11 Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam bagi Kehidupan

Saat kita bersekolah dulu, pasti kita sudah pernah mempelajari ilmu pengetahuan alam. Bahkan sejak duduk di Sekolah Dasar (SD) kita juga sudah belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Tapi setelah belajar sejak lama apakah kita mengetahui apa yang di maksud dengan Ilmu Pengetahuan Alam tersebut? Banyak pengertian mengenai ilmu pengetahuan alam ini.

Menuntut ilmu merupakan suatu hal yang wajib di jaman sekarang ini. Dengan ilmu pengetahuan seeorang akan berfikir dengan matang dan dapat mengambil keputusan yang tepat karena disertai dengan bahan pertimbangan dari berbagai aspek. Ilmu pengetahuan juga dapat mewujudkan cita-cita seseorang di masa depan. Untuk itu manfaat menuntut ilmu sejak usia dini hingga ke jenjang perguruan tinggi akan dilakukan oleh seseorang yang bersungguh-sungguh dalam mewujudkan mimipinya agar tercapai.

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam dengan hukum-hukum yang pasti. Biasanya kebanyakan orang menyebut Ilmu Pengetahuan Alam dengan ilmu pasti. Berikut pengertian Ilmu Pengetahuan Alam menurut para ahli:

  1.  Menurut H.W Fowler et-al, Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu sistematis dan telah dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan berdasarkan pengamatan.
  2. Menurut Nokes, Ilmu Pengetahuan Alam adalah pengetahuan teori yang didapatkan dengan cara khusus.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu ilmu yang didapatkan dengan cara melakukan penelitian, pengujian, penyusunan teori, kesimpulan, kemudian di uji lagi dan diteliti lagi begitu seterusnya ilmu ini saling berkait satu dengan yang lain.

Ilmu pengetahuan alam identik dengan hal-hal ekosistem, pertumbuhan alam dan juga makhluk hidup. Ini dikatagorikan dalam ilmu biologi. Manfaat belajar ilmu biologi itu sendiri dapat disimpulkan sebagai bekal mengetahui seluruh ekosistem yang ada di dunia menyangkut alam sekitar hingga ke akar-akarnya. Yang juga mewakili pengetahuan terhadap makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya.

Ilmu Pengetahuan Alam memiliki beberapa cabang ilmu lainnya. Namun pada beberapa cabang ilmu tersebut pernah kita pelajari sejak duduk di bangku sekolah. Berikut beberapa cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang ada:

  • Biologi ; adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup (organisme).
  • Ekologi ; adalah ilmu yang membahas tentang interaksi makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan.
  • Kimia ; adalah ilmu yang membahas mengenai materi yang terdiri dari komposisi, sifat zat, aturan, dan perubahan akan zat tersebut serta seluruh materi yang menyertainya.
  • Astronomi ; adalah ilmu yang mempelajari tentang objek dan kejadian-kejadian yang terjadi diluar bumi. Seperti contoh planet, komet, bintang,dll.
  • Geologi ; adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang keseluruhan material yang ada di bumi.
  • Fisika ; adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat dan gejala-gejala yang terjadi pada benda-benda di bumi.

Setelah mengetahui pengertian Ilmu Pengetahuan Alam dan beberapa cabang ilmu yang terkandung didalamnya, selanjutnya kita harus mengetahui apa manfaat atau fungsi bagi kita mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam tersebut. Alam yang memiliki keberagaman yang melimpah menjadikan terbentuknya pengelompokkan untuk mempelajari lebih dalam, alam juga yang paling dekat dengan kehidupan semua makhluk hidup. Termasuk dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, terlebih di Indonesia yang cukup kaya akan alam yang murni.

Manfaat sumber daya alam memang sudah tidak diragukan lagi, dengan adanya alam kehidupan semua makhluk hidup dapat berjalan dengan lancar, terpenuhi dan nyaman. Contoh kecil seperti oksigen, manfaat oksigen untuk bernafas menjadi faktor utama manusia bisa bertahan hidup. Pun juga sama dengan manfaat cahaya matahari untuk menyinari bumi agar udara dalam bumi berputar dan bernetralisir.

Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam berguna agar kita bisa mengetahui segala hal mengenai lingkungan hidup yang berhubungan dengan alam. Selain itu ada beberapa manfaat lagi dari mempelajari ilmu ini, berikut beberapa manfaat lainnya:

  1. Menimbulkan rasa ingin tahu terhadap kondisi lingkungan alam.
  2. Memberikan wawasan akan konsep alam yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Ikut menjaga, merawat, mengelola, dan melestarikan alam
  4. Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide mengenai lingkungan alam disekitar.
  5. Konsep yang ada dalam Ilmu Pengetahuan Alam berguna untuk menjelaskan berbagai peristiwa-peristiwa alam dan menemukan cara untuk memecahkan permasalahan tersebut.
  6. Membangun rasa cinta terhadap alam yang telah di ciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
  7. Menyadari pentingnya peran alam dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Dapat memberikan pengetahuan tentang teknologi dan dampak serta hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari.
  9. Memberikan Pengetahuan untuk mengetahui perkembangan makhluk hidup dari zaman ke zaman.
  10. Memberikan pengetahuan tentang perkembangan proses penciptaan alam semesta hingga seperti saat ini.
  11. Membantu manusia dalam pengembangan IPTEK.

Banyak lagi sebenarnya manfaat-manfaat dari mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam tersebut. Semua perkembangan yang kita rasakan saat ini adalah merupakan manfaat dari kemajuan Ilmu Pengetahuan Alam. Termasuk teknologi-teknologi canggih yang kita nikmati sekarang ini merupakan efek dari perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam.