6 Manfaat Godokan Daun Sirih Untuk Obat Herbal

Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Baunya yang khas dan mudahnya cara mengembangbiakkan tanaman daun sirih membuat beberapa orang sengaja menanamnya. Bahkan bagi orang yang sudah lanjut usia sangat gemar menanam daun sirih dan memanfaatkannya untuk “nginang”.

Nginang atau mengungah daun sirih merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh beberapa kaum lanjut usia untuk mempertahankan agar gigi mereka tetap sehat dan kuat. Alhasil memang terbukti, nenek-nenek yang mengkonsumsi daun sirih pasti memiliki gigi yang masih sangat kuat.

artikel terkait manfaat daun sirih:

Selain untuk mempertahankan kesehatan gigi, daun sirih juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati dan betlephenol. Karena beberapa kandungan tersebut, daun sirih dikenal sebagai tanaman obat. Cara pengolahan daun sirih agar dapat dijadikan sebagai obat juga beragam. Ada yang memanfaatkannya dengan cara dikonsumsi langsung, ada yang dikeringkan dan juga ada yang di godok atau di rebus. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat godokan daun sirih.

Berikut manfaat dari air daun sirih yang digodok atau direbus :

  1. Mengatasi iritasi pada mata

Apabila sering mengalami masalah dengan mata, baik iritasi maupunpenyakit mata yag disebabkan oleh virus, air godokan daun sirih dapat menjadi alternatif pengobatan bagi yang tidak suka menggunakan obat tetes. Daun sirih memiliki kandungan yang dapat membersihkan mata dari debu dan virus penyebab iritasi. Berikut cara memanfaatkan air godokan daun sirih untuk mengobati mata yang sedang iritasi atau sakit :

  • Rebus 2-3 daun sirih yang telah dicuci bersih ke dalam panci berisikian 1 gelas air.
  • Tunggu hingga mendididh dan biarkan agar kembali dingin.
  • Apbila sudah dingin, air rebusan daun sirih ini dapat digunakan sebagai obat tetes. Selain obat tetes, air rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk mengompres mata agar mata menjadi bening, terhindar dari debu dan virus.

artikel terkait: manfaat daun sirih bagi kesehatan

  1. Melancarkan datang bulan

Bagi beberapa wanita yang memiliki masalah dengan datang bulan, mungkin dapat mencoba godokan daun sirih agar dapat melancarkan keluarnya darah ketika datang bulan. Berikut cara memenfaatkan air godokan daun sirih untuk melancarkan datang bulan :

  • Rebus 3-5 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 300 ml air
  • Rebus daun tersebut hingga mendidih
  • Tunggu beberapa saat agar tidak terlalu panas sehingga air tersebut dapat diminum
  • Air rebusan ini apat diminum ketika dalam masa datang bulan, agar datang bulan menjadi lancar

artikel terkait: 20 manfaat daun sirih merah untuk pengobatan herbal

  1. Mengatasi masalah mulut dan tenggorokan

Daun sirih juga dikenal untuk mengatasi masalah mulut dan tenggorokan. Bahkan beberapa merk pasta gigi menggunakan daun sirih sebagai salah satu komposisinya. Rebusan daun sirih ini dipercaya dapat mengatasi bau mulut, mengobati sariawan, sakit gusi membersihkan rongga mulut hingga dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Cara untuk mengatasi beberapa masalah tersebut hampir sama, yakni :

  • Rebus kurang lebih 4 helai daun sirih yang sudah dicuci bersih, rebus hingga mendidih
  • Setelah mendidih, tunggu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  • Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Bagi penderita radang tenggorokan, air rebusan dapat diminum rutin 2 kali sehari. Dapat ditambahkan sedikit gula agar memiliki rasa yang manis.

artikel terkait: manfaat daun pepaya muda

  1. Sebagai obat asma

Bagi orang yang menderita penyait asma, tentunya aktivitas akan menjadi terganggu ketika penyakit asmanya kambuh. Beberapa orang memiliki oksigen tabung dan obat asma lainnya. Namun ternyata, selain obat asma yang beredar di apotek,daun sirih juga memiliki khasiat yang dapat mengatasi penyakit asma dengan cara merebusnya. Berikut cara memanfaatkan daun sirih sebagai obat asma :

  • Cuci bersih dan rebus hingga mendidih sekitar 4 helai daun sirih.
  • Rebus daun sirih dalam 400 ml air dan kemudian rebus hingga air menjadi setengahnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga air dapat dikonsumsi
  • Air rebusan daun sirih ini dapat diminum 2 sampai 3 kali dalam sehari. Untuk hasil lebih optimal, air rebusan daun sirih ini harus diminum secara rutin

artikel terkait: manfaat rebusan daun alpukatmanfaat daun binahong untuk asam urat

  1. Mengobati demam berdarah

Demam berdarah memang merupakan salah satu penyakit yang dapat mengancam nyawa apabila tidak segera ditangani oleh medis. Ada juga beberapa orang yang menggunakan obat tradisional untuk memulihkan kembali trombosit yang turun akibat demam berdarah. Salah satu obat tradisional untuk mengobati demam berdarah ini adalah air hasil rebusan daun sirih. Berikut cara mengolah daun sirih agar dapat dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah :

  • Rebus sekitar 6 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dalam 400 ml air
  • Rebus daun sirih hingga air tinggal separuhnya saja
  • Tunggu beberapa saat hingga dapat dikonsumsi, dan konsumsi rutin 2 kali dalam sehari untuk mengobati demam berdarah.

artikel terkait: manfaat sirih hijaumanfaat daun kemangi untuk ejakulasi dini

  1. Mengobati penyakit sifilis

Penyakit sifilis merupakan salah satu penyakit yang muncul dan berkembang pada masa baru-baru ini. Banyak peneliti mencari ramuan obat dari penyakit ini karena memang sifilis dikenal sebagai penyakit yang sulit diobati. Namun siapa sangka, ternyata rebusan daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengobati sifilis. Hampir sama dengan cara pengobatan beberapa penyakit di atas. Daun sirih yang sudah dicuci bersih di rebus dalam kadar air seperti untuk pengobatan penyakit lainnya. Hanya saja, bagi penderita sifilis harus mengkonsumsi rutin 3 kali dalam sehari dalam durasi waktu yang teratur. Dengan begitu, dapat mengurangi bahkan mengobati penyakit sifilis.

artikel terkait: manfaat daun sirsak utnuk kesuburanmanfaat daun salam kering

Ternyata daun sirih memiliki manfaat yang sangat berguna untuk menjaga dan mengobati penyakit yang banyak diderita oleh kebanyakan masyarakat. Hanya perlu merebusnya dan memanfaatkan sesuai dengan penyakit yang diderita. Dengan begitu daun sirih dapat mengurangi bahkan mengobati beberapa penyakit yang telah dijelaskan di atas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal