15 Manfaat Daun Nilam untuk Kesehatan dan Kecantikan

daun nilamNilam. Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? Tanaman ini memiliki nama latin fogostoinen patchouli dan merupakan salah satu tanaman yang sering ditemui di daerah Asia, tak terkecuali Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita mengetahui tumbuhan yang satu ini dengan mudah? Atau apa sih yang sebenarnya membuatnya berbeda dengan tanaman lain? Jawabannya tentu saja sangat mudah, yaitu tingginya yang sekitar 500-1000 cm dan memiliki banyak cabang berbulu di sekitar batangnya. Batang dari tanaman ini bisa dibilang cukup besar, yaitu sekitar 20 cm dengan warna batang yang khas pula, yaitu biru keunguan.

Ciri lain yang membuat tanaman nilam ini unik dan berbeda dari tanaman lainnya adalah tanaman ini cenderung kita temui pada daerah dingin atau lebih tepatnya berada pada dataran tinggi dengan suhu sekitar 24-28 derajat. Tingkat kelembaban daerah ini bisa mencapai 75% dengan curah hujan sekitar 2000-3000 mm tiap tahunnya. Namun, siapa sangka jika tanaman kecil yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kita? Layaknya yang pernah kita bahas pada manfaat tanaman okra, manfaat tanaman kumis kucing, ataupun manfaat tanaman kersen; tanaman nilam ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Lalu, manfaat apa saja yang kita dapat dari tanaman nilam yang satu ini? Daripada tambah penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

1. Sakit kepala

Sakit kepala? Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit yang satu ini? Dan siapa yang mau menderita atau kedatangan penyakit yang satu ini? Tentu saja tidak ada yang mau bukan? Nah kali ini kita tidak perlu khawatir karena daun nilam ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk kita. Berbagai kandungan yang ada pada tanaman nilam ini sangatlah efektif untuk mengatasi sakit kepala terutama migraine. Seperti layaknya yang pernah kita bahas pada manfaat bekam di kepala, memanfaatkan rebusan daun nilam ini sangatlah ampuh untuk mengatasi sakit kepala secara alami.

2. Mujarab untuk disentri

Siapa juga yang tidak tahu penyakit disentri? Disentri adalah salah satu penyakit yang sering menyerang penduduk Indonesia yang biasanya disebabkan sanitasi yang buruk dan kurang terjaganya kebersihan air yang dikonsumsi sehari-hari. Gejala yang sering muncul pada penyakit ini adalah mual, diare, muntah, demam, ataupun kram perut. Nah daun nilam ini merupakan solusi yang tepat dan mengolahnya pun sangat mudah, yaitu dengan merebus daun nilam kering dan mengambil airnya layaknya kita mengonsumsi teh.

3. Penghilang bau keringat

Bau keringat? Siapapun yang memiliki bau keringat yang menyengat menjadi kurang percaya diri karena hal ini mengganggu untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Berbagai cara pun bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini, mulai dari menggunakan parfum, deodorant, ataupun jenis wewangian lainnya.

Tapi tahukah kalian jika daun nilam bisa kita manfaatkan sebagai solusi yang tepat dari permasalahan ini? Yup, cara mengolah daun nilam untuk permasalahan ini pun sangat mudah yaitu dengan merebus kurang lebih 100 gram daun nilam dengan 10 liter air hingga mendidih. Air rebusan daun nilam ini setelahnya dapat kita gunakan untuk mandi.

4. Ampuh untuk diare

Pernah tidak sih terbayang bagaimana kacaunya hari kita ketika kita terserang diare dan pada hari itu kita juga memiliki meeting ataupun pekerjaan penting yang tidak bisa kita tinggalkan? Nah untungnya kita bisa memanfaatkan daun nilam untuk permasalahan yang satu ini. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa lembar daun nilam dan merebusnya setelahnya hingga siap untuk dikonsumsi. Dan tada! Kita pun akan merasa lebih baik setelah kita mengonsumsi ramuan yang satu ini. Manfaat dari daun nilam ini pastinya tidak kalah ampuh dengan manfaat pucuk daun jambu biji, manfaat yakult untuk diare, ataupun manfaat oralit. 

5. Menyembuhkan bisul

Benjolan merah berisi air. Yup, kalimat tersebut sangatlah tepat untuk menggambarkan apa bisul itu. Bisul ini bisa timbul di mana saja, alias di tempat yang sering tidak diprediksi sebelumnya – seperti pada wajah, ketiak, bahu, pantat, ataupun leher. Timbulnya bisul ini juga tidak dapat dipungkiri mengganggu penampilan kita dan lebih buruk lagi bisa menyebabkan demam

Nah kali ini kita tidak perlu lagi memusingkan solusi yang tepat untuk permasalahan ini karena daun nilam bisa menjadi solusinya. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa daun nilam terlebih dahulu lalu mengoleskannya pada bisul lalu menunggunya hingga mengering sebelum kita membilasnya dengan air hingga bersih.


6. Mengatasi jerawat

Bukan saja hanya bisa dimanfaatkan untuk menjga kesehatan tubuh, manfaat daun nilam terakhir adalah untuk menjaga penampilan kita – lebih tepatnya menjaga kecantikan wajah kita. kali ini kita akan memanfaatkan tanaman nilam ini untuk mengobati jerawat dan mencegahnya datang kembali. Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan menggunakan minyak nilam atau yang bisa dikenal dengan minyak atsiri dan mengoleskannya pada daerah wajah yang terdapat jerawat. Setelahnya kita perlu mendiamkan minyak ini hingga mengering secara alami sebelum kita membilas wajah dengan air hangat hingga wajah kembali bersih. Bahan alami yang satu ini pastinya tidak kalah dengan berbagai produk kecantikan dalam mengatasi jerawat, seperti manfaat acnol, manfaat cream temulawak, ataupun manfaat nano spray.

7. Efektif untuk rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang identik dengan orang tua. Tapi siapa sangka jika penyakit yang satu ini juga bisa menyerang kita yang masih muda? Rematik sendiri merupakan rasa sakit yang timbul pada otot atau persendian karena pada daerah tersebut terjadi peradangan atau pembengkakan.

Pada permasalahan ini, kita akan memanfaatkan bagian lainnya dari tanaman nilam – lebih tepatnya akar nilam. Cara memanfaatkan akar nilam ini pun sangat mudah yaitu dengan meremas-remas akar nilam terlebih dahulu dan mengoleskannya pada daerah yang sakit dan perlu menunggunya sampai kering sebelum kita membilasnya kembali dengan air hingga bersih.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Layaknya jantung, ginjal merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh manusia dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita – antara lain adalah mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang membuat jantung dan otot dapat berfungsi dengan baik. Namun tidak jarang juga organ yang satu ini mengalami gangguan atau kerusakan, dan gejala yang biasa timbul adalah pembengkakan pada daerah tubuh tertentu, sesak nafas, ataupun sulit tidur.
Nah kali ini, kita tidak perlu bingung untuk memikirkan solusi apa yang tepat untuk permasalahan yang satu ini. Kenapa? Tentu saja karena daun nilam adalah jawaban yang tepat! Kita hanya perlu merebus beberapa lembar daun nilam dan mengonsumsinya secara rutin tiap hari.

9. Menurunkan demam dengan cepat

Demam merupakan salah satu penyakit yang biasanya timbul sebagai gejala awal penyakit lainnya atau biasa timbul sebagai gejala awal kita karena kelelahan. Ketika demam menyerang, kita biasa mengonsumsi obat ataupun berbagai herbal. Namun siapa sangka jika daun nilam ini juga bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang satu ini? Yup, mengolah beberapa lembar daun nilam dan mengonsumsi airnya adalah salah satu cara alami yang mujarab dalam mengatasi demam.

10. Meningkatkan aura positif pada diri kita

Bukan saja hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh ataupun kesehatan wajah kita, tanaman nilam ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental kita. Yup, minyak yang berasal dari daun nilam – atau yang biasa kita kenal dengan minyak asitri ini bisa kita gunakan sebagai pereda stress dan bisa ditemukan dalam parfum maupun aroma terapi. Aroma dari daun nilam ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan aura positif dan rileks pada diri kita seperti layaknya yang bisa kita dapatkan dari manfaat pijat refleksi dan manfaat yoga padmasana.

11. Penyembuh luka

Luka bukanlah suatu hal yang asing bagi kita yang sering beraktivitas di luar rumah – terutama bagi kita yang sering berpetualang atau bahkan mendaki gunung. Untungnya kita tidak perlu khawatir untuk mengobati luka kita karena tanaman nilam merupakan tanaman yang mudah untuk ditemukan pada daerah dataran tinggi. Tingginya kandungan anti-septik pada daun nilam ini membuatnya ampuh dalam mengobati luka yang terdapat pada daerah tertentu tubuh kita. Daun nilam ini sama ampuhnya dengan berbagai manfaat yang kita dapatkan dari bahan alami lainnya dalam mengobati luka, seperti manfaat telur untuk luka jahitan atau manfaat rivanol.

12. Pengusir serangga

Bukan saja hanya bermanfaat untuk kesehatan kita, daun nilam ini juga bisa diolah untuk lain hal yang pastinya juga bermanfaat untuk menjaga kita tetap higeinis. Yup, daun nilam bisa digunakan untuk mencegah datangnya serangga atau membuat serangga kapok untuk datang pada daerah rumah kita yang sering kali mereka membawa penyakit. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan meletakkan beberapa lembar daun nilam pada sudut tertentu pada rumah dan dijamin serangga tidak datang lagi karena mereka tidak suka aroma daun nilam ini. Sangat mudah bukan?

13. Meningkatkan kesehatan rambut

Nah kali ini kita akan beralih pada daerah atas tubuh kita, lebih tepatnya pada bagian kepala. Menggunakan air rebusan daun nilam setelah keramas sangatlah efektif untuk membuat rambut lebih terlihat berkilau dan mengatasi ketombe yang menganggu kesehatan kepala kita. Selain menggunakan air rebusan daun nilam, kita juga bisa menggunakan minyak asitri yang tidak kalah ampuh untuk melembutkan dan menyehatkan rambut. Manfaat dari minyak asitri ini tidak kalah dengan manfaat bunga sepatu untuk rambut, manfaat biji rami, ataupun manfaat teh basi untuk kesehatan rambut kita.

14. Mencegah penuaan dini

Siapa sih yang ingin tetap awet muda? Pasti sebagian dari kita – atau semuanya menjawab jika kita ingin penampilan kita tetap muda, tidak peduli kita sudah berusia 50 tahun ataupun masih 20 tahun. Berbagai cara pun bisa kita lakukan untuk menjaga agar kulit tetap tampil dengan maksimal, seperti dengan melakukan perawatan ke klinik wajah, dengan berbagai produk kosmetik, ataupun dengan berbagai bahan alami. Nah bahan alami yang bisa kita gunakan untuk menjaga agar wajah tetap awet mudah adalah dengan minyak atsiri ini. Minyak atsiri juga menjadi bahan utama berbagai produk kecantikan dan juga berfungsi efektif untuk menyamarkan bekas luka, keriput, ataupun melembabkan kulit.

15. Mencegah infeksi

Manfaat daun nilam yang terakhir adalah mencegah infeksi, alias mencegah luka menjadi lebih parah tidak peduli kecil atau besar luka tersebut. Bukan hanya berfungsi sebagai antiseptik, minyak atsiri ini juga berfungsi untuk membunuh jamur yang berarti dapat mengobati kaki saat mengalami kutu air atau mengalami infeksi jamur lainnya. Memanfaatkan minyak atsiri ini pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan 2-3 tetes minyak atsiri pada daerah yang terinfeksi dan mendiamkannya selama beberapa saat sebelum kita membilasnya dengan air hingga daerah tersebut kembali bersih.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat daun nilam yang sangatlah bermanfaat dalam kehidupan kita. Alami dan sangat mudah untuk diolah adalah nilai kelebihan dari tanaman yang satu ini. Kecil-kecil namun ampuh bukan?

, , , ,
Post Date: Wednesday 18th, October 2017 / 10:56 Oleh :
Kategori : Tumbuhan