8 Manfaat Sumber daya Alam Nabati Dalam Kehidupan

Manfaat Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang terdapat pada alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Manfaat Sumber daya alam bagi manusia di dunia ini terbagi menjadi dua sumber daya alam, yaitu :

  • Sumber daya alam nabati

sumber daya alam nabati merupakan sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dimana biasa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sandang, pangan man papan. Sumber daya alam nabati sangat banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia, baik itu dimanfaatkan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

  • Sumber daya alam hewani

sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam yang berasal dari hewan, seperti binatang-binatang yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memudahkan dan memperlancar kehidupan manusia.

Sumber daya alam di dunia dan pada penjabaran diatas terdapat dua sumber daya alam, yaitu sumber daya alam nabati dan sumber daya alam hewani. Namun pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai sumber daya alam nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. berikut pembahasan lebih lanjut mengenai sumber daya alam nabati.

Contoh Sumber Daya Alam Nabati

banyak sekali sumber daya alam nabati, diantaranya yang termasuk sumber daya alam nabti meliputi : padi, jagung, kayu, ubi, ubi ungu, kapas, serat, cengkeh, kenananga, atsiri, tengkawang, sereh, bunga-bunga hiasan atau budidaya seperti angrek, segala jenis kayu yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kursi dan sejenisnya, tebu, tembakau, kopi, teh dan lain sebagainya yang dapat digunakan sebagai bahan industri terumtama bahan pangan. Jenis-jenis atau cotoh dari sumber daya alam nabati sangat banyak, yang diuraikan di atas hanya sebagian kecil saja. Yang jelas bahwa sumber daya alam nabati adalah sumber daya yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Untuk itu segala yang terdapat pada tumbuhan dapat disebut dengan sumber daya alam nabati.

Selain cotoh sumber daya nabati yang telah dipaparkan di atas ada beberapa hal yang perlu dipaparkan lagi agar pengetahuan mengenai sumber daya alam nabati semakin banyak, pada kesempatan kali ini akan lebih lanjut membahas menganai manfaat sumber daya alam nabati.

Manfaat Sumber Daya Alam Nabati

  1. Sebagai bahan pangan

Tentu kita sudah mengetahui dengan jelas bahwa bahan pangan didapatkan dari berbagai tumbuhan salah satunya, dan sumber daya alam nabati pula berasal dari tumbuhan, itu sebabnya mengapa sumber daya alam menjadi memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. karena bagaimanapun kebanyakan manusia memanfaatkan sumber daya nabati sebagai sumber pangan untuk bertahan hidup.

  1. Sebagai bahan sandang

Tak hanya sebagai sumber pangan saja, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan sandang manusia. Dengan adanya sumber alam nabati sebagai sumber pangan manusia dapat memenuhi dan menompang kehidupan manusia.

  1. Sebagai tempat tingal

Sumber daya alam nabati diantaranya adalah kayu, nah, kayu inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Yaitu kayu-kayu yang ada dibuat rumah untuk tingal dan berteduh. (baca-manfaat pondasi rumah)

  1. Sebagai pemenuhan kebutuhan

Kebutuhan manusia tidak letas dari sumber daya alam nabati, untul itu mengapa fungsi dari sumber nabati adalah sebagai pemenuhan kebutuhan.


  1. Sebagai penunjang industri

Bahan-bahan alam seperti kayu, cengkeh, kopi, tebu dan lain sebagainya tentu memiliki manfaat untuk menunjang industri pabrik untuk membuat bahan pangan maupun mebel.

  1. Sebagai perlengkapan rumah

Perlengkapan rumah yang dimaksud meliputi berbagai jenis mebel seperti meja, kursi, almari, manfaat jendela, dan lain sebagainya.

  1. Sebagai obat-obatan

Beberapa sumber daya alam nabati dapat digunakan untuk obat seperti manfaat kunyit, Manfaat mengkudu, manfaat pareManfaat kiwi dan lain sebagainya.

  1. Sebagai bahan budidaya atau tanaman budidaya

Beberapa tanaman yang dapat dibudidayakan salah satunya adalah tanaman angrek, karena manfaat bunga angrek memiliki keindahan sebagai bunga.

Delapan manfaat sumber daya alam nabati ini cukup penting untuk diketahui agar dapat memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal, sehinga manfaat yang dihasilkan oleh alam terutama tumbuhan tidak terbuang sia-sia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 25th, January 2017 / 03:27 Oleh :
Kategori : Alam