5 Manfaat Daun Salam Untuk Menstruasi Wanita

Daun salam sudah dikenal sebagai bahan tambahan ketika memasak karena aroma alami yang dihasilkan bisa menggugah selera makan. Daun salam yang disebut juga dengan bay leaf dalam bahasa Inggris ini juga mengandung banyak nutrisi seperti protein, serat, kalium, kalsium, zat besi, magnesium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B6, B12, C dan vitamin D. Daun salam juga mengandung komponen aktif seperti limonene, eugenol, geranyl asetat, linalool, metil chavicol, mycrene dan chavicol serta asam laurat dan banyak minyak esensial. Dengan berbagai kandungan tersebut, daun salam juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti jantung, gangguan pencernaan, kolesterol tinggi, diabetes dan masih banyak lagi. Selain itu, ternyata masih ada kegunaan daun yang memiliki aroma khas ini yakni manfaat daun salam untuk menstruasi yang akan kami ulas secara lengkap dalam artikel dibawah ini.

  1. Mengatasi Telat Menstruasi

Telat menstruasi atau amenore yang terjadi pada wanita ditandai dengan tidak terjadinya menstruasi hingga 3 bulan. Telat haid ini bisa terjadi karena penurunan berat badan ekstrim, tingkat stres yang tinggi dan juga latihan fisik yang terlalu berat. Selain bisa diatasi dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, minum air rebusan daun salam juga sangat baik dilakukan karena manfaat zat besi didalamnya yang tidak hanya bisa mengatasi anemia, namun juga menurunkan risiko siklus menstruasi tidak lancar tersebut.

  1. Mencegah Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi memang tidak bisa diprediksi secara pasti sehingga risiko menstruasi tidak teratur kemungkinan besar akan dialami wanita. Hal ini biasanya terjadi pada awal menstruasi dan juga saat wanita mengalami menopause. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan karena banyak faktor lain seperti obesitas, penurunan berat badan secara cepat, kista dan juga stres berat. Untuk memperlancar siklus menstruasi manfaat daun salam yang diminum air rebusannya sangat disarankan untuk dikonsumsi karena kandungan nutrisi tinggi dalam daun ini yang bisa menyeimbangkan hormon wanita dalam tubuh.

  1. Mengatasi Penggumpalan Darah

Darah menstruasi yang menggumpal sebenarnya normal terjadi dimana biasanya darah tersebut akan keluar bersamaan pada hari darah banyak keluar selama menstruasi. Namun ada beberapa penggumpalan darah yang bisa membuat darah haid menjadi lebih pekat dan kental dari biasanya sehingga sering menyebabkan tubuh lemas dan pucat seperti penderita anemia karena terlalu banyak darah yang keluar selama menstruasi. Untuk mengatasi penggumpalan darah selama menstruasi ini, air daun salam juga sangat baik digunakan karena mengandung manfaat serat, zat besi dan beberapa jenis vitamin yang sangat penting untuk mengatasi masalah menstruasi tersebut.

  1. Menyembuhkan Kram Perut

Nyeri haid yang dialami wanita biasanya terjadi pada hari pertama dan kedua menstruasi. Hal ini bisa terjadi karena kontraksi otot rahim ketika mengeluarkan darah. Saat menstruasi, tubuh juga memproduksi hormon prostaglandin yang bisa memicu rasa sakit sehingga memperburuk rasa nyeri ketika haid. Untuk mengurangi rasa sakit selama menstruasi, maka anda bisa minum air rebusan daun salam dengan teratur sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas anda sehari hari.

  1. Memperbaiki Mood

Suasana hati yang buruk menjadi salah satu masalah yang paling sering dialami wanita ketika menstruasi. Beberapa wanita juga akan lebih sensitif yang terjadi karena perubahan hormon estrogen selama masa menstruasi tersebut. Kandungan senyawa aktif dalam daun salam bisa memperbaiki mood atau suasana hati yang buruk dengan cara menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh sekaligus menurunkan stress berlebih penyebab perubahan suasana hati selama menstruasi yang juga bisa diatasi dengan manfaat kunyit asam saat haid.

Selain bisa diatasi dengan manfaat asam jawa saat haid, ternyata beberapa masalah yang sering dialami wanita ketika datang bulan juga bisa dilakukan dengan daun salam sebab banyak manfaat daun salam untuk menstruasi yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui. Semoga ulasan ini bisa memberikan banyak manfaat khususnya bagi para wanita.