5 Manfaat Mempelajari Ilmu Antropologi

Antropologi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang masa lalu dan masa sekarang tentang manusia yang di gambarkan melalui manfaat mempelajari ilmu pengetahuan sosial dan ilmu alam. Ilmu antropologi banyak di pilih oleh mahasiswa karena ilmu ini sudah banyak ada di falkutas – falkutas. Manfaat menuntut ilmu sangat baik untuk masa depan. Kata antropologi berasal dari negara yunani yang berarti anthropos terjemahannya manusia dan kata logos yang berarti ilmu. Ilmu antropologi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Antropologi fisik

Antropologi ini membahas tentang fisik manusia, mulai dari ciri – ciri sampai sudut pandang dari berbagai belahan dunia. Antopologi ini lebih banyak membahas perkembangan manusia dari sisi fisologisnya dari penciptaan sampai masa tua.

  • Budaya

Disini lebih membahas tentang budaya di suatu daerah, biasanya setiap daerah memiliki kebudayaan yang telah diwariskan sejak zaman nenek moyang sampai zaman sekarang. Manfaat belajar sejarah bagi kehidupan dan manfaat keberagaman budaya sangatlah banyak .Indonesia sendiri memiliki banyak keanekaragaman budaya karena terdiri dari bermacan – macam provinsi yang menaungi.

Dari dua bagian antropologi tersebut, mempelajari ilmu antropologi ternyata juga bermanfaat bagi anda. Berikut ini manfaat antropologi :

1. Pembangunan bangsa dan negara yang lebih maju

Bangsa dan negara yang maju sangat ditentukan oleh anak mudanya. Karena itu peran anak muda sangatlah penting bagi kemajuan suatu bangsa. Bahkan bangsa-bangsa lainnya menjadikan anak muda sebagai aset yang sangat beharga. Banyak anak muda yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah diberikan beasiswa oleh pemerintah karena memiliki kecerdasan yang dimilikinya. Anak muda seperti ini sayang sekali jika dibiarkan begitu saja karena bakat dan kecerdasannya telah tampak dan terbukti.

Padahal manfaat pendidikan sangat penting bagi masa depan.Nah, salah satu manfaat mempelajari ilmu antropologi ini adalah untuk pembangunan bangsa dan negara yang lebih maju. Siap menghadapi arus globalisasi tahu tentang manfaat globalisasi, manfaat ekspor dan impor dan manfaat pembangunan ekonomi untuk bangsa kedepannya.

2. Mengetahui sikap masyarakat dari berbagai suku bangsa

Salah satu manfaat mempelajari ilmu antropologi adalah mengetahui sikap masyarakat dari berbagai suku bangsa. Setiap bangsa memiliki sikpa atau perilaku masyarakat yang berbeda-beda. Dalam hal ini lebih di fokuskan pada antropologi budaya. Perilaku masyarakat di suatu bangsa atau daerah sangat dipengaruhi oleh nenek moyang mereka. Biasanya daerah yang masih belum bercampur dengan pendatang baru lebih kental nilai budaya yang mereka anut di sana. Jadi menjadikan sika[ masyarakat di suatu daerah memiliki keunikan sendiri -sendiri yang indah dan menambah wawasan jika dipelajari.

3. Timbulnya sikap toleransi

Budaya yang berbeda – beda meski masih negara yang sama menimbulkan sikap toleransi bagi setiap individu dalam pergaulan sosialnya. Setiap individu menjadi saling menghargai dan bantu membantu dalam kebaikan. Justru budaya yang beraneka ragam ini menjadi begitu indah jika dilihat. Menjadi kekayaan dan aset tersendiri bagi suatu bangsa. Hendaknya kekayaan budaya ini dapat dilestarikan dan tetap ada sampai anak cucu nanti.

Cara melestarikan budaya sangat bergantung dari individu lokal. Setiap daerah yang peduli terhadap budayanya akan mengajarkannya pada anak-anak yang ada di daerah tersebut. mereka menyadari bahwa anak – anak yang sekarang akan menjadi orang dewasa sepuluh tahun lagi. Dan kelestarian budaya sangat bergantung pada mereka.

4. Menjadikan kita bersyukur

Manfaat mempelajari ilmu antropologi menjadikan kita pandai bersyukur. Bersyukur karena menyadari begitu banyak sikap masyarakat dalam bergaul dan juga bersyukur karena keanekaragaman budaya yang dimiliki. Ini menjadikan kita tahu bahwa pengetahuan bukan hanya sebatas ilmu sains saja tapi ada juga ilmu sosial dan ilmu alam yang haru kita pelajari.  Bagaimana cara suatu alam memberikan tanda-tanda dalam kehidupan manusia. Contohnya saat akan hujan alam di sekitar akan tampak mendung. Awan hitam akan berkumpul di daerah tersebut kadang disertai dengan angin kencang dan sesekali terdengar suara petir. Indah sekali bukan ilmu antropologi jika dipelajari.

(Baca juga : Manfaat awan bagi kehidupan manusia)

5. Lebih mudah mencari solusi dari suatu masalah

Ilmu antropologi lebih fokus pada suatu masalah dari segi pergaulan sosial di lingkungan masyarakat. Ilmu ini membahasa sangat detail dan transparan. Kesimpulan yang di ambil bisa saja dari beberapa buku ataupun mengamati perilaku masyarakat secara lansung. Bisanya musyawarah juga dilakukan karena manfaat musyawarah untuk kehidupan sehari -hari dalam mencari solusi. Jadi jika terjadi suatu masalah dalam perilaku masyarakat tersebut manfaat yang diambil dari ilmu antropologi ini adalah bisa dengan mudah mencari solusi dari masalah yang ada di masyarakat. Ini karena ilmu antropologi membahas secara lebih teliti dan detail.

Tujuan antropologi

Selain manfaat antropologi yang memiliki bnayak manfaat, ilmu antopologi ini juga memiliki tujuan jika di pelajari. Berikut ini tujuan mempelajari ilmu antroplogi :

  • Mengetahui unsur kemanusiaan secara keseluruhan

Unsur kemanusiaan secara keseluruhan sangat penting untuk diketahui karena tujuan dari ilmu antropologi ini. Sebagai makhluk sosial manusia hidup secara bermasyarakat dan tidak bisa hidup sendiri-sendiri. Disini peran orang lain untuk membantu kita sangat penting karena manusia merupakan makhluk sosial.

  • Prinsip-prinsip perilaku tiap masyarakat diketahui lebih jelas dan terbuka

Ilmu antropologi ini juga menfokuskan pembahasan dan penelitiannya terhadap prinsip tiap masyarakat. Penelitian diambil secara langsung sehingga hasil dari penelitian ini bisa dijadikan dasar ilmu pengetahuan. Penelitian ini lebih jelas dan rinci membahas perilaku setiap mansyarakat dan terbuka . Terbuka untuk di jelaskan pada orang – orang yang juga tertarik dengan ilmu antropologi ini.

  • Memahami tata cara kehidupan suatu masyarakat dari zaman dahulu sampai zaman sekarang

Tatanan kehidupan masyarakat yang hidup di zaman dahulu sangat berbeda dengan zaman sekarang, zaman yang modern. Di zaman dahulu segala teknologi belum seperti sekarang sehingga untuk berkomunikasi memang hanya tatap mata saja. Sehingga saat itu pergaulan yang ada di zaman dahulu hanya sebatas kelompok yang tinggal berdekatan saja. Di zaman sekarang manfaat it teknologi banyak membantu komunikasi. Macam – macam alat komunikasi dan manfaatnya dapat digunakan secara maksimal. Dari jarak jauhpun masih bisa terhubung untuk melakukan komunikasi.

 Antropologi Dalam Metode Penelitian

Setiap metode penelitian menggunakan cara yang berbeda – beda, untuk metode penelitian dalam ilmu antropologi adalah sebagai berikut  :

  • Deskriptif adalah suatu gambaran yang membahsa tentang kehidupan masyarakat di suatu bangsa.
  • Holistik adalah Kehidupan manusia yang dibahas dari segi yang umum dan keseluruhan sehingga semua tampak secara rata.
  • Komparatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mebandingkan kehirupan suatu masyarakat. Perbandingan ini diambil dari perbandingan tahun dulu dan tahun sekarang serta perbandingan suatu negara dalam perilakunya
  • Kualitatif adalah penelitian yang tidak membahsa tentang angka.

Manfaat penelitian ini dapat dijadikan tolak ukur dan menambah pengetahuan lagi tentang ilmu antoroplogi yang lebih luas.

, ,
Post Date: Saturday 11th, June 2016 / 04:11 Oleh :
Kategori : Sosial