23 Manfaat Daun Inggu Bagi Kesehatan

Daun Inggu adalah tanaman yang berasal dari Eropa ataupun Afrika. Daun Inggu memiliki berbagai manfaat yang dapat digunakan untuk kesehatan. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias ataupun biasanya tanaman ini biasanya memiliki habitat yang liar yang dimana tanaman ini bisa ditemukan di mana saja asalkan tempat itu mempunyai paparan sinar matahari yang cukup, biasanya tanaman ini sering ditemukan di ladang. Daun Inggu sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat, Sebab daun Inggu memiliki berbagai manfaat yang dipercaya sangat ampuh untuk mengobati luka mengobati kejang-kejang, mengobati ayan, dan juga mengobati demam, Selain itu ternyata daun Inggu juga bersifat anti radang. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang wajib ditanam sebagai apotik hidup sebab daun Inggu memiliki berbagai manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas.  untuk lebih jelasnya berikut akan kami paparkan beberapa manfaat daun Inggu untuk kesehatan anda. Sebelum mengetahui manfaat daun Inggu ini anda juga perlu mengetahui kandungan apa saja yang ada pada tanaman Ungu, kandungan yang ada pada daun Inggu antara lain Katone, flaveol, bergapten, asam modic, rutin, tannin, kokusaginin, pinena, edulinine, dll. Meski di dalam tanaman ini memiliki racun namun segala yang dimiliki oleh daun Inggu ini sangatlah kecil sehingga tanaman umum ini sangat jarang mengibatkan orang keracunan. Untuk itu daun Inggu ini memang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan anda.  (Baca Juga: Manfaat Mengkonsumsi Asinan Sayuran , Manfaat Sayur Cikri )

Manfaat Daun Inggu

  1. Meringankan sakit kepala atau pusing

Tanaman umum dapat digunakan untuk meringankan sakit kepala ataupun pusing, sebab kandungan yang ada pada tanaman Ummu ini akan membantu tubuh untuk mengurangi rasa sakit pada kepala ataupun rasa sakit pada bagian bagian lainnya. (baca juga : Manfaat ParasetamolManfaat obat neuralginManfaat tramadol)

  1. Bersifat analgesik

Tanaman dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri ataupun sakit sebab tanaman ini bersifat analgesik yang di mana sifat tersebut membantu untuk mengurangi rasa nyeri.  (Baca Juga: Manfaat Susu Boneto , Manfaat CDR)

  1. Menurunkan demam atau panas

Daun ungu dapat digunakan untuk menurunkan demam atau panas pada anak, Sebab daun ungu ini memiliki sifat diuretik yang berkemampuan untuk menurunkan demam atau panas pada. Sehingga daun ini dapat dijadikan alternatif untuk mengobati panas ataupun demam pada anak. (Baca Juga: Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan )

  1. Mengobati sakit gigi

Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa daun Inggu ini memiliki sifat analgesik yang di mana sifat tersebut dapat meredam nyeri atau sakit sehingga daun Inggu ini dapat digunakan untuk menyembuhkan atau mengurangi rasa sakit dan nyeri pada seseorang yang mengalami sakit gigi. (baca JUGA : manfaat kumur dengan air garammanfaat getah jarak)

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan yang terdapat dalam tanaman Ummu ini dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka khususnya dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka akibat gigitan Hewan seperti ular dan kalajengking. (Baca Juga: Sistem Kekebalan Tubuh)

  1. Menetralkan racun

Kandungan yang terdapat dalam daun Inggu ini juga dapat digunakan untuk menetralkan racun terutama daun Inggu ini dapat digunakan untuk menetralkan racun akibat makanan dan juga dapat menetralkan racun akibat obat-obatan. Air putih juga memiliki manfaat untuk menetralkan racun atau mendetox racun pada tubuh, itulah manfaat air putih yang juga perlu diketahui. (Baca juga: Manfaat Vitamin B6 )

  1. mengobati cacingan

Daun Inggu ini dapat digunakan untuk mengobati cacingan sebab tanaman Ummu ini dapat mengeluarkan cacing yang ada dalam tubuh sangat cocok untuk anak yang memiliki penyakit cacingan.  (Baca Juga: Manfaat Talas untuk Diet  , Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet)

  1. Menyembuhkan penyakit yang terkait dengan organ hati

Tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang terkait dengan organ hati misalnya seperti menyembuhkan penyakit hepatitis atau penyakit kuning.

  1. Dapat melancarkan sirkulasi haid

Bagi Anda yang memiliki sirkulasi haid yang tidak teratur maka anda dapat menggunakan daun Inggu ini untuk mengobati sirkulasi haid agar sirkulasi haid dapat menjadi teratur. (Baca Juga: Manfaat Albothyl untuk Sariawan)

  1. Dapat mengobati radang paru-paru

Daun Inggu ini dapat digunakan untuk mengobati radang paru-paru karena tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat digunakan untuk mencegah peradangan sehingga tanaman ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengobati radang paru-paru. (Baca Juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kulit)

  1. dapat mengobati radang hati

Seperti yang telah dijelaskan pada point Nomor 10 bahwa daun Inggu ini memiliki anti inflamasi sehingga daun Inggu ini juga dapat digunakan untuk mengobati atau mencegah peradangan pada hati. (Baca Juga: Manfaat Buncis Untuk Kolesterol)

  1. Mengobati memar

Rasa memar yang ada dalam tubuh dapat diobati menggunakan daun Inggu ini Sebab di dalam tanaman umum ini memiliki berbagai kandungan yang dapat digunakan untuk mengobati memar tersebut.  (Baca juga: Manfaat vitamin C Untuk Kulit)

  1. Mengencerkan dahak

Tanaman ini sangat efektif digunakan untuk mengencerkan dahak sehingga tanaman ini dapat digunakan untuk pengobatan seseorang yang mengalami penyakit batuk. (Baca Juga: Manfaat Daun Bungur  , Manfaat Daun Zodia )

  1. Mengatasi kejang pada anak

Kandungan yang terdapat dalam daun Inggu ini dapat digunakan untuk mengatasi kejang pada anak, sehingga tanaman ini dapat digunakan untuk salah satu alternatif penyembuhan kejang pada anak. (Baca juga: Manfaat Belimbing Besi , Manfaat Nasi Liwet)

  1. Mengatasi kolik

Banyak sekali manfaat yang akan anda peroleh dari daun Inggu ini salah satunya dengan daun Inggu ini anda dapat mengatasi kolik.

  1. Menyembuhkan ayan

Daun Inggu ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ayan, daun Inggu ini merupakan salah satu obat herbal untuk penyakit ayan.  (Baca Juga:  Manfaat Whey Protein , Manfaat Protein)

  1. Mempercepat penuaan bisul

Tanaman ini juga sangat efektif digunakan untuk mempercepat penuaan bisul, sehingga Anda dapat mengobati bisul secara cepat.

  1. Meringankan sakit tenggorokan

Daun Inggu ini merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk meringankan sakit tenggorokan. Sebab di dalam tanaman ini memiliki kandungan-kandungan yang dapat digunakan untuk meringankan sakit tenggorokan. (Baca Juga: Manfaat Daun Belalai Gajah )

  1. Mengatasi peradangan Vena

Peradangan pada Vena juga dapat diatasi dengan menggunakan daun Inggu ini, sebab daun Inggu ini memiliki kandungan yang dapat mengobati peradangan. (baca juga: manfaat daun sirsak untuk kesehatan kulit dan rambutmanfaat daun kemangi untuk kesehatan kulit dan rambut)

  1. Mengatasi radang bernanah

Radang bernanah pada permukaan kulit sangat tidak disukai banyak orang karena akan mengganggu kecantikan kulit anda. Untuk itu agar penyakit tersebut cepat sembuh anda dapat menggunakan daun Inggu ini karena daun Inggu ini sangat efektif untuk menyembuhkan radang bernanah pada permukaan kulit.

  1. Mengatasi pegal-pegal

Daun ungu ini dapat digunakan untuk mengatasi pegal-pegal. Dengan mengkonsumsi daun ungu Anda dapat merasakan badan Anda akan lebih terasa enakan. (Baca Juga: Manfaat Salad Sayur  , Manfaat Sayur Lompong )

  1. Mengobati masuk angin

Daun Inggu ini dapat digunakan untuk mengatasi masuk angin. Dengan membuatnya sebagai ramuan anda dapat menggunakan daun Inggu ini untuk mengobati masuk angin.  (Baca Juga: Manfaat Sayur Bening , Manfaat Sayur Lalapan)

  1. Mengobati eksim

Daun Inggu ini dapat digunakan untuk mengobati eksim karena kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Cara menggunakan daun Inggu untuk mengobati eksim adalah siapkan 20 liter Ungu, satu jari kunyit dan juga satu sendok teh beras, setelah itu tumbuh kelas semua bahan tersebut sampai halus tambahkan sedikit air hingga tumbuhan tersebut membentuk adonan. Untuk mengobati penyakit eksim maka aplikasi karena adonan daun Inggu tersebut ke bagian kulit yang terkena eksim. (baca juga : manfaat bengkoang untuk diabetes , Manfaat Jeruk Bali bagi Penderita Diabetes)

itulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari tanaman ungu. Untuk daun Inggu yang dibuat ramuan bagi ibu hamil ramuan daun Inggu tersebut tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Untuk memiliki tubuh yang sehat dan juga kuat Anda harus menjaga pola hidup anda dan juga rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan yang akan membantu metabolisme tubuh anda untuk menjaga ketahanan tubuh. Daun Inggu ini merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menjaga metabolisme tubuh menjaga ketahanan tubuh dan juga membantu dalam mengobati luka sehingga daun Inggu ini baik dikonsumsi untuk anda, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa daun Inggu juga bermanfaat untuk kesehatan anda. Bagi Anda yang menyukai akan tanaman Makkah maka anda dapat membudidayakan daun Inggu ini sebagai apotek hidup di sekitar rumah anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal