20 Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Obat dan Kesehatan

Kumis kucing atau dikenal dengan sebuatan cat whiskers dalam bahasa Inggris dan Orthosiphon aristatus adalah tanaman dari keluarga  Lamiaceae yang merupakan salah satu tanaman obat di Indonesia. Kumis kucing sendiri juga memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan cukup mudah ditemukan di berbagai tempat. Kumis kucing juga terkenal dengan sebutan lainnya seperti giri giri marah di Sumatera, remujung di Jawa Tengah dan Jawa Timur, songot koreng di Madura dan berbagai sebutan lain. Untuk mengetahui manfaat tanaman kumis kucing yang merupakan tanaman asal Afrika, Asia dan Australia ini, silahkan langsung disimak selengkapnya berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Anti Bakteri

Bagian dari tanaman kumis kucing yakni daun, memiliki beberapa kandungan seperti asam caffenic dan juga fenol yang berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya bakteri sekaligus menghilangkan bakteri yang tersisa di dalam tubuh. Dengan memberantas pertumbuhan bakteri ini, maka bisa digunakan juga untuk menyembuhkan luka, memar dan berbagai jenis infeksi kulit lain dengan cara langsung mengaplikasikan daun kumis kucing yang sudah dihaluskan ke area kulit yang bermasalah.

  1. Mengobati Ginjal

Kunis kucing juga sudah lama dikenal sebagai tanaman untuk mengobati infeksi pada ginjal, batu ginjal dan berbagai masalah organ ginjal lainnya.

  • Untuk mengatasi batu ginjal, rebus 3 genggam daun kumis kucing yang masih segar dengan 2 gelas air.
  • Tambahkan juga dengan 5 lembar daun keji beling dan masukkan ke dalam rebusan daun kumis kucing.
  • Rebus terus sampai tersisa hanya 1 gelas saja dan minum secara rutin 2 kali dalam sehari sampai batu ginjal sembuh.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Masalah Kandung Kemih

Untuk kamu yang memiliki masalah seputar kandung kemih juga bisa menggunakan kumis kucing sebagai obat alami. Kandungan yang terdapat dalam kumis kucing akan membersihkan sekaligus memperlancar kinerja kandung kemih, mengatasi kencing batu  dan juga mengatasi infeksi yang terjadi di dalamnya.

  • Untuk mengatasi kencing batu, siapkan 7 lembar daun kumis kucing segar dan juga 7 tanaman meniram.
  • Cuci bersih kedua bahan tersebut lalu rebus dengan 2 gelas air dan tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas air saja.
  • Sesudah dingin, minum air rebusan ini secara rutin 3 kali sehari sampai kencing bati bisa teratasi.
  1. Mengatasi Gula Darah atau Diabetes

Kandungan yang ada di dalam daun kumis kucing juga sangat berguna untuk mengatur kadar glukosa di dalam darah sehingga penyakit diabetes bisa lebih dikontrol dengan baik dan ini sudah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang sudah banyak dilakukan.

  • Rebus 2 genggam daun kumis kucing segar yang sudah dicuci bersih bersama 2 gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas saja lalu minum secara rutin sebanyak 1 kali sehari dengan takaran 1 gelas.

Artikel terkait:


  1. Menyembuhkan Asam urat atau Encok

Enzim yang terkandung di dalam daun kumis kucing juga bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat yang kamu derita. Enzim flavonoid dan juga berbagai kandungan asam alami akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat encok atau asam urat sedang kambuh serta bisa menjadi solusi untuk mengobati artritis.

  • Siapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 tanaman meniran yang sudah dicuci bersih.
  • Rebus kedua bahan tersebut bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas saja.
  • Minum air rebusan tersebut selama 3 kali dalam sehari sampai asam urat atau encok bisa sembuh.
  1. Mengatasi Asma dan Masalah Pernapasan

Berbagai masalah seputar saluran pernapasan seperti asma dan juga batuk bisa disembuhkan dengan daun kumis kucing. Kandungan nutrisi yang ada di dalam daun kumis kucing akan menjadi obat untuk mengatasi asma yang sedang kambuh dan juga menyembuhkan batuk yang kamu derita.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dengan penelitian yang sudah dilakukan ditemukan jika daun kumis kucing juga sangat berkhasiat untuk membantu program diet yang sedang kamu jalankan sehingga berat badan ideal bisa kamu rasakan dengan lebih cepat. Untuk memanfaatkan daun kumis kucing untuk menurunkan berat badan, kini juga bisa kamu temukan dengan mudah dari berbagai produk seperti teh daun kumis kucing, pil ataupun ekstrak daun kumis kucing.

  1. Sebagai Deteksifikasi Hati

Kandungan fenol dan juga flavonoid yang ada dalam daun kumis kucing juga sangat bermanfaat untuk detoksifikasi hati. Kandungan 2 bahan tersebut berguna sebagai antioksidan alami, sedangkan kandungan kalsium serta potassiumnya serta beberapa garam alami lain juga akan membantu kinerja hati menjadi lebih baik.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Anti Jamur

Senyawa yang ada dalam daun kumis kucing juga sangat berguna sebagai pencegahan tumbuhnya jamur serta parasit asing di dalam tubuh. Kandungan bermanfaat dalam kumis kucing akan berperan sebagai pemotong mata rantai suplai nutrisi untuk jamur sehingga membuat pertumbuhannya terhenti lalu mati.

  1. Mengatasi Gusi Bengkak

Untuk kamu yang mengalami pembengkakan pada ara gusi yang tentunya juga menimbulkan rasa sakit mengganggu, juga bisa diatasi dengan memakai daun kumis kucing. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun kumis kucing lalu gunakan untuk berkumur-kumur secara rutin sampai bengkak pada gusi bisa berkurang dan sembuh total.

Cara lainnya adalah dengan mencuci beberapa lembar daun kumis kucing lalu kunyah pada area gusi yang bengkak, sehingga lendir yang dihasilkan akan menyembuhkan masalah gusi bengkak tersebut.

  1. Mengobati Masalah Kulit

Daun kumis kucing yang diolah menjadi minyak akan sangat efektif dalam mengobati berbagai infeksi pada kulit seperti kulit kering, kasar dan berbagai infeksi kulit lain. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak daun kumis kucing pada area kulit yang bermasalah dan lakukan sedikit pemijatan supaya kandungan dalam minyak tersebut bisa terserap sempurna sampai ke dalam lapisan kulit.

  1. Menyembuhkan Masuk Angin

Aktivitas yang sering dilakukan diluar ruangan khususnya pada malam hari akan membuat tubuh mudah terserang masuk angin. Penyakit ini tidak boleh dianggap remeh sebab akan sangat berbahaya untuk tubuh jika tidak segera ditangani. Kamu bisa merebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan 1 gelas air sampai menyusut dan tersisa 1/2 gelas lalu minum ramuan tersebut 1 kali sehari sampai masuk angin sembuh.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Keputihan

Untuk mengatasi masalah keputihan yang hampir dialami oleh semua wanita ini juga bisa menggunakan daun kumis kucing. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur serta bakteri ini akan semakin bertambah parah jika tidak segera ditangani dengan baik serta bisa menjadi awal dari kanker serviks.

  • Untuk mengatasi keputihan, siapkan beberapa lembar daun kumis kucing, daun beluntas, 10 butir biji kemukus serta 1 sendok teh jintan hitam.
  • Rebus semua bahan tersebut bersama dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih sampai tersisa 1 gelas saja lalu minum sebanyak 1 kali sehari.
  1. Mengobati Batuk

Batuk menjadi penyakit umum yang hampir dialami setiap orang dari berbagai usia. Ada banyak penyebab timbulnya sakit batuk ini seperti udara yang dingin, debu, radang pada tenggorokan, penyakit diluar saluran pernapasan dan juga virus yang tersebar lewat udara.

Untuk mengatasi batuk, kamu bisa rebus 20 lembar daun kumis kucing bersama dengan 1 gelas air dan minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas untuk setiap kali minum.

  1. Mengatasi Sembelit

Sembelit terjadi karena kotoran atau tinja yang mengeras sehingga akan sulit dikeluarkan. Ini bisa terjadi karena kurang asupan cairan ke dalam tubuh dan juga kurangnya asupan serat. Apabila dibiarkan, maka sembelit ini akan menjalar dan berkembang ke organ pencernaan yang lainnya.

Untuk mengatasi masalah semeblit ini adalah dengan merebus beberapa lembar daun kumis kucng yangsudah dibersihkan dan masih dalam keadaan segar dengan 1 gelas air sampai mendidih. Minum air rebusan ini secara rutin seanyak 1 kali sehari dengan takaran 1 gelas setiap kali minum sampai masalah sembelit bisa teratasi.

Artikel terkait:

  1. Menghilangkan Gatal karena Alergi

Alergi bisa terjadi karena tubuh sensitif pada beberapa laergen seperti bulu hewan, makanan, serbuk bunga, wewangian, debu dan sebagainya. Untuk mengatasi alergi ini juga bisa memakai daun kumis kucing yakni dengan rebus setengah genggam daun kumis kucing dengan daun sambiloto, daun meniran, 2 ruas jari temulawak dan juga 4 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa 2 gelas saja dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum.


  1. Mengatasi Bengkak

Apabila terjadi infeksi atau radang, maka umumnya akan diikuti juga dengan bengkak atau edema yang disertai dengan rasa sakit dan mengganggu. Untuk mengempiskan bengkak sekaligus menyembuhkan, caranya adalah dengan menggunakan daun kumis kucing yang direbus bersama dengan daun meniran dan air rebusan tersebut diminum sebanyak 1 kali sehari sebanyak 1 gelas sampai bengkak sembuh total.

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Saat datang bulan atau haid, para wanita sering mengeluh tentang rasa nyeri yang ditimbulkan saat haid tersebut. Ini bisa dihilangkan dengan cara alami yang aman yakni dengan menggunakan daun kumis kucing.

  • Siapkan 2 genggam daun kumis kucing dan 2 genggam daun urat serta 3 gelas air.
  • Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih selama 2 sampai 3 menit lalu saring dan dinginkan.
  • Minuman air rebusan ini sebanyak 2 kali dalam sehari dan harus langsung dihabiskan.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Sipilis

Sipilis merupakan salah satu penyakit kelamin yang bisa terjadi karena hubungan seks tidak sehat dan bisa terjadi pada vagina ataupun penis. Untuk mengatasi penyakit sipilis yang menular ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan daun kumis kucing.

  • Rebus 1 genggam daun kumis kucing bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih.
  • Masak terus sampai tersisa 1 gelas saja lalu saring dan dinginkan.
  • Minum ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari selagi air rebusan masih hangat.
  1. Mengobati Kencing Nanah

Kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular yang dialami oleh pria dan sangat berbahaya jika tidak diatasi sesegera mungkin. Untuk menyembuhkan kencing nanah ini bisa dilakukan dengan memakai daun kumis kucing dan beberapa bahan herbal lainya.

  • Siapkan 6 lembar daun kembang bugang, 50 lembar daun kumis kucing, 10 lembar daun pegagan, 25 lembar daun jinten, 12 tangkai daun meniran, 8 lembar daun sendok, 8 lembar daun bengang, 3 jari gula enau dan 4 gelas air.
  • Rebus semua bahan dengan air yang sudah disiapkan sampai tersisa 2 gelas saja.
  • Sesudah dingin, saring dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari dengan takaran 2/3 gelas setiap kali minum.

Artikel terkait:

Dari ulasan yang kami berikan tentang manfaat tanaman kumis kucing diatas, ternyata terbukti jika tanaman yang biasanya hanya dibuat sebagai penghias rumah atau dijadikan sebagai tanaman pagar ini memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Jadikan tanaman ini sebagai alternatif kamu dalam menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit yang tidak akan menimbulkan efek samping.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 28th, June 2017 / 10:18 Oleh :
Kategori : Tumbuhan