Manfaat Daun Sambiloto Untuk Diabetes Melitus

Sambiloto merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tergolong dalam tumbuhan liar. Sambiloto merupakan salah satu tumbuhan liar yang banyak ditemukan di kebun, tepi sungai, pekarangan dan tempat lembab lainnya. Sambiloto merupakan tanaman liar bertangkai pendek hanya sekitar 90 cm dan memiliki buah seperti kapsul tajam berbentuk corong. Walaupun tergolong dalam tumbuhan liar, namun sambiloto ini juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk mengobati begbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan karena daun sambiloto memiliki banyak kandungan yang dapat dijadikan sebagai obat. Selain itu, sambiloto memiliki kandungan zat aktif seperti andropholide dan glukosida diterpen. Salah satu jenis penyakit yang dapat diatasi oleh daun sambiloto adalah penyakit diabetes.

artikel terkait:

Kandungan Sambiloto Yang Dapat Menyembuhkan Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat. Penyakit yang disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam darah melebihi nilai normal. Meningkatnya kandungan gula darah disebabkan karena kurangnya kadar insulin, baik absolut maupun relatif. Untuk itu, apabila gula darah dalam tubuh sudah melebihi nilai normal, maka perlu distabilkan kembali. Selain menggunakan obatobatan kimia, untuk menurunkan kadar gula darahdalam tubuh dapat mengguanakan obat alami, salah satunya adalah daun sambiloto.

Sambiloto memiliki kandungan aktif yakni andropholide dan glukosa diterpen. Zat andropholide yang ada dalam daun sambiloto terbukti memiliki efek hipoglikemik  yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut telah diteliti oleh fakultas farmasi UGM dan dari ITB. Dari beberapa penelitian yang telah dikukan dengan menggunakan percobaan tikus jantan dan kelinci, rebusan daun sambiloto ini terbukti dapat megurangi kandungan gula dalam darah tikus dan kelinci tersebut. Kadar gula normal yang ada pada orang yang sedang tidak berpuasa adalah 200 mg/dl, sedangkan pada orang yang berpuasa kandungan gulanya kurang dari 120-140 mg/dl. Jika kadar gula darah melebihi ukuran tersebut, maka harus segera dinormalkan kembali agar tidak menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.

artikel terkait: manfaat biji rambutanmanfaat daun sirsak untuk diabetesmanfaat buah naga untuk diabetes

Cara Mengatasi Diabetes dengan Sambiloto

Untuk mengatasi peningkatan gula darah dalam tubuh, mengkonsumsi air seduhan sambiloto dapat digunakan untuk menurunkan gula darah sehingga tidak terjadi penyakit diabetes. Berikut cara meracik daun sambiloto untuk mengobati diabetes:

  1. Ambil sekitar 5 helai daun sambiloto, dan cuci bersih
  2. Siapkan satu gelas air panas yang sudah matang
  3. Seduh daun sambiloto di dalam gelas berisi air panas tersebut
  4. Tunggu hingga dingin kemudian saring
  5. Air seduhan daun sambiloto ini dapat diminum dua kali dalam sehari, minum secar rutin agar gula darah dalam tubuh dapat berkurang

artikel terkait: manfaat cabe bagi penderita diabetesmanfaat mahkota dewa untuk diabetesmanfaat buah naga bagi penderita diabetes

Selain dengan diseduh, daun sambiloto juga dapat diracik dengan cara di rebus. Berikut cara meracik daun sambiloto dengan cara di rebu :

  1. Ambil beberapa helai daun sambiloto yang sudah dicuci bersih
  2. Rebus 1 liter air yang sudah berisi sambiloto hingga mendidih
  3. Usahakan air rebusan daun sambiloto hanya tersisa sekitar 250 cc
  4. Tunggu hingga tidak terlalu panas dan konsumsi secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

artikel terkait: manfaat chia seedmanfaat buah cecendetmanfaat olahraga untuk diabetes

Pengobatan herbal menggunakan bahan-bahan alami memang banyak dikembangkan agar banyak penyakit dapat diobati dengan mudah dan murah. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang yang ada disekitar rumah, beberapa penyakit dapat diatasi salah satunya adalah diabetes. Namun, selain melakukan dengan obat alami, perlu juga diperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat agar mempercepat proses pengobatan.