7 Manfaat Bunga Pucuk Merah Bagi Manusia

Bunga pucuk merah atau juga disebut kuncup merah merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang cukup populer menjadi tanaman hias. Tanaman ini dikenal keunikannya yaitu daun mudanya akan memiliki warna orange hingga merah di bagian pucuknya, sehingga akan tampak seperti bunga yang muncul di antara dedaunan yang hijau. Tanaman yang memiliki nama latin Syzygium oleana ini termasuk ke dalam keluarga tanaman cengkeh, sehingga bentuk tanamannya cukup mirip dengan tanaman cengkeh. Seperti halnya dengan beberapa manfaat tumbuhan lainnya, tanaman bunga pucuk merah ini juga memiliki manfaat untuk manusia. Nah, pada artikel kali ini akan diulas mengenai beberapa manfaat bunga pucuk merah bagi manusia, antara lain:

  • Tanaman pucuk merah dapat dijadikan tanaman hias dengan menanamnya pada pot atau juga dapat menjadi tanaman pagar, dengan langsung ditanam tanpa pot dengan yang bisa disebarkan dengan cara stek.
  • Seperti halnya dengan salah satu manfaat pohon trembesi , tanaman pucuk merah bisa menjadi tanaman peneduh yang baik karena dapat tumbuh menjadi besar dan dapat menambahkan kesejukan di lingkungan dengan menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis.
  • Jika dilihat dari segi estetika, keberadaan tanaman pucuk merah bisa memperindah taman karena memiliki gradasi daun yang cantik, apalagi jika tanaman pucuk merah dipangkas menjadi bentuk-bentuk tertentu bisa menambah keindahan dan membuat betah mata saat memandangnya.
  • Tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar saja, manfaat bunga pucuk merah juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Hal ini tentunya bisa menjadi alternatif yang baik jika di lingkungan tempat tinggal tidak ada daun suji, daun pandan atau dedaunan lain yang biasa dipakai untuk mewarnai makanan.
  • Di samping daunnya dapat dipakai untuk pewarna makanan seperti manfaat daun pandan, daunnya ternyata juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mana memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dengan cara diolah atau diekstrak.
  • Minyak atsiri yang dihasilkan dari daun pucuk merah memiliki khasiat sebagai antioksidan, yang mana banyak memiliki manfaat untuk tubuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa melawan berbagai gangguan penyakit.
  • Ekstrak dari tanaman bunga pucuk merah di dalam dunia medis atau pengobatan, selain bisa menjadi salah satu sumber antioksidan juga dapat dimanfaatkan untuk melarutkan zat methanol.

Jadi di samping dapat mendapatkan manfaat tanaman hias dengan menanam tanaman pucuk merah ini, juga bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan karena kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam ekstrak daunnya. Setelah mengetahui beberapa manfaatnya di atas, tentu juga harus mengetahui bagaimana cara menanam dan memperbanyak tanaman pucuk merah ini. Tanaman ini bisa ditanaman dengan metode stek, yaitu dengan langkah-langkah:

  • Pilih batang pucuk merah yang sudah cukup tua dan sehat, selanjutnya potong-potong batang dengan panjang 20-30cm.
  • Usahakan pemotongan batang memakai pisau tajam yang sebelumnya sudah diolesi dengan fungisida.
  • Seperti dengan stek untuk mendapatkan manfaat batang singkong untuk dikembangbiakkan, potongan batang berbentuk meruncing agar penanamannya bisa lebih mudah dan membuat pertumbuhan akar lebih leluasa.
  • Sebelum ditancapkan pada media tanam, sebaiknya masukkan dulu potongan batang ke dalam larutan hormon penumbuh agar akarnya lebih cepat tumbuh.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam manfaat bunga pucuk merah bagi manusia dan cara memperbanyak tumbuhan. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan