20 Manfaat Kunyit untuk Ginjal Sehat dan Terbebas dari Penyakit

Kunyit atau kunir yang biasa digunakan ibu-ibu sebagai bumbu memasak merupakan salah satu tanaman obat yang kaya manfaat. Tanaman asli Asia Tenggara ini dikenal sebagai jamu, bumbu masakan, hingga tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Ada banyak manfaat kunyit yang bisa kita rasakan. Sebagai obat kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk manfaat air kunyit, manfaat jamu kunyit, dan lain sebagainya. Berbagai manfaat konsumsi kunyit didukung oleh kandungan nutrisi dan senyawa penting seperti manfaat protein, manfaat karbohidrat, pati, manfaat lemak, manfaat vitamin C, manfaat fosfor, manfaat zat besi, kalsium, dan kurkumin.

Dengan kandungan nutrisi di atas kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan atau penyakit pada berbagai organ tubuh. Salah satunya ginjal yang merupakan organ tubuh vital sebagai alat ekskresi sehingga berbagai sisa metabolisme tubuh dapat dikeluarkan dan dibuang dari dalam tubuh. Berikut selengkapnya manfaat kunyit untuk ginjal sehat dan terbebas dari penyakit:

1. Membantu pemulihan penyakit ginjal

Kandungan senyawa kurkumin pada kunyit memiliki multi manfaat diantaranya sebagai anti inflamasi, anti bakteri, dan anti jamur. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu pemulihan penyakit ginjal yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan sehingga lebih cepat sembuh. Manfaat anti inflamasi juga bisa didapatkan dari manfaat batang sereh dan manfaat laos.

2. Membersihkan ginjal

Kunyit juga memiliki kandungan antiseptik dan anti inflamasi sehingga dapat membantu membersihkan ginjal dari berbagai mikroorganisme berbahaya. Ginjal anda pun menjadi sehat dan dapat berfungsi maksimal. Ginjal yang bersih dari berbagai kuman penyakit juga bisa didapatkan dengan manfaat binahong untuk ginjal dan manfaat air legen.

3. Kaya antioksidan

Kunyit kaya akan antioksidan seperti kurkumin sehingga sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Seperti yang diketahui perkembangan radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan berkembangnya sel-sel abnormal yang dapat menyerang berbagai organ tubuh termasuk ginjal. Dengan mengonsumsi kunyit secara teratur dapat membantu ginjal agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Mencegah kanker ginjal

Kunyit juga efektif digunakan untuk mengatasi kanker yang menyerang ginjal. Dengan mengonsumsi ramuan kunyit secara teratur dapat membantu menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker sehingga ginjal berangsur pulih dan tidak menyebar ke organ tubuh lainnya. Kanker ginjal juga dapat dicegah dengan manfaat kulit manggis untuk ginjal dan manfaat petai untuk ginjal.

5. Mencegah peradangan ginjal

Seperti yang telah disebutkan di atas kunyit memiliki sifat anti inflamasi sehingga jika dikonsumsi secukupnya dapat mencegah timbulnya radang pada ginjal. Kesehatan ginjal pun terpelihara dan bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah berhubungan erat dengan kesehatan ginjal sehingga peningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dapat menyebabkan masalah pula dengan kesehatan ginjal. Dengan konsumsi kunyit secara teratur dalam kadar cukup dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL sehingga kesehatan ginjal turut terpelihara. Kadar kolesterol jahat dalam darah juga dapat diturunkan dengan manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol dan manfaat daun kersen untuk kolesterol.


7. Menurunkan hipetertensi

Tekanan darah tinggi di atas normal dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada arteri dimana ia mengalami penyempitan, pengerasan, dan melemah sehingga aliran darah pada ginjal menjadi terhambat dan tidak lancar. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan konsumsi ramuan kunyit sehingga tekanan darah kembali normal yang juga berdampak baik bagi kesehatan ginjal.

8. Mencegah diabetes

Yang berbahaya dari penyakit diabetes adalah berbagai komplikasi mematikan yang menyertainya. Salah satunya adalah penyakit gagal ginjal. Dengan mengonsumsi ramuan kunyit dapat membantu mencegah terjadinya diabetes dimana dapat menjaga sensitivitas insulin dan kadar gula darah tetap normal sehingga anda pun terhindar dari penyakit atau gangguan ginjal. Penyakit diabetes juga dapat dicegah dengan manfaat alpukat untuk diabetes dan manfaat bengkoang untuk diabetes.

9. Membantu menurunkan berat badan

Satu hal lagi yang mempengaruhi kesehatan ginjal yaitu berat badan berlebihan atau obesitas. Dalam hal ini ramuan kunyit dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menurunkan berat badan sehingga kesehatan tubuh terjaga dan penampilan pun terlihat lebih oke.

10. Melancarkan peredaran darah

Konsumsi kunyit dalam jumlah cukup secara teratur juga sangat baik untuk menunjang kelancaran peredaran darah. Dengan aliran darah yang lancar berbagai organ tubuh termasuk ginjal akan mendapat pasokan oksigen dan sari makanan yang cukup sehingga terpelihara kesehatannya dan dapat bekerja secara maksimal. Lancarnya peredaran darah juga bisa diraih dengan manfaat kencur dan manfaat buah cepokak.

11. Mencegah anemia

Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah menyebabkan pasokan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh termasuk ginjal menjadi berkurang sehingga turut menyebabkan gangguan atau penurunan fungsi ginjal. Dengan mengonsumsi kunyit yang mengandung zat besi dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia yang otomatis berpengaruh pada kesehatan ginjal.

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kunyit untuk ginjal yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit yang salah satunya dapat menyerang ginjal dan menurunkan fungsi-fungsi ginjal. Ginjal pun tetap sehat dan dapat bekerja maksimal. Kekebalan tubuh yang baik juga bisa didapatkan dengan manfaat buah cupuacu dan manfaat kubis.

13. Kaya berbagai jenis mineral

Seperti yang telah disebutkan di atas kunyit mengandung berbagai jenis mineral seperti manfaat fosfor, kalsium, dan manfaat zat besi. Kandungan mineral ini sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan salah satunya kesehatan ginjal sehingga ia dapat melaksanakan berbagai fungsinya dengan maksimal.

14. Membantu pemulihan kerusakan ginjal

Kandungan vitamin B kompleks pada kunyit cukup tinggi sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Vitamin B kompleks sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan salah satunya membantu memulihkan kerusakan ginjal sebagai akibat atau komplikasi dari penyakit diabetes tipe 2.

15. Menetralkan racun

Berbagai makanan yang kita makan dan udara yang kita hirup tidak bisa bebas dari zat-zat racun 100%. Untuk itu penting bagi kita mengonsumsi ramuan kunyit secukupnya karena bermanfaat untuk menetralkan racun yang dapat menurunkan dan merusak fungsi ginjal. Tubuh bebas dari zat-zat racun dan ginjal pun terhindar dari berbagai penyakit. Racun dalam tubuh juga bisa dinetralkan dengan manfaat susu beruang dan manfaat daun inggu.

16. Menjaga produksi enzim dan hormon dalam organ ginjal dan hati

Kandungan kurkumin pada kunyit juga sangat baik untuk menjaga produksi enzim dan hormon pada organ ginjal dan hati dimana enzim dan hormon ini berguna untuk menetralisir berbagai kompenen yang tidak lagi terpakai.

17. Mengatasi batu ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu gangguan pada ginjal yang disebabkan oleh endapan sisa-sisa limbah atau zat racun yang disaring oleh ginjal dari darah dan kemudian mengkristal. Jika ukuran batu ginjal cukup besar ia dapat tersangkut atau bergesekan dengan ureter sehingga menimbulkan luka dan iritasi. Penyakit ini bisa diatasi dengan menggunakan ramuan kunyit atau daun kunyit yang diminum secara teratur. Batu ginjal juga dapat diatasi dengan manfaat daun alpukat dan manfaat daun parsley.


18. Meredakan rasa sakit pada ginjal

Penyakit atau gangguan pada ginjal dapat menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasinya dapat dimanfaatkan ramuan kunyit yang diminum secukupnya hingga rasa sakit hilang. Namun jangan dikonsumsi berlebihan karena justsru dapat membahayakan kondisi ginjal yang sudah terlanjur bermasalah.

19. Menutrisi ginjal

Konsumsi ramuan kunyit juga bermanfaat untuk menutrisi ginjal sehingga ginjal mendapat asupan nutrisi yang cukup dan dapat bekerja secara optimal.

20. Menjadikan ginjal lebih sehat

Selain mengatasi penyakit ginjal dan memberi asupan nutrisi penting bagi ginjal konsumsi ramuan kunyit dalam jumlah cukup juga dapat membuat ginjal lebih sehat dan berkualitas sehingga dapat menajalankan berbagai fungsinya dengan baik.

Ternyata ada banyak sekali manfaat kunyit untuk ginjal yang sehat dan terbebas dari penyakit. Namun meskipun demikian konsumsi kunyit juga tidak boleh berlebihan terutama pada orang yang terlanjur memiliki masalah dengan penurunan fungsi ginjal karena justru dapat membebani dan memperberat fungsi ginjalnya. Konsumsilah kunyit secukupnya sehingga kesehatan tubuh dan ginjal pun terpelihara.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal