • Lembah
  • Tebing dan jurang yang tinggi
  • Terbentuknya dinding sungai

3. Dimanfaatkan untuk menambang pasir dan juga batu batuan untuk keperluan konstruksi

Dengan adanya erosi, maka ada manfaat penting lainnya, yaitu batuan kerikil dan juga pasir. Batu-batuan dan pasir ini muncul sebagai dampak dari erosi, terutama erosi pada batu dan juga tanah. Batuan dan juga tanah yang mengalami erosi akan membentuk pasir dan juga batuan yang lebih kecil. Inilah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai mata pencaharian mereka.

Selain itu, batu dan juga pasir yang terbentuk karena hasil erosi juga sering dimanfaatkan untuk keperluan konstruksi, seperti pembangunan gedung, rumah dan juga pembangunan jalan raya.

4. Memunculkan endapan mineral yang bermanfaat bagi kehidupan manusia

Manfaat erosi juga digunakan untuk keperluan pertambangan mineral. Hal ini disebabkan karena dengan adanya erosi,maka permukaan dari tanah akan semakin menipis. Dengan semakin menipisnya permukaan tanah, maka hal ini dapat memicu mineral yang terendam di dalam tanah, muncul ke permukaan tanah. Hal ini dapat memudahkan untuk dideteksi dan kemudian dimanfaatkan untuk keperluan manusia sehari-hari.

5. Sedimentasi tanah, yang baik untuk keperluan pertanian.

Salah satu dampak erosi adalah munculnya sedimentasi. Secara khusus, sedimentasi, terutama yang terletak pada daerah sekitar pegunungan dapat dijadikan sebagai lahan pertanian. Lahan pertanian ini sangat penting untuk mendukung produksi pangan dari Negara kita, sehingga kita tidak terlalu menggantungkan pada hasil pertanian yang diimpor.

Itulah beberapa manfaat dari erosi. Ternyata, meskipun terkadang erosi sering dipandang sebagai salah satu pembawa bencana, erosi juga memiliki manfaat yang cukup penting untuk kehidupan kita.

Jenis-jenis dari erosi

Berdasarkan penyebabnya, erosi dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis dari erosi :

  • Ablasi, yaitu erosi yang disebabkan oleh aliran air
  • Deflasi, merupakan erosi yang disebabkan oleh tenaga angin kencang
  • Ekskrasi, merupakan jenis erosi yang disebabkan oleh es
  • Abrasi, merupakan jenis erosi yang disebabkan karena air laut.

Meskipun erosi adalah gejala yang alami namun yang menjadi masalah penting saat ini adalah campur tangan dari manusia dalam melakukan pertambangan, pembangunan ljalan dan konstruksi dan berbaagai macam kegiatan lainnya yang menyebabkan terjadinya erosi. Hal ini terjadi karena kontur tanah yang berubah, sehingga menjadi labil, yang menyebabkan erosi, dan sering juga kita kenal dengan istilah tanah longsor atau landslide.

Nah, semoga dengan membaca artikel mengenai erosi ini, wawasan anda menjadi semakin luas lagi.