4 Manfaat Tanah Longsor Bagi Manusia

Tanah merupakan pijakan bagi setiap makhluk hidup yang ada diatas bumi. Tanah kadang bisa longsor karena beberapa sebab. Penjelasan mengenai tanah lonsor terjadi akibat gerakan tanah atau pergerakan masa bebatuan. Longsor  kadang bisa terjadi akibat daya gravitasi bumi atau karena masalah alam lainnya. Berikut ini penyebab dari longsornya tanah akibat bencana alam antara lain :

  • Hujan yang sangat lebat bisa mengakibatkan tanah menjadi longsor. Ini biasanya terjadi akibat tanah yang tidak ditumbuhi pepohonan. Akibatnya kemampuan tanah untuk menampung air hujan tidak memadai dan terjadilan longsor. (Baca juga : Manfaat air hujan bagi kehidupan manusia)
  • Gempa bumi terbagi menjadi dua jenis yaitu gempa bumi vulkanik dan gempa bumi tektonik. Gempa bumi vulkanik berasal dari gunung merapi dan gempa tektonik terjadi akibat tabrakan dua lempeng pada bumi. Jika gempa bumi yang terjadi begitu kencang makan bisa mengakibatkan tanah longsor.
  • Penebangan pohon secara liar, dimana akibatnya hutan menjadi gundul dan hal ini dapat mengakibatkan tanah longsor sewaktu-waktu.

Baca juga :

Ketiga hal diatas bisa menjadi salah satu faktor yang jadi penyebab tanah longsor. Namun di sisi lain tanah yang longsor tidak hanya memiliki dampak negatif saja. Terdapat juga beberapa manfaat positif dari tanah longsor ini. Berikut ulasan mengenai manfaat tanah longsor untuk Anda :

1.Tempat penelitian baru

Dengan terjadinya tanah longsor disuatu tempat bisa menjadi tempat penelitian subjek terbaru bagi para peneliti. Dimana tempat penelitian yang baru dapat diteliti tentang struktur tanahnya dan bagaimana longsor dapat terjadi di daerah tersebut. Sehingga diharapkan kemudian bisa menjadi pembelajaran agar musibah alam ini dapat diatasi dengan baik. Sehingga tidak ada lagi kerugian moril dan materil yang terjadi akibat bencana alam. Tempat penelitian baru ini tentu harus mendapatkan izin juga olah pengelola disana untuk dilakukan penelitian. Dan hasil dari penelitian semoga bisa menjadi pedoman bagi setiap orang terutama orang yang berada di kawasan perbukitan.

Artikel terkait :

2. Rasa kepedulian semakin tinggi

Saat terjadi bencana di suatu tempat rasa kepedulian diperlukan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah. Hal ini juga secara lansung menjadikan rasa kepedulian semakin tinggi karena ikut merasakan apa yang mereka rasakan. Untuk sekarang kemajuan teknologi memudahkan semuanya berbagi informasi. Sehingga berita terbaru dapat diterima dengan cepat dan akurat. Dan tidak sedikit orang yang langsung turun langsung ke lapangan untuk membantu para korban sebelum menunggu instruksi dari Pemerintah. Karena bencana memang tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Yang diperlukan hanyalah segera menolong korban bencana agar keadaan dapat diatasi dengan cepat. Dan bantuan bagi para bencana dapat terealisasikan dengan segera seperti makanan dan minuman bagi mereka.

Artikel terkait :

3. Meningkatkan sikap waspada

Sikap waspada memang diperlukan untuk menjaga-jaga diri sendiri dan keluarga. Waspada dapat menjadikan Anda lebih peka terhadap lingkungan dan berusaha untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan kesalahan pengambilan langkah. Meningkatkan sikap waspada di rasa perlu dan penting bagi setiap orang. Waspada juga ikut menguntungkan diri sendiri terutama. Jadi tidak ada salahnya untuk meningkatkan sikap waspada yang merupakan manfaat positif dari tanah longsor.

4. Sadar menjaga kelestarian hutan

Berikutnya manfaat dari tanah longsor adalah meningkatkan kesadaran untuk menjaga kelestarian hutan. Hutan merupakan penyedia oksigen bagi makhluk hidup dan sekaligus tempat tinggal beberapa hewan. Kelestarian hutan erat kaitannya dengan sikap manusia yang tidak sembarangan untuk melakukan penebangan liar. Penebangan liar yang dilakukan secara sembarangan dapat mengkibatkan tanah longsor dan menimbulkan bencana bagi orang lain dan diri sendiri. Itulah kenapa reboisasi sangat digalakkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk melakukan penanaman kembali bibit pohon yang baru sehingga hutan kembali ditumbuhi pohon baru dan tidak menjadi gundul.

(Baca juga : Manfaat hutan bagi kehidupan makhluk bumi)

Itulah beberapa manfaat dari tanah longsor yang bisa diambil hikmah dan pelajarannya bagi kita semua.