Manfaat Daun Salam Untuk Diabetes (Obat Herbal)

Diabetes merupakan penyakit yang membuat penderitanya tidak dapat mengontrol tingkat gula (glukosa) dalam darah secara otomatis. Penyakit ini merupakan gangguan distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin yang cukup sehingga terjadi kelebihan gula dalam darah. Insulin sendiri merupakan hormon alami yang berguna untuk mengatur tingkat gula dalam darah.  Penyakit diabetes dapat disebakan oleh keturunan maupun gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebih, konsumsi banyak makanan yang tidak sehat maupun jarang berolah raga.

artikel terkait:

Penyakit diabetes cukup berbahaya bagi penderita dikarenakan dapat menyebabkan penyakit komplikasi lain dalam tubuh. Memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh seseorang agat terhindar dari bahaya penyakit ini. Untuk mengobati diabetes, kini telah banyak beredar obat yang ditawarkan. Namun sayangnya banyak diantara obat tersebut yang justru memicu efek samping negatif bagi penderita. Alasan inilah yang menyebabkan para ilmuan kini melirik obat herbal untuk penderita diabetes. Salah satu obat herbal yang dianggap dapat membantu mengobati diabetes adalah daun salam.

sekilas mengenai daun salam

Salam (Syzygium polyanthum) merupakan pohon penghasil daun rempah dari Indonesia yang biasanya daunnya digunakan untuk bumbu masakan. Daun salam berbentuk daun tunggal yang letaknya berhadapan dengan tangkai hingga mencapai 12 mm. Helai daun salam berbentuk lonjong sampai bundar telur sungsang (elips) dengn ujung yang meruncing, pangkal runcing. Permukaan atas daun salam bersifat licin dan berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawah berwarna hijau tua.

Daun salam sering dimanfaatkan untuk bumbu dapur, pewarna jala maupun anyaman bambu. Namun disamping itu, daun salam juga berguna sebagai obat herbal yang salah satunya dapat menyembuhkan diabetes. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung banyak senyawa yang berguna bagi kesehatan. Kandungan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Vitamin C,
  • Vitamin A,
  • Flavonoid,
  • Asam urat,
  • Antioksidan,
  • Rutin,
  • Salisilat,
  • Asam Caffeic, dan
  • Fitonutrien.

Senyawa-senyawa di atas merupakan senyawa alami daun salam yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk diabetesmanfaat daun sirsak untuk dietmanfaat daun binahong untuk asam urat

Manfaat Daun Salam untuk Diabetes

Daun salam dipercaya bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Diabetes dapat berangsur sembuh secara alami apabila kadar gula dalam darah penderita diabetes dapat dikurangi. Tentunya, manfaat ini tidak dapat diperoleh secara langsung dikarenakan memerlukan proses dengan konsumsi daun salam yang rutin dan teratur.

Kandungan senyawa alami pada daun salam tidak hanya membantu menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, namun juga membantu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah tersebut. Hal ini dikarenakan daun salam memiliki kandungan alami yang berguna untuk membantu kinerja insulin untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Selain itu, daun salam juga dapat digunakan sebagai pengobatan alternate yang berguna untuk mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya akibat penyakit diabetes. Daun salam juga berguna untuk mencegah terjadinya luka pembusukan pada penderita diabetes. Mengingat, kadar gula yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan luka sulit sembuh hingga membusuk.

artikel terkait: manfaat daun seledri untuk dietmanfaat daun seledri bagi penderita hipertensimanfaat daun kemangi untuk ejakulasi dini


Cara Membuat Ramuan Daun Salam untuk Diabetes

Daun salam dapat dimanfaatkan sebagai ramuan penyembuh diabetes dengan cara sebagai berikut.

  • Ambil beberapa lembar daun salam, cuci hingga bersih.
  • Rebus daun salam dengan air hingga mendidih
  • Angkat air rebusan, saring dan minum

Anda perlu meminu air rebusan daun salam ini sebanyak 2 kali sehari dengan tertatur, niscaya penyakit diabetes Anda lama kelamaan akan menghilang.

artikel terkait: manfaat daun alpukat untuk hipertensimanfaat daun sirsak untuk wasirmanfaat daun sirsak untuk kesuburan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun salam untuk penderita diabetes. Setelah Anda mengetahui mengenai manfaat ini, silahkan Anda konsumsi air rebusan daun salam dengan teratur guna membantu menyembuhkan penyakit diabetes Anda. Semoga bermanfaat!

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal