10 Manfaat Rebusan Air Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Anda tentu tidak asing lagi dengan hasil rempah Indonesia yang bernama daun salam! Jenis dedaunan rempah yang berwarna hijau ini sering digunakan baik untuk diolah sebagai masakan tradisional maupun sebagai obat-obatan herbal alami. Tidak heran lagi jika tanaman dengan nama ilmiah ini Syzygium polyanthum banyak dicari-cari orang. Daun salam dapat tumbuh dimana saja di Indonesia karena cocok dibudidayakan di daerah tropis. Selain tumbuh secara liar, ada juga yang menanamnya di pekarangan rumah karena manfaatnya yang begitu luar biasa. Kandungan daun salam diantaranya adalah:

  1. Vitamin A, sangat baik untuk kesehatan organ penglihatan dan juga kekuatan tulang.
  2. Vitamin C, sebagai bagian dari  manfaat antioksidan, kesehatan kulit maupun mencegah sariawan.
  3. Flavonoid atau rutin (senyawa turunan flavonoid), seperti manfaat vitamin C, juga dapat menjadi sumber antioksidan.
  4. Serat, yang baik untuk pencernaan dan ekskresi.
  5. Asam Laurat, bersifat anti-mikroba sehingga mendukung imunitas tubuh.
  6. Salisilat, bersifat analgesik (penahan rasa sakit), antipiretik (penurun demam), dan juga anti-inflamasi (peradangan).
  7. Asam Caffeic, juga sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat potensial.
  8. Asam Folat, membantu produksi sel darah merah dan produksi DNA pada genetika.
  9. Berbagai jenis mineral seperti kalium, tembaga, kalsium, zat besi, magnesium, dan sebagainya yang mendukun metabolisme lainnya.

Tidak sulit untuk memperoleh manfaat dari daun salam ini. Banyak yang hanya merebusnya saja untuk memperoleh khasiatnya lho! Mudah sekali bukan? Nah, mari kita lihat bersama apa saja manfaat rebusan air daun salam yang paling utama untuk kesehatan tubuh dan tidak kalah dari manfaat rebusan air kelapa.

1. Mengobati Asam Urat

Yang paling utama, rebusan air daun salam sangat sering dimanfaatkan untuk mengobati asam urat khususnya bagi para orangtua dan lansia yang biasanya mudah terkena penyakit ini. Kondisi ini sangat menganggu karena menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan khususnya pada bagian-bagian sendi tangan maupun kaki. Anda dapat mengonsumsi rebusan air daun salam sebanyak 2 kali sehari apabila ingin membantu mengobati asam urat tersebut.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kemudian, daun salam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat menjadi alternatif yang unggul untuk mencegah penyakit hipertensi. Fungsi ini tak terlepas dari kandungan fitonutrien, salisilat, asam caffeic maupun flavonoid yang membantu melancarkan sistem peredaran darah.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain daun salam yang memang tidak mengandung kolesterol, rebusan air daun salam ternyata juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat agar mencegah terjadinya aterosklerosis, dimana pembuluh darah akan mengalami penyempitan akibat sumbatan kolesterol maupun lemak. Hal ini juga baik untuk menyehatkan jantung.

4. Membantu Mencegah dan Mengobati Maag

Tidak hanya untuk saluran pembuluh darah, daun salam juga dapat membantu mencegah maupun mengobati penyakit maag. Berbagai kandungan zat yang berfungsi sebagai anti-inflamasi akan membantu meredakan infeksi pada lambung, selain itu anti-mikroba juga berperan dalam membunuh bakteri yang mungkin ada dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi sehingga masuk ke lambung. Meskipun begitu, rebusan air daun salam tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan, cukup 2 kali dalam sehari.

5. Membantu Mencegah dan Mengobati Diare

Selain maag, daun salam dengan manfaat serat juga dapat menyehatkan pencernaan dan dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit diare. Tidak jauh berbeda, anti-mikroba dapat membunuh bakteri yang mungkin masuk dari luar sehingga akan menjaga pencernaan tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

6. Meredakan Batuk

Rebusan air daun salam dapat membantu meredakan batuk khususnya yang sering dialami oleh anak-anak. Mengkonsumsi rebusan air daun salam dalam keadaan hangat dapat membantu menyegarkan saluran pernafasan khususnya tenggorokan. Selain itu, Anda juga dapat merendam kain dalam rebusan tersebut jika diinginkan dan diusapkan pada bagian dada.

7. Menurunkan Risiko Terjadinya Kanker

Seluruh kandungan yang telah disebut di atas benar-benar sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya sel-sel abnormal berkembang di dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker di kemudian hari.

8. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Berbagai macam jenis mineral yang terkandung di dalam rebusan air daun salam sangat mendukung proses metabolisme tak terkecuali sistem ekskresi dan penyaringan darah, dengan begitu kesehatan ginjal dapat lebih terjamin. Daun salam juga dapat mencegah terjadinya infeksi ataupun terbentuknya batu ginjal.

9. Baik untuk Kesehatan Rambut

Rebusan air daun salam ternyata juga baik untuk kesehatan rambut. Biasanya rebusan air daun salam dapat dikombinasikan dengan bahan herbal lainnya dan diolah menjadi minyak. Ekstraknya dapat diusapkan pada bagian rambut untuk mencegah kerontokan dan mencegah kutu pada rambut. Namun begitu, ada beberapa jenis rambut yang mungkin tidak cocok sehingga apabila Anda merasa tidak nyaman dan gatal-gatal, sebaiknya dihentikan dan gunakan sebagai konsumsi untuk obat dalam saja.

10. Mengharumkan Masakan

Tidak hanya bermanfaat langsung bagi tubuh, rebusan air daun salam juga dapat digunakan sebagai bahan campuran di hidangan makanan agar lebih harum dan lezat. Bukan hanya airnya saja, daun salamnya pun seringkali dihidangkan karena memang wanginya yang begitu harum dan sekaligus menjadi penghias hidangan agar lebih cantik.

Hebat sekali bukan manfaat rebusan air daun salam ini? Banyak sekali manfaat yang akan Anda peroleh, untuk itu jangan ragu untuk mencobanya!