13 Manfaat Mika dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegunaan mineral mika masih tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan banyak orang yang belum familiar dengan mika tersebut. Selama ini orang hanya mengenal mika sejenis plastik, selain itu orang tidak mengetahui apa itu mika dan apa itu manfaatnya. Mika hanya dikenal di beberapa kalangan saja, sedangkan masyarakat luas tidak mungkin hanya tahu, mika sebagai wadah makanan saja. Lalu apa sebenarnya mika dan manfaatnya??

Pengertian Mika

manfaat mikaMika adalah sejenis mineral di dalam bumi, mika dalam skala kecil akan terlihat gemerlapan. Mika juga merupakan mineral silikat berupa lembaran-lembaran yang bisa diterapkan dalam berbagai komponen elemen. Selain sebagai elemen dan mineral, mika juga bisa digunakan dalam berbagai peralatan elektronik dan juga berbagai perlengkapan elektronik. Bisa dikatakan mika akrab dengan dunia manusia.

Masyarakat pada umumnya hanya sedikit yang mengenal tentang mineral mika ini. Dahulu kala, mika dianggap sebagai mineral yang langka dikarenakan susah untuk ditemui. Namun saat ini mika bukan mineral yang langka dan mahal dikarenakan mika mudah ditemui terutama saat mineral mika ditemukan di negara Afrika dan juga Amerika.

Berikut ini berbagai macam manfaat mika yang harus diketahui :

1. Digunakan dalam Industri Mesin

Mineral mika sangat bermanfaat dalam industri mesin, sehingga tidak heran ada mesin dalam proses industrinya menggunakan mineral mika. Kini industri mesin banyak yang memanfaatkan mika, hal itu dikarenakan sifat mika sebagai penghantar listrik yang lemah. Hal ini tentu saja berbeda dengan mineral lain seperti :

2. Diperlukan dalam Industri Listrik

Mineral mika saat ini juga dimanfaatkan dalam industri listrik. Pemakaian mineral mika dalam industri listrik kini bisa ditemui dan banyak dijumpai. Alasan penggunaan mika dalam industri listrik adalah sama dengan industri mesin. Hal itu dikarenakan mika memiliki daya hantar terhadap listrik yang lemah, seperti manfaat belerang.

3. Pembuatan Pasta Gigi

Kini banyak serbuk mika yang dicampurkan pada merk pasta gigi. Kebanyakan mika yang digunakan adalah mika putih yang telah berbentuk serbuk. Manfaat mika juga memiliki kegunaan untuk kesehatan. Penggunaan mika dalam merk pasta gigi bisa sebagai amplas atau pemolesan pada permukaan gigi. Warna serbuknya yang putih dipercaya bisa membuat permukaan gigi berwarna putih dan juga kembali putih.

Orang yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan terlalu banyak mengkonsumsi kafein seperti teh dan kopi wajib untuk mencari pasta gigi yang komposisinya menggunakan serbuk mika putih di dalamnya. Perokok dan peminum kafein rentan untuk memiliki gigi yang kuning bahkan cenderung hitam.

4. Membuat Gigi Berkilauan

Ada klinik kecantikan gigi yang menggunakan manfaat mika di dalamnya. Mika tersebut telah diubah menjadi merk kesehatan dan kecantikan gigi yang bermanfaat untuk mempercantik gigi dan juga memperindah gigi. Treatment mempercantik gigi menggunakan serbuk mika termasuk mahal dikarenakan efeknya pun sepadan dengan harganya.

Treatment menggunakan serbuk mika tersebut bisa membuat gigi menjadi berkilauan seperti berlian. Treatment tersebut telah dicoba oleh artis-artis yang memiliki kantong tebal. Namun ada pula tanaman herbal yang lebih murah yakni :

5. Riasan Wajah

Tidak hanya untuk industri saja, manfaat mika juga digunakan untuk riasan wajah. Sifat mika yang gemerlapan cocok untuk diaplikasikan dalam riasan dikarenakan bisa membuat kulit wajah yang dirias menjadi berseri-seri dan gemerlapan. Wajah yang berseri-seri akan terlihat lebih jernih. Aplikasi mika juga bermanfaat untuk menutup ketidaksempurnaan wajah berupa flek hitam, kulit wajah tidak merata, jerawat dan masih banyak lagi lainnya.

6. Berguna untuk Membuat Jendela

Mineral mika juga bermanfaat untuk pembuatan dalam jendela, pembuatan jendela akan melibatkan mineral mika yang telah diubah menjadi lembaran jendela. Elemen mika ini dipilih untuk pembuatan jendela dikarenakan tahan terhadap berbagai suhu, entah itu suhu panas maupun suhu dingin. Mineral mika sifatnya bisa menggantikan atau mengganti lembaran kaca dan ketahanan mika terhadap variasi suhu lebih tinggi dibandingkan dengan kaca.

Oleh sebab itulah saat ini industri banyak yang menggunakan lembaran mika untuk pembuatan jendela bangunan. Hal ini seperti manfaat cermin datar yang digunakan untuk jendela.

7. Kondensator Frekuensi Radio

Mika bemanfaat dalam pembuatan kondensator dalam pembuatan frekuensi radio. Hal itu dikarenakan sifat mika yang memiliki dielektrik yang kuat dan juga kestabilan kimiawi, yang membuat mika cocok dalam penerapan frekuensi radio.

8. Komponen pada Peralatan Listrik

Mika juga bermanfaat dalam peralatan listrik. Dalam peralatan listrik, mika berfungsi sebagai insulator di peralatan listrik yang tinggi.

9. Pembuatan Kompor

Mineral mika memiliki sifat tahan panas, sifat tahan panas. Sehingga tersebutlah membuat mika bermanfaat dalam pembuatan jendela kompor. Tidak hanya itu saja, sifat tahan panasnya bermanfaat dalam pemanasan minyak tanah.

10. Mencegah Korsleting

Dalam industri listrik, manfaat mika memiliki kegunaan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik. Hal itu dikarenakan mika bisa bermanfaat sebagai pemisah dalam penghantar listrik dalam kabel listrik. Mika memiliki sifat tahan api sehingga di dalam mika terdapat kesatuan sirkuit. Agar penghantar listrik tidak bersatu bisa menggunakan mika yang memiliki sifat tahan api sehingga bisa menjalankan fungsinya sebagai pemisah konduktor.

11. Mencegah Pembengkakan Molekul Air

Mika bermanfaat mencegah pembengkakan molekul air. Hal itu dikarenakan mika lempung atau disebut dengan lilit mempunyai kapasitas dalam penukaran lempung di antara lapisan-lapisan mika.

12. Membuat Tabung Geiger Muller

Mika bisa bermanfaat dalam pembuatan tabung geiger muller dikarenakan sifat mika mudah ditekan dan dijadikan sebuah saput atau film tipis. Fungsi dari tabung itu adalah melakukan deteksi jika partikel alfa rendah.

13. Pembuatan Struktur Kawat Pemanas

Mineral mika bermanfaat untuk pembuatan kawat pemanas karena sifatnya yang tahan panas. Pelat mika bisa bertahan dalam suhu mencapai 900 derajat celcius.


Berbagai Jenis Mika

Mika yang ada di dunia ini hanya terdiri dari dua jenis saja, banyak orang yang tidak tahu jenis-jenis dari mika. Berikut ini jenis mika yang harus diketahui :

  1. Mika muscovit. Mika ini memiliki rumus kimia berupa K2O . 3A12O3 . 6SiO2 . 2H2O. Mika jenis ini memiliki resistivitas sebanyak 1012-1016 ohm.cm
  2. Mika flogopit. Mika ini memiliki rumus kimia K2O . 6MgO . 3A12O3 . 6SiO2 . 2H2O. Resistivitas dari mika jenis ini adalah 1013 – 1014 ohm.cm


Proses Terbentuknya Mineral Mika

Mineral mika tidak tercipta dan terbentuk begitu saja, namun pembentukan mineral ini melalui berbagai macam proses alam yang dilalui. Berikut ini adalah proses pembentukan atau terbentuknya mineral mika :

  1. Mineral mika terbentuk dari magma yang membeku.
  2. Magma yang membeku akan membentuk butiran-butiran kristal atau bisa dikatakan magma yang membeku mengalami kristalisasi.
  3. Proses kristalisasi magma tiu terjadi pada suhu sekitar 1000 derajat celcius dan terbentuk pada batuan beku.
  4. Semua batuan beku itu membentuk materi sedimen dan berada pada batuan sedimen.
  5. Mineral mika juga ditemukan pada batu matamorf karena mineral mika tersebut tahan terhadap perubahan bentuk atau proses metamorfosa pada batuan metamorf sehingga sering ditemukan pada batuan metamorf.


,
Oleh :
Kategori : Alam